25 Gajah Obrak-abrik Belasan Rumah

  • Bagikan

BENER MERIAH (Waspada): Sebanyak 25 individu gajah sumatera merusak belasan unit rumah warga di Blang Rakal dan Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah. Bahkan kawat kejut atau power fencing yang selama dipasang untuk mencegah gajah tidak masuk ke pemukiman warga juga banyak yang rusak dan dicuri orang tak dikenal (OTK).

“Kawat kejut dirusak dan diambil, sehingga satwa liar gajah masuk ke pemukiman penduduk,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto, S.Hut, menjawab Waspada, Rabu (1/12).

Dia mengaku, gajah Sumatera itu masuk melalui celah pagar kejut yang rusak. Diperkirakan tidak kurang dari 25 individu yang terbagi dalam beberapa kelompok. “Setelah masuk ke pemukiman penduduk, lalu sejumlah rumah warga rusak, termasuk beberapa pondok warga di kebun. Banyak rumah yang rusak, tapi sebagian pondok warga di kebun juga ikut rubuh,” kata Agus.

Total keseluruhan rumah yang rusak mencapai belasan unit, namun kerusakan tersebut merupakan akumulasi selama sebulan terakhir. “Rincian rumah warga yang rusak masih dalam pendataan petugas, namun saat ini fokus kita adalah melakukan pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang,” timpa Agus.

Berdasarkan informasi yang berkembang, tidak kurang dari 18 unit rumah dalam dua desa mengalami kerusakan, baik rusak berat, sedang dan ringan. Warga yang rumahnya rusak kini terpaksa mengungsi ke rumah tetangga, bahkan sebagian tidak berani lagi ke kebun khawatir gajah-gajah liar kembali menyerang warga.

18 Rumah yang rusak yakni milik Nasir, Sofian, Isa, Ridwan, Hasbi, Kamaruzzaman, Fakri, Mustafa, Marzuki, Syukri, Abdullah, Dahri, Ridwan Gayo, Tgk Gani, Nadar dan Selamet. Seluruhnya berada di Desa Negeri Antara. Sementara rumah yang rusak di Desa Blang rakal hanya dua unit yakni rumah milik Misran dan M Nur Asri. (b11/J).

Petugas melihat rumah warga yang rubuh dirusak gajah di Negeri Antara, Pintu Rime Gayo, Bener Meriah. Foto diambil Senin (29/11). Waspada/Ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *