Waspada
Waspada » Balon Wakil Walikota Medan Borong Masker Dari Penjahit Kecil
Headlines Medan

Balon Wakil Walikota Medan Borong Masker Dari Penjahit Kecil

BALON Wakil Walikota Medan Suryani Paskah Naiborhu (Kanan) saat memborong masker di salah penjahit di Jalan Masjid Taufik, Kecamatan Medan Perjuangan, Senin (20/4). Waspada/Ist
BALON Wakil Walikota Medan Suryani Paskah Naiborhu (Kanan) saat memborong masker di salah penjahit di Jalan Masjid Taufik, Kecamatan Medan Perjuangan, Senin (20/4). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Menyambut Hari Kartini, Bakal Calon (Balon) Wakil Wali Kota Medan dari Partai Gerindra Suryani Paskah Nairborhu memborong ribuan buah masker kain dari penjahit wanita untuk selanjutnya akan dibagikan ke masyarakat secara gratis.

Sedikitnya 2.000 masker kain yang diborong Suryani Paskah Nairborhu dari para penjahit tersebut.

“Kualitas masker hand made dari ibu-ibu penjahit ini sangat bagus dan memenuhi standar yang dibutuhkan. Kita sangat apresiasi karya mereka ini,” ujar Suryani dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/4/2020).

Suryani mengatakan, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), termasuk yang ada di Medan, merupakan salah satu sektor ekonomi yang terdampak oleh pandemi virus corona ini.

Pendapatan mereka anjlok akibat turunnya pesanan dari pembeli.

“Termasuk UMKM yang bergerak dibidang jahit menjahit ini. Order yang masuk turun tajam. Masyarakat banyak yang tinggal di rumah karena mematuhi imbauan pemerintah sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 ini,” jelasnya.

Namun di sisi lain, kebutuhan akan masker kain juga meningkat pesat, karena pemerintah telah meminta masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat ke luar rumah.

Hal ini yang kemudian menjadi peluang bagi penjahit, untuk dapat memproduksi masker kain, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan masker kain.

“Karena itu, saya kemudian memesan masker kain dari para penjahit. Dan standarnya sendiri sudah dibuat pemerintah. Jadi mereka tinggal mengikutinya saja,” ujar Suryani.

Hari Kartini

Satu-satunya Balon Wakil Wali Kota Medan dari Partai Gerindra ini mengatakan, dirinya memilih memesan kepada penjahit wanita karena hal itu bertepatan dengan peringatan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2020.

“Hal ini juga untuk mengingatkan kita bagaimana perjuangan kaum wanita, termasuk ibu-ibu penjahit ini, di dalam kehidupan. Dalam kondisi sulit ini, kaum wanita terus berjuang untuk dapat bertahan hidup, termasuk untuk menghidupi keluarga mereka masing-masing. Mereka tidak mau menyerah dan hal ini harus kita tiru,” jelasnya.

Suryani Paskah Naiborhu berharap semakin banyak pihak yang tergerak membantu UMKM dalam kondisi sulit seperti ini, dengan memesan produk dari mereka.

“Dengan memesan atau membeli produk dari mereka, berarti kita sedikit banyak membantu UMKM untuk tetap bertahan dan dapat menjalankan usahanya. Dan kita juga berharap agar pandemi Covid-19 ini dapat segera selesai, agar roda perekonomian, khususnya UMKM, dapat normal kembali,” ujarnya.

Sementara Fatty, salah seorang penjahit di Jalan Masjid Taufik, Kecamatan Medan Perjuangan, memberikan apresiasi atas kepedulian Suryani Paskah Naiborhu terhadap UMKM di bidang jahit ini.

“Kami berterima kasih atas pesanan masker kain ini. Pesanan ini sangat berarti bagi kelangsungan hidup usaha kami. Terima kasih kepada Ibu Suryani Paskah Naiborhu dan semoga Tuhan memberkati Ibu dan keluarga ya,” ujarnya. (Cyn)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2