Waspada
Waspada » Anton-Rospita Daftar Ke KPU Simalungun
Headlines Sumut

Anton-Rospita Daftar Ke KPU Simalungun

PASLON Anton dan Rospita saat menerima berita acara penelitian kelengkapan berkas syarat pencalonan dan syarat calon dari Ketua KPU Simalungun, Raja Ahab Damanik. Waspada/Hasuna Damanik
PASLON Anton dan Rospita saat menerima berita acara penelitian kelengkapan berkas syarat pencalonan dan syarat calon dari Ketua KPU Simalungun, Raja Ahab Damanik. Waspada/Hasuna Damanik

SIMALUNGUN (Waspada): Dengan diantar ratusan pendukungnya, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun 2020, Dr H Anton Ahmad Saragih-Ir Rospita Sitorus secara resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun di Pamatangraya, Jumat (3/9) Pukul 15:00.

Pasangan Anton-Rospita merupakan balon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun yang pertama mendaftar di KPU Simalungun pada hari pertama pendaftaran.

Tampak personel Polri dan TNI tetap siaga untuk pengamanan kantor KPU.

Pasangan Anton-Rospita diusung tiga partai politik yakni PDIP, PAN dan NasDem datang dengan mengenderai mobil.

Sesaat sampai di KPU, pasangan Anton-Rospita berpakaian senada berwarna merah dipadu dengan warna biru didampingi keluarga masing-masing juga didampingi ketua dan sekretaris parpol pendukung, antara lain Ketua dan Sekretaris DPC PDIP Simalungun, Samrin Girsang dan Mariono, Ketua dan Sekretaris DPD PAN Simalungun, Burhanuddin Sinaga dan M Ilham Lubis, Ketua dan Sekretaris DPD NasDem Simalungun, Mastaria Saragih dan Bernhard Damanik.

Begitu memasuki kantor KPU, pasangan Anton-Rospita menjalani protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh dan penggunaan masker.

Begitupun terhadap pengurus parpol pendukung juga diberlakukan protokol kesehatan sebelum memasuki aula kantor KPU Simalungun.

Memasuki aula, rombongan paslon Anton-Rospita disambut Ketua KPU Simalungun, Raja Ahab Damanik dan Komisioner lainnya antara lain Puji Rahmad Harahap, Fatimah Yanti Sinaga, Rahmadhani Isni Damanik dan Salman Abror.

Penyerahan berkas pendaftaran paslon juga disaksikan Ketua Bawaslu Simalungun, M Choir Nasution dan anggota Mulai Adil Saragih serta Bobi Dewantara Purba.

Sebelum berkas diserahkan, pegawai KPU terlebih dahulu menyemprotkan disinfektan terhadap berkas persyaratan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Usai menyerahkan berkas pendaftaran, kepada Ketua KPU Simalungun, pasangan Anton dan Rospita beserta pengurus parpol hingga pemeriksaan kelengkapan berkas tetap berada di aula KPU.

5 Jam

Pantauan Waspada di lapangan, penelitian berkas syarat pencalonan dan syarat calon memakan waktu hingga 5 jam.

Paslon Anton-Rospita dan rombongan datang menyerahkan berkas persyaratan sekira pukul 15:00 dan baru selesai sekira pukul 20:00 Wib.

Selama 5 jam itu, paslon tetap berada di dalam aula.

Pada kesempatan itu, pihak KPU juga terpaksa melakukan pleno tertutup terkait berkas persyaratan calon.

Ketua KPU Simalungun Raja Ahab Damanik, pada kesempatan itu membacakan berita acara penelitian kelengkapan dan syarat dokumen pencalonan dan kelengkapan persyaratan calon dalam pendaftaran bakal pasangan calon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Simalungun tahun 2020.

Dia mengatakan, hasil penelitian dokumen persyaratan pencalonan paslon dinyatakan lengkap dan keabsahannya memenuhi syarat.

Sedangkan untuk persyaratan calon dinyatakan lengkap, namun untuk keabsahannya masih perlu penelitian hingga penetapan calon, apakah calon memenuhi syarat atau tidak.

“Dari hasil penelitian kelengkapan dokumen persyaratan pencalonan paslon Anton-Rospita dinyatakan lengkap dan keabsahannya memenuhi syarat. Sedangkan kelengakapan persyaratan calon dinyatakan lengkap, namun untuk keabsahannya, penelitian akan dilanjutkan pada tahap penelitian persyaratan calon hingga 23 September apakah calon memenuhi syarat atau tidak,” kata Raja.

Pendaftaran paslon Anton-Rospita secara umum berjalan lancar, meskipun sampai menghabiskan waktu 5 jam, namun paslon dan pengurus parpol serta rombongannya tetap bertahan.

Usai dibacakan, berita acara penelitian berkas syarat pencalonan dan berkas syarat calon diserahkan kepada Anton-Rospita. (a27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2