Arus Balik Membeludak - Waspada

Arus Balik Membeludak

  • Bagikan

DELISERDANG (Waspada): Arus balik penumpang pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di Kualanamu International Airport (KNIA), Minggu (5/1) membludak.
Pantauan Waspada di lokasi, antrean panjang penumpang terjadi di pintu masuk terminal (main gate), proses check-in hingga masuk ke area Security Check Point (SCP) lantai II KNIA.
Sejumlah petugas terdiri dari aviation security (avsec), Polri dan TNI tampak sibuk guna memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang. Sejauh ini, kendati terjadi antrean tapi semua dapat dilayani dengan baik.
Padatnya penumpang disebabkan, Minggu (5/1) atau H plus 11 Nataru 2020 merupakan puncak arus balik. Tak heran kalau semua kounter check in tiket di sejumlah maskapai dipadati penumpang.
Akibatnya, petugas harus berjibaku untuk melayani penumpang. Airport Duty Manager PT Angkasa Pura II Kualanamu Dedi Yudi Negara turun ke lokasi, guna memantau perkembangan penumpang.
“Benar, Minggu ini merupakan puncak arus balik penumpang,” katanya. Disebutkan Dedi, arus balik penumpang yang padat terjadi mulai pagi hingga malam harinya.
Dari data sementara arus balik Nataru keberangkatan maupun kedatangan hingga pukul 12:00 terdapat 80229 penumpang. Jumlah itu jika dibanding sehari sebelumnya, Sabtu (4/1) pada pukul yang sama terdapat 7335 penumpang.
“Jadi, dari data tersebut terdapat kenaikan jumlah penumpang,” paparnya. Sementara dari data final, Sabtu jumlah keseluruhan penumpang yang berangkat maupun datang terdapat 29.439 penumpang.
Bukan tidak mungkin lanjut Dedi pada puncak arus balik ini, jumlah penumpang akan meningkat. Pihak manajemen PT Angkasa Pura II Kualanamu selaku pengelola lanjutnya akan memaksimalkan pelayanan.
Diakui Dedi, sejauh ini belum ada keluhan penumpang. Semua katanya dapat dilayani dengan baik. Informasi lain diperoleh, arus balik padat membuat sejumlah calon penumpang tak sedikit harus datang lebih awal dari keberangkatan.
Baktiar,37 dan Hulman,45, misalnya. Kedua warga Jakarta ini mengaku datang lebih cepat guna mengantisipasi arus balik padat dan serta antrean panjang.
Pergerakan penumpang yang meningkat juga membuat isian tempat duduk (seat) pesawat penuh. D. Pilion Hutabarat, agen tiket dari Bison Travel yang dikonfirmasi Waspada membenarkan hal itu.
“Seat penuh, hingga Senin. Hal itu disebabkan banyaknya permintaan tiket pada arus balik penumpang,” jelasnya. (m29/C)

Teks. Pergerakan arus balik libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di KNIA membludak. Waspada/Irianto

  • Bagikan