Waspada
Waspada » Anggota DPR RI Minta Usut Tuntas Penyebab Banjir Di Labura
Headlines Sumut

Anggota DPR RI Minta Usut Tuntas Penyebab Banjir Di Labura

MASIH terlihat puing puing potongan kayu yang diduga milik perusahan PT. LBI di sungai Aek Katapang.

DELISERDANG (Waspada): Anggota DPR RI Drs H Marwan Dasopang (foto) minta aparat terkait menyelidiki serta mengusut tuntas penyebab terjadinya banjir bandang di Labuhan Batu Utara (Labura). Apalagi, dalam banjir tersebut sampai menelan korban jiwa di dua desa yakni Desa Hatapang dan Siriris Labura. Marwan Dasopang menyatakan hal itu kepada Waspada di Kualanamu International Airport (KNIA), Rabu (8/1).

Disebutkan Marwan, pihaknya mengaku sangat prihatin terhadap banjir bandang yang mengakibatkan adanya korban jiwa.

Menurut Politisi PKB ini ada indikasi kuat penyebab banjir bandang karena adanya pembalakan hutan di Labura. Maka petugas terkait harus turun ke lapangan untuk melakukan penyelidikan.

Sebab, ia memperoleh informasi tiga tahun lalu masyarakat protes, di mana ada 3 perusahaan melakukan pembalakan liar hutan yang menyalahgunakan izin yang kita anggap izin itu melebihi kapasitas yang menjadi izin penggunaan lahan lainnya (IPL). Sekaligus menyalahgunakan IPL itu sendiri.

“Jadi IPL-nya perlu diselidiki kemudian IPL yang absah pun perlu diselidiki luas yang diberikan pada perusahaan tersebut. Sementara kenyataan di lapangan melebihi apa yang terjadi,” paparnya.

Karena itu, Marwan menyarankan kepada pemerintah dua hal, pertama rehabilitasi pada rumah korban, kemudian memberi santunan. Dalam waktu dekat ini, lanjut Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini, ia akan turun ke lokasi bersama pemerintah yakni Kemensos dan BNPB, untuk memberi santunan sekaligus mencari penyebab banjir bandang ini.

“Jadi, kalau pemerintah yang salah ya, pemerintah harus diberi sanksi, juga siapa aparat yang melakukan itu, begitu juga dengan pihak swasta yang melakukan kita rekomendasi ditindak tegas,” tegasnya. (m29/c)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2