Waspada
Waspada » 30 Fakta Menarik Tentang Mendiang Pangeran Philip
Headlines Internasional

30 Fakta Menarik Tentang Mendiang Pangeran Philip

LONDON, Inggris (Waspada): Jenazah mendiang Pangeran Philip akan dimakamkan pada Sabtu 17 April di Kapel St George, Kastil Windsor, Inggris. Prosesi permakaman itup diberi nama sandi Operation Forth Bridge.

Dilansir AFP, Minggu (11/4/2021), juru bicara Istana Buckingham menyebut, prosesi pemakaman Duke of Edinburgh itu akan disiarkan langsung melalui televise dan akan diawali dengan keheningan nasional selama satu menit.

Ratu Elizabeth II dikabarkan hanya akan menghadirkan 30 orang, ditambah pendeta, mengingat pandemic Covid-19. Daftar terakhir, yang diharapkan dalam beberapa hari ke depan, kemungkinan akan terdiri dari anggota senior Keluarga Kerajaan Inggris serta Perdana Menteri.

– Pangeran Philip meninggal di usia 99 tahun pada Jumat pekan lalu, kurang dari 2 bulan lagi sebelum usianya mencapai 100 tahun pada 10 Juni. Duke of Edinburgh ini diriwayatkan telah mendampingi Ratu Elizabeth II sebagai suami selama 73 tahun dan selama 69 tahun sebagai permaisuri bagi Elizabeth yang mewarisi takhta ayahnya, George VI.

Berikut 30 fakta menarik Pangeran Philip seperti dilansir The Sun.

