Waspada
Waspada » 62 Wartawan Ikuti Pelatihan Jurnalistik Pra UKW
Headlines Sumut

62 Wartawan Ikuti Pelatihan Jurnalistik Pra UKW

KETUA PWI Sumut H Hermansjah SE didampingi Ketua PWI Karo, Dairi dan Pakpak Barat Justianus Purba saat menyampaikan materi pada pelatihan jurnalistik pra UKW. Waspada/Panitra Nedy
KETUA PWI Sumut H Hermansjah SE didampingi Ketua PWI Karo, Dairi dan Pakpak Barat Justianus Purba saat menyampaikan materi pada pelatihan jurnalistik pra UKW. Waspada/Panitra Nedy

TANAH KARO (Waspada): 62 orang wartawan yang bekerja di media cetak dan online wilayah tugas Kabupaten Karo, Dairi, Medan dan Binjai, mengikuti pelatihan jurnalistik pra uji kompetensi wartawan (UKW), Rabu (2/12) di aula Hotel Grand Orri Berastagi.

Pelatihan yang digelar, serangkaian dengan pelaksanaan UKW, dipandu sejumlah nara sumber atau pemateri dari luar Kabupaten Karo.

Ke 62 peserta pelatihan jurnalistik yang hadir saat itu, tidak seluruhnya mendapat kesempatan melaksanakan UKW, karena kuota peserta UKW sudah ditentukan sesuai anggaran yang dikelola Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Karo yang berjumlah 36 orang, merujuk Surat PWI Provonsi Sumatera Utara No 808/UKW/PWI-SU/XI/2020 ke Pemkab Karo.

Para nara sumber pelatihan jurnalistik yang diundang panitia yakni mantan Penulis di Majalah Tempo Saeni SIKom, MIKom dengan materi berjudul “Teknik Menulis Berita dan Feature”.

Seorang Penyair dan Mantan Wartawan Hikmat Gumelar dengan materi “Tulisan Beracun”.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut Rizal R Surya dengan materi “Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers.

Sedangkan Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE dengan materi “Sosialisasi tentang penerapan adaptasi kebiasaan baru pencegahan Covid-19 dan pra UKW”.

Respon positif peserta terhadap materi yang disampaikan para nara sumber pada pra UKW, rasanya dapat dipahami peserta.

Soalnya, tanya jawab dan pemahaman para jurnalis tentang materi, terlihat cukup berkembang.

Eni Saeni kepada Waspada menyebutkan, pengalaman selama menjadi wartawan Tempo rasanya cocok disampaikan pada pelatihan jurnalistik menjelang UKW di Berastagi.

“Saya ingin peserta yang mengikuti UKW, semuanya lulus, sehingga saya membagi ilmu dan pengalaman sebagai jurnalistik dalam pelatihan,” singkatnya.

Charles Sitanggang salah satu peserta menyebutkan, pelatihan jurnalistik sangat bermanfaat untuk bekal dalam menghadapi era jurnalistik ke depan.

“Tanpa adanya pelatihan jurnalistik yang berkompetan, mustahil seorang wartawan itu dapat berkembang mengikuti perkembangan informasi,” singkatnya.

Ketua PWI Karo, Dairi dan Pakpak Bharat Justianus Purba didampingi Bendahara Theopilus Sinulaki, menyebutkan para peserta yang mengikuti pelatihan jurnalistik dan UKW agar mengikuti rangkaian kegiatan dengan serius,

“Agar semua yang mengikuti UKW nantinya, menjadi wartawan yang berkompeten,” ujarnya.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Karo F Leonardo Surbakti SSTP menyebutkan, semoga kegiatan pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan sehari sebelum UKW diharapkan dapat menambah pengetahuan rekan-rekan jurnalis dan dapat dimanfaatkan sebaiknya dalam pekerjaan sehari hari sebagai jurnalis.

“Ibarat waktu yang sesingkat ini seperti ladang ilmu yang sempit, maka wartawan harus memanen ilmu jurnalistik itu dengan baik. Kami sebagai panitia pelatihan jurnalistik menyadari masih banyak kekurangan dan semoga kedepannya, kekurangan itu akan kita perbaiki demi kebaikan bersama,” demikian F Leonardo Surbakti. (a06)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2