Banjir Di Sergai Surut, Ratusan Rumah Masih Terendam - Waspada

Banjir Di Sergai Surut, Ratusan Rumah Masih Terendam

  • Bagikan
WARGA Dusun I, Gang Kancil, Desa Sei Rampah yang terdampak banjir tampak memanfaatkan perahu karet bantuan BPBD Sergai untuk beraktifitas, Jumat (22/10). Waspada/Edi Saputra
WARGA Dusun I, Gang Kancil, Desa Sei Rampah yang terdampak banjir tampak memanfaatkan perahu karet bantuan BPBD Sergai untuk beraktifitas, Jumat (22/10). Waspada/Edi Saputra

SEIRAMPAH (Waspada): Banjir yang melanda tiga Kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yakni Kecamatan Sei Rampah, Kecamatan Tebingtinggi dan Kecamatan Perbaungan dan sempat merendam seribuan rumah dan ratusan hektar sawah, Jumat (22/10) berangsur surut.

Camat Perbaungan Fahmi yang dihubungi Waspada menuturkan banjir yang melanda 14 Desa di Kecamatan Perbaungan akibat tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir sehingga sempat merendam 419 rumah dengan ketinggia air mencapai 30 centimeter di dalam rumah, serta merendam sekitar 355 hektar sawah.

“Namun hari ini banjir di Kecamatan Perbaungan telah surut, banjir tidak lagi menggenangi rumah dan yang masih tergenang banjir adalah areal persawahan yang umumnya telah siap tanam,” terang Fahmi.

Kepala Desa Sei Rampah, Munajat kepada Waspada mengatakan tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir sehingga sekitar 419 rumah terdampak banjir di 8 Dusun Desa Sei Rampah, bahkan banjir telah masuk ke dalam 250 rumah dengan ketinggian air mencapai 35 centimeter.

” Hari ini debit banjir masih bertahan kita berharap hujan tidak turun sehingga banjir segera surut”, harap Munajat seraya menambahkan warga korban banjir telah mendirikan dapur umum.

Camat Sei Rampah, Rahmat Suhendra Damanik menyampaikan banjir terjadi di Desa Sei Rampah, Desa Sei Rejo, Desa Firdaus, Desa Cempedak Lobang dan Desa Pematang Ganjang, ada sekitar 588 rumah warga terdampak banjir dengan ketinggian air mencapai 30 centimeter hingga 50 centimeter.

Kepala BPBD, Hendry Suharto yang dihubungi Waspada mengatakan banjir yang melanda Kabupaten Sergai meliputi 3 Kecamatan yakni Tebingtinggi di Desa Mariah sebanyak 50 rumah terendam banjir di Kecamatan Sei Rampah ada sekitar 588 rumah terendam banjir yang debit airnya masih bertahan.

Sedangkan di Kecamatan Perbaungan, imbuh Kepala BPBD, banjir juga sempat merendam 416 rumah, namun hari ini telah surut, banjir juga merendam ratusan hektar sawah.

“Banjir akibat tingginya curah hujan diperparah dengan kiriman air dari hulu sungai,” terang Hendry Suharto.

Saat ini, lanjut Kepala BPBD, pihaknya telah mendatangkan satu unit perahu karet ke Desa Sei Rampah. “Serta memberikan bantuan bahan sembako ke dapur umum di Desa Sei Rampah dan Desa Mariah Padang,” tutupnya. (a15)

  • Bagikan