Waspada
Waspada » 4 Rumah Ludes Terbakar Di Lamgapang
Aceh Headlines

4 Rumah Ludes Terbakar Di Lamgapang

EMPAT unit rumah permanen dan konstruksi kayu terbakar di Jalan Dusun Mushalla, Gampong Lamgapang, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Senin (6/1). Waspada/Muhammad Zairin
EMPAT unit rumah permanen dan konstruksi kayu terbakar di Jalan Dusun Mushalla, Gampong Lamgapang, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Senin (6/1). Waspada/Muhammad Zairin

KOTA JANTHO (Waspada): Empat unit rumah permanen di Jalan Dusun Mushalla, Gampong Lamgapang, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, hangus terbakar, Senin (6/1).

Pemilik rumah yang terbakar masing-masing Mustafa, 59, Nursiah, 70, Sofyan, 28, rumah panggung konstruksi kayu dan Harun, 58, rumah panggung konstruksi kayu.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” sebut Farhan AP, Kalaksa BPBD Aceh Besar sebagaimana dilaporkan operator Pusdalops BPBD Aceh Besar.

Dalam penanganan kebakaran tersebut BBPD Aceh Besar mengerahkan tiga unit armada dibantu empat unit armada BPBD Kota Banda Aceh, yang sudah terlebih dahulu berada di lokasi kejadian karena menerima informasi lebih awal.

Menurut keterangan saksi di lokasi kejadian, api pertama terlihat dari rumah panggung milik Harun.

“Saat kejadian pemilik rumah sedang berada di rumah, dan melihat api sudah menjalar ke plafon rumah,” ungkap Farhan.

Setelah melihat titik api yang menjalar ke plafon, pemilik rumah langsung memberitahu warga sekitar untuk menghubungi pemadam kebakaran.

“Karena kondisi cuaca dan rumah yang berkontruksi kayu sehingga api dengan mudah menjalar, dan penyebab kebakaran sudah dalam penanganan pihak yang berwajib,” imbuhnya.

Pemadaman selesai dilakukan petugas pukul 14.30 dan dalam penanganan itu petugas pemadam dibantu personel TNI-Polri dari Koramil dan Polsek setempat, Muspika, RAPI serta warga.

Sementara itu, sekitar 1,5 hektar lahan kebun milik Amir Syarifuddin, 65, terbakar di Gampong Meunasah Mon Cut, Kemukiman Lamlhom, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Senin (6/1).

Kebakaran lahan kebun tersebut dilaporkan warga ke petugas BPBD Aceh Besar pos Peukan Bada, pada pukul 12.15.

“Kondisi cuaca yang cerah dan terik sangat mudah terjadi kebakaran lahan,” ungkap Farhan AP, Kalaksa BPBD Aceh Besar.

Penyebab kebakaran lahan kebun tersebut sudah dalam penanganan pihak berwajib. Petugas Damkar BPBD Aceh Besar pos Peukan Bada yang mengerahkan satu unit damkar selesai melakukan pemadaman pukul 13.30.

“Kondisi terakhir api sudah dapat dipadamkan,” kata Farhan yang menyebut dalam usaha pemadaman tersebut petugas dibantu TNI-Polri dari Koramil dan Polsek setempat, serta warga sekitar lokasi kejadian.(b06)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2