Waspada
Waspada » Banjir Rendam Sejumlah Kecamatan Di Aceh Tamiang
Headlines

Banjir Rendam Sejumlah Kecamatan Di Aceh Tamiang

Air sungai Tamiang yang meluap akibat curah hujan yang relatif cukup tinggi di Bagian Hulu Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (20/1) sore.Waspada/Muhammad Hanafiah
Air sungai Tamiang yang meluap akibat curah hujan yang relatif cukup tinggi di Bagian Hulu Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (20/1) sore.Waspada/Muhammad Hanafiah

KUALASIMPANG (Waspada): Akibat curah hujan yang turun deras di bagian Hulu Kabupaten Aceh Tamiang, sejumlah rumah warga di berbagai kecamatan terendam banjir, Rabu (20/1).

Hasil pantauan dan informasi diperoleh Waspada, Rabu (20/1), puluhan rumah warga di Kecamatan Sekerak, Bandar Pusaka, Tamiang Hulu, Tenggulun, Kota Kualasimpang dan Bendahara mulai digenangi air banjir akibat meluapnya sungai Tamiang.

Bahkan, warga yang rumahnya digenangi air banjir sudah mulai mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi dan aman tidak terkena banjir.
Kawasan terparah digenangi banjir antara lain Kampung Baling Karang, Pematang Durian dan sejumlah kampung lain di Kecamatan Sekerak.
Selain itu, kawasan lainnya yang juga parah terendam banjir adalah Kampung Babo, Pengidam, Pantai Cempa, Ranto Bintang dan kampung lainnya di Kecamatan Bandar Pusaka.

Banjir juga merendam pemukiman warga di Kampung Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Dusun Pahlawan Kecamatan Kota Kualasimpang dan Kampung Rantau Pakam Kecamatan Bendahara serta sejumlah kawasan lainnya yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tamiang.

Menurut informasi dari warga, ketinggian air banjir yang menggenangi rumah warga dan areal lahan perkebunan serta badan jalan di daerah pedalaman Tamiang itu antara 80 cm-110 cm.

Datok Penghulu Kampung Rantau Pakam, Ruslan ketika dikonfirmasi Waspada melalui telepon selular, Rabu (20/1) membenarkan air sungai Tamiang sudah meluap menggenangi badan jalan dan rumah warga Rantau Pakam.

Ka.Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang, Syahri tadi malam juga membenarkan sejumlah kampung di Kecamatan Sekerak, Bandar Pusaka, Tenggulun, Tamiang Hulu, Bendahara dan Dusun Pahlawan Kota Kualasimpang terendam banjir.

“Saya sedang menuju Kecamatan Bandar Pusaka, memang sudah banyak warga yang mengungsi di Kecamatan Bandar Pusaka, begitu juga data dari Kecamatan lainnya memang belum kami peroleh jumlah total rumah warga yang terendam banjir dan begitu juga belum ada data jumlah warga yang sudah mengungsi,” ungkap Syahri melalui telepon selular, Rabu (20/1) malam.(b14)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2