Bandara Kabul Diserang Sejumlah Roket - Waspada

Bandara Kabul Diserang Sejumlah Roket

  • Bagikan
Pasukan Taliban menyelidiki sebuah mobil yang rusak berat akibat terkena hantaman roket di Kabul, Afghanistan, Senin. AFP

     KABUL, Afghanistan (Waspada): Beberapa roket ditembakkan ke bandara Kabul, Afghanistan, pada Senin (30/8/2021) waktu setempat, menurut sejumlah saksi dan sumber keamanan.

     Roket-roket beterbangan di langit Kabul kurang dari 48 jam sebelum Amerika Serikat (AS) menyelesaikan penarikan pasukannya dari Afghanistan. Suara roket menderu di atas ibu kota terdengar oleh staf AFP sebelum jam sibuk pagi dimulai.

     Seorang petugas keamanan yang bekerja di pemerintahan Afghanistan mengatakan, roket-roket itu ditembakkan dari sebuah kendaraan di Kabul utara.

     Suara sistem pertahanan anti-rudal bandara dapat didengar oleh penduduk setempat, yang juga melaporkan pecahan roket jatuh ke jalan, menunjukkan setidaknya satu roket telah dicegat.

     Asap terlihat membubung di atas gedung-gedung di utara, di mana Bandara Internasional Hamid Karzai berada. Unggahan media sosial – yang belum diverifikasi – juga menunjukkan sebuah kendaraan terbakar setelah tampaknya disambar tembakan pembalasan. Hingga berita ini diturunkan, belum ada rincian lebih lanjut

     Evakuasi warga asing dan Afghanistan yang bekerja untuk AS sedang dalam tahap akhir, dan secara resmi akan berakhir Selasa (31/8/2021) ketika pasukan Amerika terakhir ditarik keluar.

     ISIS, kelompok saingan Taliban, menimbulkan ancaman terbesar bagi penarikan setelah melakukan serangan bom bunuh diri di bandara pekan lalu yang merenggut lebih dari 170 nyawa, termasuk 13 tentara AS.

     Presiden AS Joe Biden memperingatkan, bakal ada lebih banyak serangan yang sangat mungkin terjadi. Amerika Serikat pada Minggu (29/8/2021) melakukan serangan udara yang meledakkan mobil ISIS-K berisi bom bunuh diri dan orang yang akan meledakkannya.

     Namun, serangan drone AS itu juga menewaskan tiga anak-anak. Saksi mata mengungkapkan, mereka melihat roket menghantam dua mobil yang diparkir di permukiman dekat Bandara Hamid Karzai.

     Kendaraan yang diserang pada Minggu (29/8/2021) itu diyakini akan digunakan oleh kelompok ISIS-K menggelar aksi lanjutan. Namun, kendaraan itu ternyata sudah terisi dengan bahan peledak, menyebabkan ledakan kedua yang membunuh dan melukai warga sekitar.

     Seorang pejabat Afghanistan yang tidak ingin disebutkan identitasnya mengungkapkan, tiga bocah menjadi korban tewas. Dilansir Daily Mail Senin (30/8/2021), tidak diketahui di mana anak-anak itu berada ketika ledakan terjadi.

     Korban meninggal karena serangan itu diyakini makin bertambah, setelah presenter lokal Muslim Shirzad menyebut sedikitnya sembilan orang terbunuh. Di antara korban terdapat penerjemah yang bekerja bagi pasukan AS, dan seorang tentara yang seharusnya menikah Senin ini. (afp/m11)

  • Bagikan