Waspada
Waspada » Arab Saudi Minta Warganya Segera Tinggalkan RI Akibat Lonjakan Covid-19
Headlines Internasional

Arab Saudi Minta Warganya Segera Tinggalkan RI Akibat Lonjakan Covid-19

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Kerajaan Arab Saudi meminta warga negaranya untuk pulang menyusul adanya lonjakan kasus Corona di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi melalui akun Twitter resminya @MOISaudiArabia, Rabu (21/7/2021) malam. Perjalanan dari Indonesia ke Saudi dilarang, sementara warga Saudi diminta pulang.

“Sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri: Perjalanan langsung atau tidak langsung warga negara ke Indonesia dilarang, dan warga negara di Indonesia harus segera kembali ke Kerajaan,” tulis Kementerian Dalam Negeri Saudi.

Sementara itu, warga Saudi telah diperingatkan agar tidak bepergian ke Indonesia secara langsung atau tidak langsung karena masalah virus Corona, menurut laporan Saudi Press Agency (SPA) mengutip sumber resmi di kementerian dalam negeri.

Dalam pernyataan yang dibawa oleh SPA, sumber kementerian dalam negeri mengatakan bahwa langkah itu didasarkan pada kepedulian pemerintah terhadap keselamatan warga negara Saudi yang ingin bepergian ke luar negeri karena Indonesia sedang menyaksikan lonjakan kasus varian baru virus Corona.

Kementerian dalam negeri meminta warga Saudi yang sudah berada di Indonesia, untuk berhati-hati, menjauh dari daerah yang menjadi penyebaran virus, mengikuti semua tindakan pencegahan, dan kembali ke Kerajaan segera, tambah pernyataan itu.

Seperti diketahui, Jepang dan Taiwan sudah menarik warga negaranya yang berada di Indonesia. Sebanyak 90 pebisnis dan ekspatriat dari Taiwan telah memesan penerbangan untuk kembali ke negaranya. Sedangkan Jepang sudah menyatakan siap membantu warganya kembali ke Jepang.

Vietnam juga sudah berencana memulangkan warga negaranya dari RI. Pemulangan itu direncanakan menggunakan pesawat.

“Kedutaan Besar Vietnam di Indonesia (Kedubes) telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk sukses menyelenggarakan sejumlah penerbangan untuk membawa pulang warga negara Vietnam dalam status prioritas di Indonesia,” keterangan Kedutaan Vietnam Jakarta dalam situs vnembassy-jakarta.mofa.gov.vn, Kamis (15/7).

Warga Jepang juga ramai-ramai meninggalkan Indonesia di tengah kasus Corona yang melonjak drastis. Seperti diberitakan media Jepang, Nikkei Asia, Rabu (14/7/2021), Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mendukung penerbangan khusus bagi warganya yang ingin kembali ke Jepang.

“Dari sudut pandang melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan… sehingga orang-orang Jepang yang ingin kembali dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin, dan sebanyak mungkin orang,” katanya kepada para wartawan. (saudi gazette/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2