6.43 Kg Sabu Dalam Sepatu Digagalkan Di KNIA   - Waspada
banner 325x300

6.43 Kg Sabu Dalam Sepatu Digagalkan Di KNIA  

  • Bagikan

DELISERDANG (Waspada): Kerja keras aviation security (avsec) di Kualanamu International Airport (KNIA) menggagalkan penyelundupan narkoba jenis methaphetamin (sabusabu) dalam sepatu patut diapresiasi.

Informasi dihimpun Waspada, Sabtu (13/3), terhitung sejak tiga bulan terakhir (22 Januari hingga 11 Maret 2021) ada empat kali penyelundupan narkoba berhasil digagalkan, dengan barang bukti 6.43 Kg sabusabu dan 12 tersangkanya.
Modus para pelaku dalam mengelabui petugas juga sama yakni, menyelundupkan sabu dalam sepatu yang dipakainya.

Selain modusnya sama, maskapainya juga sama dan para tersangkanya juga semua warga yang sama yakni dari Aceh.
Berdasarkan catatan Waspada, dari keempat kasus tersebut di atas, satu kasus digagalkan atas kerjasama BNNP Sumut dan Bea dan Cukai Kualanamu, Jumat (22/1) sekira pukul 18:00.
2 Kg sabu yang dibawa keempat penumpang salahsatu maskapai ke Solo transit Jakarta berhasil digagalkan.

Keempat penumpang berinitial, M,23 warga Dusun Bukit Mesjid Desa Matang Serdang Kec.Tanah Jambo Aye,Aceh dan Z,23 warga Desa Matang Puntong Kec.Seunuddon Kab.Aceh Utara,Aceh.
Kemudian,I,25 warga Desa Matang Puntong Kec.Seunuddon Kab.Aceh Utara dan KR,30 warga Dusun Cot Hagu Desa Matang Puntong Kec.Seunuddon, Aceh.

Sedangkan tiga kasus lagi digagalkan aviation security (avsec) di bawah kendali Senior Manager of Operation &Service Bandar Udara International Kualanamu Agoes Soepriyanto alias Acoen. Ketiga kasus itu pertama, penyelundupan 1,28 Kg sabu, Minggu (31/1) yang dibawa 2 penumpang  di KNIA. Kedua penumpang tersebut, berinitial B dan F, keduanya merupakan warga Aceh Utara.

Dan kedua, berselang sepekan avsec kembali menggagalkan penyelundupan sabusabu ke Surabaya transit Jakarta, dibawa keempat penumpang di KNIA, Sabtu (6/2) sekira pukul 08:30.

Selain keempat tersangkanya, petugas juga mengamankan 2 Kg diduga sabu. Keempat penumpang yang diamankan berinitial, MS,M,MF dan MCB, kesemuanya warga Aceh.
Dan ketiga, dua calon penumpang salahsatu maskapai di Kualanamu International Airport (KNIA) diamankan petugas aviation security (avsec), Kamis (11/3) malam. Keduanya diamankan karena menyelundupkan 1.15  Kg  diduga sabusabu dalam sepatu.
Kedua calon penumpang itu berinitial AA,31 warga Kab. Aceh Timur dan I,27 warga Kab.Aceh Utara. Senior Manager of Operation &Service Bandar Udara International Kualanamu Agoes Soepriyanto yang dikonfirmasi Waspada sebelumnya menyatakan sudah menginstruksikan jajarannya di lapangan untuk senantiasa siaga dan waspada dalam hal melakukan tugasnya.
“Situasi pandemi Covid-19 ini bisa saja dimanfaatkan orang yang tak bertanggungjawab untuk meloloskan barang terlarang melalui airport,” katanya.
Oleh karena itu, Agoes Soepriyanto tetap mengingatkan petugas di lapangan jangan lengah, terutama avsec yang bertugas di layar monitor pemeriksaan X-Ray.
Para tersangka maupun barang bukti narkoba yang diamankan diserahkan ke BNNP Sumut dan  Ditres Narkoba Polda Sumut, untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut. (a13/C)


Teks. Dua penumpang tertunduk lesu memandangi delapan bungkusan plastik berisikan sabusabu, saat diamankan di KNIA.Waspada/Irianto

  • Bagikan