  1. Dia memiliki julukan “Phil the Greek”, tapi dia tidak memiliki darah Yunani dalam dirinya. Kakeknya adalah pangeran Denmark yang “diimpor” menjadi Raja Yunani.
  2. Seperti sepupunya Ratu Elizabeth II, dia adalah cicit dari Ratu Victoria.
  3. Pada 1922, kakeknya dihukum mati oleh dewan revolusioner Yunani karena gagal memimpin pasukan kavaleri melawan Turki.
  4. Ayah, ibunya melarikan diri bersama Philip dan 4 kakak perempuannya, diselamatkan oleh kapal perang Inggris.
  5. Orangtuanya berpisah ketika dia berumur 10 tahun dan dia tidak melihat ibunya selama 8 tahun karena masuk sanatorium setelah menderita gangguan.
  6. Ayahnya pindah ke Monte Carlo, di mana ia memiliki reputasi sebagai alkoholik dan penjudi. Ayah Pangeran Philip meninggal di sana dalam usia 62 tahun pada 1944.
  7. Dia pertama kali bertemu Ratu Elizabeth II, pada pernikahan Putri Marina dari Yunani dan Duke of Kent di tahun 1934. Baginya, yang baru berusia 8 tahun, itu hampir seperti cinta pada pandangan pertama.
  8. Pada 1939 dia bergabung dengan Angkatan Laut di Royal Naval College di Dartmouth, dan menjadi kadet terbaik.
  9. Di Royal Naval College di Dartmouth, Pangeran Philip diperkenalkan kembali dengan Elizabeth II, yang saat itu berkunjung bersama orang tuanya, Raja George VI dan Ratu Elizabeth.
  10. Pada 1943, ia menghabiskan Natal dengan para bangsawan di Kastil Windsor dan di saat itulah romansa dengan Elizabeth II berkembang.
  11. Pada 1945, Pangeran Philip ditangkap dan didenda karena buang air kecil di jalan Kota Sydney, Australia, saat sedang cuti.
  12. Di mana dan kapan Philip melamar adalah rahasia, tetapi pengumuman pernikahannya dilakukan pada 10 Juli 1947.
  13. Philip menjadi warga negara Inggris, melepaskan gelar Yunaninya, dan mengadopsi nama Mountbatten.
  14. Tepat sebelum pernikahannya di Westminster Abbey pada 20 November 1947, dia diangkat menjadi Duke of Edinburgh, Earl of Merioneth, dan Baron Greenwich.
  15. Dia merancang gelang sebagai hadiah pernikahannya untuk Ratu, yang mana batunya berasal dari tiara milik ibunya.
  16. Sehari sebelum pernikahannya, Pangeran Philip berhenti merokok.
  17. Keempat kakak perempuannya, semuanya menikah dengan pangeran Jerman, dua di antaranya adalah anggota Partai Nazi. Mereka tidak ada yang diundang ke pernikahan Pangeran Philip.
  18. Ketika Pangeran Charles lahir pada 1948, dia menghabiskan malamnya dengan bermain squash. Dia berkata tentang anak pertamanya, “Dia terlihat seperti puding plum!”
  19. Philip sangat marah ketika Ratu memutuskan, atas saran dari istana dan Perdana Menteri Winston Churchill, bahwa anak-anaknya harus mengambil nama keluarganya, Windsor. Dan sang pangeran sempat protes.
  20. Pada 1952 di Kenya, dia menyampaikan kabar kepada Elizabeth II bahwa ayahnya, George VI, telah meninggal dan dia sekarang menjadi Ratu.
  21. Ibunya yang perokok berat, Putri Alice, tinggal di Istana Buckingham selama 2 tahun terakhir hidupnya dan meninggal di sana pada Desember 1969 di usia 84 tahun.
  22. Dia selalu menyangkal perselingkuhan, mengatakan itu tidak mungkin karena dia selalu ditemani oleh seorang polisi. Namun, dia telah dirumorkan memiliki hubungan romantis dengan beberapa wanita, di antaranya Putri Alexandra, bintang film Merle Oberon, aktris Pat Kirkwood, pembawa acara TV Katie Boyle, dan teman lamanya Helene Cordet.
  23. Pada Mei 1961 ia menjadi anggota pertama keluarga Kerajaan yang diwawancarai di televisi.
  24. Ketika Putri Diana meninggal pada 1997, putra-putranya, William dan Harry, sempat tidak ingin berjalan di belakang peti mati. Namun, Philip berpikir mereka akan menyesal di kemudian hari dan mengatakan kepada mereka, “Jika kamu suka, aku akan berjalan denganmu”.
  25. Kekayaan pribadinya diperkirakan mencapai 30 juta poundsterling (Rp598, 9 miliar), termasuk koleksi seni senilai 3 juta poundsterling (Rp59,9 miliar).
  26. Pada April 2008 ia menghabiskan 3 hari di rumah sakit King Edward VII di London karena menderita flu dan infeksi dada. Tidak ada anggota keluarganya yang mengunjunginya karena dia “tidak ingin ada keributan”. Namun demikian, aktris Joanna Lumley mengirimkan bunga.
  27. Ia telah menjalani operasi 6 kali, untuk mengangkat kista dari pergelangan tangan kanannya pada 1967, perbaikan hernia pada 1987 dan pada 1996 pengangkatan tumor jinak di hidungnya. Pada Natal 2011 dia memasang stent untuk membuka arteri yang tersumbat di jantungnya. Pada Juni 2013 ia menjalani operasi perut eksplorasi, dan pada April 2018 ia menjalani operasi penggantian pinggul. Dia 2 kali dirawat di rumah sakit karena infeksi kandung kemih pada 2012.
  28. Dia adalah bangsawan tertua ketiga dalam sejarah Inggris, setelah Putri Alice, Duchess of Gloucester, yang hidup sampai usia 102 dan Ibu Suri yang meninggal di usia 101 tahun.
  29. Penulis kerajaan Gyles Brandreth mengatakan Philip pernah mengatakan kepadanya bahwa dia tidak ingin hidup sampai 100 tahun.
  30. Sumber Kerajaan Inggris mengatakan, Pangeran Philip berwasiat ingin meninggal dengan tenang di rumahnya sendiri, di Kastil Windsor. Dan keinginannya itu terkabul. (afp/the sun/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2