Waspada
Waspada » Banjir Landa Wilayah Hulu Aceh Tamiang
Headlines

Banjir Landa Wilayah Hulu Aceh Tamiang

Salah satu titik banjir di Kampung Rongoh, Kec Tenggulun, Kab Aceh Tamiang.Waspada/Ist
Salah satu titik banjir di Kampung Rongoh, Kec Tenggulun, Kab Aceh Tamiang.Waspada/Ist

KUALASIMPANG (Waspada) : Curah tinggi yang turun dalam sebulan terakhir ini mengakibatkan wilayah hulu Kabupaten Aceh Tamiang mulai tergenang banjir. Dikabarkan juga puluhan rumah warga ikut terendam dalam musibah banjir ini.

Informasi diperoleh Minggu (13/12) menyebutkan, adapun wilayah hulu Kabupaten Aceh Tamiang yang terendam banjir meliputi wilayah Kecamatan Tamiang Hulu dan Tenggulun. Banjir ini juga mengakibatkan lumpuhnya aktivitas masyarakat di kawasan tersebut yang diketahui penduduk disana dominan sebagai petani kebun.

Datok Penghulu Kampung Rongoh, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, Saminoto kepada wartawan pada Minggu (13/12) melalui telepon selulernya, membenarkan saat ini banjir telah merendam sejumlah rumah warganya.

” Ada sekitaran 30 persen rumah warga di kampungnya telah terendam banjir dengan kedalaman air mulai 60 cm hingga 150 cm, ” ungkapnya seraya mengatakan, hingga saat ini belum ada warganya yang mengungsi dan masih tetap bertahan di rumah, mengingat keterbatasan transportasi air untuk melewati daerah-daerah yang dalam.

Disebutkannya, pihaknya juga telah menghubungi SAR Aceh Tamiang untuk mendapatkan bantuan perahu karet guna membantu mengevakuasi warga yang berada di bagian ujung di Dusun Ingin Jaya dan Dusun Suka Jaya, Kampung Rongoh.

Sekretaris SAR Aceh Tamiang, Surya Darma menjelaskan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan di lokasi banjir dengan membawa dua unit perahu karet dan satu unit standby.

Kemudian, SAR Aceh Tamiang menerjunkan tiga tim untuk membantu dan mengevakuasi warga yang terkena musibah banjir di dua kecamatan tersebut. “Saat ini personil SAR Aceh Tamiang sedang menuju ke lokasi banjir di kampung Rongoh, Kecamatan Tenggulun, sebagian lagi tim menuju lokasi banjir di Kecamatan Tamiang Hulu yang kondisinya sudah mulai surut, demikian Sekretaris SAR Aceh Tamiang, Surya Darma. (b15)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2