Waspada
Waspada » Anggota DPRD Sumut Tuahman Benarkan Positif Covid-19
Headlines Medan

Anggota DPRD Sumut Tuahman Benarkan Positif Covid-19

Seorang petugas tampak menyemprot ruangan Komisi D DPRD Sumut, Rabu (22/7). Ini dilakukan setelah anggota Komisi itu, Tuahman Purba membenarkan dirinya terkonfirmasi Covid-19. Waspada/Partono Budy
Seorang petugas tampak menyemprot ruangan Komisi D DPRD Sumut, Rabu (22/7). Ini dilakukan setelah anggota Komisi itu, Tuahman Purba membenarkan dirinya terkonfirmasi Covid-19. Waspada/Partono Budy

MEDAN (Waspada): Anggota DPRD Sumut Tuahman Fransiscus Purba benarkan dirinya positif terkonfirmasi Covid-19. Untuk mengantisipasi penyebaran, ruangan komisi C disemprot petugas.

“Iya bang, Covid-19, mohon doa kesembuhannya,” ujar anggota Komisi C ini kepada melalui sambungan telepon seluler kepada Waspada, di Medan, Rabu (22/7).

Anggota DPRD Sumut dari Partai NasDem ini Tuahman benarkan positif Covid-19 setelah menerima hasil laporan pemeriksaan air liur (swab) hari Senin (20/7).

“Benar saya positif melalui hasil tes air liur (swab) pertama yang keluar Senin lalu. Dan saat ini, saya sedang isolasi mandiri di rumah,” jelas Tuahman.

Tuahman juga mengatakan, Senin (20/7) lalu dia sempat mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi C DPRD Sumut dengan PDAM Tirtanadi.

“Tapi saya tidak mengikuti RDP sampai selesai. Saya keluar di tengah berjalannya RDP. Sudah dulu ya saya mau istirahat,” pungkas Tuahman.

Setelah terkonfirmasi Covid-19, sejumlah anggota Komisi C berinisatif mengambil langkah menyemprot ruangan mereka dengan disinfektan.

“Ini untuk safety para anggota dan staf yang bertugas di komisi tersebut,” kata anggota Komisi C, Benny Sihotang kepada Waspada, Rabu (22/7).

Politisi Gerindra ini menyebutkan, penyemprotan tidak hanya dilakukan di ruang komisi, melainkan di seluruh ruangan tempat para staf bertugas.

Antisipasi

Benny menyebutkan, pihaknya sudah mendapat informasi bahwa penyemprotan dilakukan untuk antisipasi penyebaran pandemi itu, setelah rekan mereka Tuahman Fransiscus Purba dikabarkan terkonfirmasi Covid-19.

“Pak Tuahman sempat menghadiri rapat dengan PDAM Tirtanadi hari Senin lalu, jadi kita hanya antisipasi saja,” ujar Benny.

Selain antisipasi, sejumlah anggota komisi juga merasa tidak nyaman dengan kondisi ruangan yang tak hanya jadi aktifitas anggota dewan, tetapi juga mitra kerja dan masyarakat.

Ini dirasakan Syamsul Qomar, anggota Komisi C dari Fraksi Golkar, yang menyaksikan penyemprotan dari luar ruangan.

“Berjaga-jaga saja, kita kan khawatir, siapa pun bisa terkena karena ini ruangan publik, sehingga memang harus diambil langkah penyemprotan,” ujarnya.

Hal yang sama juga diamini anggota komisi C, yakni Timbul Sinaga. “Kita yang penting amanlah,” katanya.

Selain disemprot, para anggota komisi juga secara inisiatif menjalani pemeriksaan rapid test yang dilakukan di ruangan dewan.

Kepala Dinas Kesehatan Alwi Mujahid ketika dikonfirmasi menyebutkan, rapid test dilakukan berdasarkan inisiatif para anggota Komisi, dengan cara memeriksa sampel darah.

Menyinggung tentang terpaparnya anggota Komisi C Tuahman Purba, Alwi meminta untuk mengonfirmasi kepada gugus tugas. (cpb)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2