Waspada
Waspada » Belasan Titik Longsor Di Jalur Medan-Berastagi
Headlines Sumut

Belasan Titik Longsor Di Jalur Medan-Berastagi

DELISERDANG (Waspada): Hujan deras yang mengguyur kawasan pegunungan Karo dan Deliserdang sejak Kamis (3/12) petang hingga Jumat (4/12) dinihari, menyebabkan terjadinya longsor di 11 titik pada jalur Medan-Berastagi, Kamis (3/12) malam.

Pantauan Waspada di lapangan, Jumat (4/12), belasan titik longsor itu terlihat mulai dari kawasan Pancurbatu hingga Sembahe.
Longsor yang terjadi di kawasan PDAM Tirtanadi, Sembahe menyebabkan satu mobil pick up pengangkut sayur terbalik. Akibatnya, seorang mengalami luka berat dan seorang lagi luka ringan.
Informasi diperoleh Waspada di lapangan, awalnya hujan deras mengguyur kawasan itu sejak Kamis (3/12) petang. Derasnya hujan menyebabkan tebing pada sisi jalan maupun beram jalan longsor.
Material longsor yang berasal dari tebing berupa tanah, batu serta pepohonan, menutupi badan jalan sehingga arus lalulintas Medan-Berastagi dan sebaliknya lumpuh total. Di beberapa titik, longsor juga menyebabkan beram jalan amblas ke jurang.
Di kawasan PDAM Tirtanadi, Sembahe, tebing yang berada di sisi jalan longsor hingga memutus arus lalulintas. Bahkan, material longsor berupa tanah dan pepohonan menyeret satu mobil pick up hingga terbalik.
Saksi mata mengatakan, ketika mobil pick up itu melintas dari arah Berastagi menuju Medan, tiba-tiba tebing pada sisi kiri jalan longsor. Material longsor menghantam bagian depan mobil dan menyeretnya hingga terbalik.
Akibat peristiwa itu, pengemudi mobil mengalami luka berat. Sedangkan penumpangnya mengalami luka ringan.
Putusnya arus lalulintas menyebabkan korban tidak bisa dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Korban terpaksa dibawa ke warung yang ada di pinggir jalan.
Sementara, hujan deras yang terus mengguyur kawasan itu menyebabkan terjadinya longsor susulan di lokasi yang sama.(m09/C)

 

Waspada/David Swayana/C
Satu mobil pick up pengangkut sayur terbalik setelah dihantam material longsor di jalur Medan-Berastagi, tepatnya di kawasan PDAM Tirtanadi Sembahe, Jumat (4/12) pagi.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2