Waspada
Waspada » Anggaran Pembangunan Kota Gunungsitoli Dipotong Rp. 62 M
Headlines Sumut

Anggaran Pembangunan Kota Gunungsitoli Dipotong Rp. 62 M

WALIKOTA Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua pada kegiatan konfrensi pers Pemko Gunungsitoli bertempat di Restaurant Kaliki, Senin (4/5). Waspada/Bothaniman Jaya Telaumbanua
WALIKOTA Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua pada kegiatan konfrensi pers Pemko Gunungsitoli bertempat di Restaurant Kaliki, Senin (4/5). Waspada/Bothaniman Jaya Telaumbanua

GUNUNGSITOLI (Waspada): Pemerintah pusat yang melakukan realokasi APBN untuk penanganan wabah Covid-19 dipastikan mempengaruhi APBD Kota Gunungsitoli Tahun Anggaran 2020.

Pemerintah pusat melakukan pemangkasan anggaran pembangunan di Kota Gunungsitoli pada tahun ini mencapai Rp. 62 miliar lebih.

Hal itu disampaikan Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua didampingi Wakil Walikota, Sowa’a Laoli, SE kepada sejumlah wartawan pada acara konfrensi pers bertempat di Restaurant Kaliki, Senin (4/5).

Pada paparannya, Walikota Gunungsitoli mengungkapkan pemotongan anggaran tersebut bersu.ber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp. 19, 48 miliar, Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp.42 miliar dan Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp. 0,2 miliar.

Menurut Lakhomizaro Zebua, pemotongan anggaran dimaksud oleh pemerintah pusat benar benar dimanfaatkan untuk penanganan wabah Covid-19 yang sedang melanda Indonesia.

Menyikapi pemotongan anggaran dari pusat tersebut, Pemko Gunungsitoli harus melakukan refocusing anggaran di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah seperti anggaran Bimtek, Biaya Perjalan Dinas dan kegiatan yang tidak terlalu prioritas.

Pada kesempatan itu, Walikota Gunungsitoli juga menambahkan akibat adanya pemotongan anggaran tersebut sejumlah paket proyek yang sudah dilelang dan diikat kontraknya kemungkinan baru bisa dibayar pada Tahun Anggaran 2021 mendatang.

“Kita sudah meminta pemahaman sejumlah rekanan agar pembayaran dana proyek yang telah dikerjakan bersedia dibayar pada tahun anggaran berikutnya,” tutur Lakhomizaro Zebua.

Walikota Gunungsitoli menyebutkan sejumlah rekanan telah menandatangani surat pernyataan bersedia menerima pembayaran dana proyek pada tahun anggaran 2021 mendatang. (a26)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2