Aulia Agil Asal Sergai Wakili Sumut Di Ajang Putera Kebudayaan Nasional

Aulia Agil Asal Sergai Wakili Sumut Di Ajang Putera Kebudayaan Nasional

  • Bagikan
BUPATI Sergai H Darma Wijaya didampingi Asisten II, Kaharuddin, Sekretaris Disdik, Agus Salim Berutu bersama Putera Kebudayaan Sumut, Muhammad Aulia Agil Saragih yang melaju ke ajang tingkat Nasional saat audiensi, Selasa (19/10) di Sei Rampah. Waspada/Ist
BUPATI Sergai H Darma Wijaya didampingi Asisten II, Kaharuddin, Sekretaris Disdik, Agus Salim Berutu bersama Putera Kebudayaan Sumut, Muhammad Aulia Agil Saragih yang melaju ke ajang tingkat Nasional saat audiensi, Selasa (19/10) di Sei Rampah. Waspada/Ist

SEIRAMPAH (Waspada): Muhammad Aulia Agil Saragih siswa kelas XII SMAN 2 Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) berhasil mewakili Sumatera Utara (Sumut) sebagai Putera Kebudayaaan Sumut yang melaju ke ajang Putera Kebudayaan tingkat Nasional.

Bupati Segai H Darma Wijaya memberikan dukungan penuh kepada Muhammad Aulia Agil Saragih sebagai Putra Kebudayaan Sumut tersebut.

Dukungan Bupati langsung diberikan saat menerima audiensi Agil yang didampingi Drs Suryanto Sirhran penggiat Budaya Sergai di Kantor Bupati, Selasa (19/10) di Jalan Negara Sei Rampah.

“Terima kasih sudah mampu dan terus berprestasi dari sebelumnya membawa nama Kabupaten Sergai, selanjutnya ke tingkat nasional membawa nama provinsi, kami pasti memberikan dukungan agar ananda Agil semangat agar persiapan diri bisa lebih maksimal,” sebut Darma Wijaya.

Misi kebudayaan yang dibawa Agil, menurut Bupati sangat baik bagi generasi muda untuk melestarikan budaya yang menjadi salah satu warisan bangsa.

Menurut Bupati, budaya ini warisan, perlu untuk dilestarikan, semoga Agil bisa mempresentasikan budaya di Sumut yang akan dibawa, jangan sampai salah apalagi keliru, jadi persiapan harus semaksimal mungkin.

Bupati juga meminta agar sikap dan perilaku turut diimbangi dengan prestasi yang telah diraih.

“Kalau pribadi kamu tidak baik, bagaimana kami mau dukung, jadi, itu harus diimbangi antara pribadi yang baik dengan prestasi,” pesan Darma Wijaya.

Muhammad Aulia Agil Saragih dihadapan Bupati Sergai mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan, dirinya berharap, apa yang dilakukannya saat ini bisa membantu Pemkab dalam memajukan kabupaten Sergai.

“Saya akan berusaha maksimal di ajang ini, sesi interview, talent show, dan lain sebagainya akan dilakukan maksimal. saya mohon doa dan dukungan Bapak Bupati dan warga Sergai khususnya,” harap Agil.

Putra asal Kecamatan Perbaungan ini menuturkan akan memasuki masa karantina pada 18 November 2021 dan malam puncak pemilihan diadakan pada 21 November 2021 di Yogyakarta.

Jadi Duta Literasi

Dalam kesempatan yang sama, Agil menuturkan tengah membuat buku saku kebudayaan yang akan disebar sembari melakukan sosialisasi kepada para anak muda dan pelajar khususnya.

Menurut Agil, kegiatan ini dilakukannya agar semangat untuk melestarikan budaya dan literasi para pelajar bisa lebih baik terkait budaya.

“Saya akan membuat buku saku tentang budaya, jadi, nanti dibagi untuk menambah wawasan budaya,” ucap Agil.

Menanggapi hal tersebut Bupati juga meminta Agil untuk keliling menggaungkan semangat literasi di masyarakat khususnya kepada para pelajar.

“Kalau bisa jangan hanya ada ajang seperti ini saja semangat untuk bersosialisasi, saya minta juga jalan ke sekolah atau kemana saja untuk menggalakkan literasi, karena memang minat baca kita ini belum tinggi,” ujar Darma Wijaya seraya meminta kepada Sekretaris Dinas Pendidikan Agus Salim Berutu agar melibatkan Agil menjadi Duta Literasi.

Turut hadir mendampingi Bupati, Asisten II, Kaharuddin, Kadis Pendidikan, Suwanto diwakili Sekretaris Disdik, Agus Salim Berutu, Kasi Pemasaran Pariwisata, Boy Sihombing. (a15)

  • Bagikan