Waspada
Waspada » AIA Rugikan Nasabah Agen Dan Karyawan
Headlines Medan

AIA Rugikan Nasabah Agen Dan Karyawan

PARA nasabah, agency dan karyawan yang mengaku dirugikan AIA memberi keterangan kepada wartawan di warkop Jurnalis Jalan H Agus Salim Medan, Jumat (3/7). Waspada/Surya Efendi
PARA nasabah, agency dan karyawan yang mengaku dirugikan AIA memberi keterangan kepada wartawan di warkop Jurnalis Jalan H Agus Salim Medan, Jumat (3/7). Waspada/Surya Efendi

MEDAN (Waspada): AIA rugikan nasabah, agen dan karyawan. Tiga yang mengaku nasabah PT AIA Finanacial (Asuransi AIA) mendatangi Warkop Jurnalis Jalan H Agus Salim Medan, Jumat (3/7).

Mereka didampingi sejumlah pengurus Pospera (Posko Perjuangan Rakyat) Sumut.

Kepada wartawan, tiga nasabah AIA yakni, Halimah Nasution, Zahra dan Iqrok, warga Kota Medan mengaku kecewa dengan investasi di AIA Financial.

‘’Sudah 9 tahun saya mengambil produk syariah di AIA dan membayar premi setiap bulannya Rp1 juta. Jika dikalkulasikan sebesar Rp68 juta yang telah dibayarkan preminya. Tapi, ketika melakukan penarikan terjadi selisih yang cukup jauh dari harapan,’’ ucap Halimah Nasution.

Yang diperoleh selama 9 tahun membayar premi asuransi AIA, bukan untung yang didapat malah buntung.

‘’Selisih dari yang dibayar premi dengan yang didapat sebesar Rp 13 juta. Kita tak mendapatkan keuntungan,’’ sebutnya.

Hal senada juga disampaikan Iqrok yang juga menyebutkan AIA rugikan nasabah, agen dan karyawan

Iqrok menyebutkan, investasi yang disimpan di AIA bahkan tidak balik modal.

‘’Hasil yang seharusnya diterima tidak sesuai dengan harapan. Bahkan nilai pundi rupiah yang diterima menyusut,’’ katanya.

Iqrok juga mempertanyakan bagaimana sistem perhitungan investasi yang dilakukan AIA.

‘’Sangat kecewa dengan hasil yang didapat selama 9 tahun membayar premi di AIA,’’ cetusnya.

Tidak hanya nasabah, kekecewaan terhadap AIA juga datang dari agency dan karyawannya.

Sarmanto Tambunan, SH selaku kuasa hukum mengungkapkan para karyawan dan agency AIA yang dirugikan merasa sangat menyesal pernah berhubungan dengan perusahaan AIA.

Jadi Korban

Karyawan dan agency AIA yang dalam hal ini menjadi korban sudah melaporkan Presiden Direktur AIA dan kasus ini sudah ditangani secara profesional oleh Polda Sumut.

‘’Kami juga meyakini pihak kepolisian akan memberikan keadilan kepada para korban AIA,’’ ucap Sarmanto.

Sarmanto mengungkapkan, saudara Kenny Leonara Raja sebagai Agent Peraih Top Agent 7 tahun kali dan Jethro Gandawinata sebagai Agency Director selama 14 tahun serta Surianta Tarigan sebagai Head of Customer Service Medan selama 17 tahun, akhirnya mendapatkan hadiah terpahit yaitu terjadi pemecatan dari AIA.

‘’Hak mereka dirampas atau tidak diberikan oleh perusahaan dan mereka mendapatkan tuduhan yang tidak berdasar, tidak melalui proses mekanisme serta melawan hukum. Sementara mereka sama sekali tidak diberikan kesempatan untuk mengklarifikasi atau melakukan pembelaan diri,’’ sebut Sarmanto.

Di kesempatan itu, Pospera Sumut akan terus mendampingi dan berjuang sampai keadilan didapatkan oleh para korban yang dirugikan AIA.

‘’Pospera akan membentuk posko pengaduan di seluruh provinsi di Indonesia untuk menerima pengaduan para korban AIA yang Iainnya, baik berhubungan dengan agency maupun lewat bank,’’ ucap Sekretaris Pospera Sumut Saddam Husein Simatupang.

Tuntut Ditangkap

Untuk itu, Pospera Sumut antara lain menuntut agar Presiden Direktur PT AIA Finanacial beserta oknum yang terlibat dalam pemecatan dan perampasan hak tenaga pemasaran dan karyawan AIA ditangkap dan diadili.

‘’Kami juga berharap AIA berhenti melakukan cara yang merugikan kepentingan agency, tenaga pemasaran, karyawan dan para nasabah. Kami juga meminta OJK dan AAJI mencabut izin usaha AIA,’’ tandas Sadam.

Sementara pihak AIA yang dikonfirmasi Waspada melalui aplikasi WhatsApp tidak bisa berkomentar banyak.

‘’Nanti ada yang menghubungi, saya sudah pindah, tidak lagi dibagian Corporate Communication AIA Financial,’’ ucap Kathryn.

Hingga berita ini diturunkan dan ditunggu dua jam lebih atau sampai pukul 17.45, pihak AIA tidak juga memberikan tanggapan. (m29)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2