Waspada
Waspada » 23 Penerbangan Rute KNIA Ke Singapura Dibatalkan
Headlines Sumut

23 Penerbangan Rute KNIA Ke Singapura Dibatalkan

Penerbangan Ke Singapura Dibatalkan
Pergerakan calon penumpang tujuan luar negeri seperti Singapura dan Malaysia di KNIA, tampak sepi, sebagai ekses virus Corona.( Waspada/Irianto)

DELISERDANG (Waspada): Sebanyak 23 penerbangan dari Kualanamu International Airport (KNIA) ke Singapura dibatalkan (cancel). Sepinya calon penumpang ditengarai dampak virus Corona (Covid-19) menjadi salahsatu faktor pembatalan penerbangan itu.

Informasi dihimpun Waspada, Sabtu (29/1), pembatalan penerbangan dari dan ke Singapura tersebut, akan dilakukan, Maret 2020. Ke-23 penerbangan (flight) yang dibatalkan, terdiri dari 10 flight Silk Air,MI237 pukul 20:05, yakni pada tanggal 2,5,6,7,9,12,14 dan 18 Maret.

Sedangkan 2 flight Silk Air MI233 pukul 08:40 yakni, tanggal 11 dan 22 Maret.Head Airport Operation Silk Air Kualanamu Vitra P Maulana yang dikonfirmasi Waspada menyatakan penerbangan dari dan ke Singapura yang Dibatalkan tersebut sesuai dengan instruksi manajemen Silk Air.

“Jadi, benar 10 flight dari 64 penerbangan Silk Air selama sebulan, ke Singapura dibatalkan,” katanya.

Disebutkannya, pembatalan penerbangan guna mengantisipasi wabah virus Corona.

Vitra juga tak menampik sejumlah calon penumpang tujuan Singapura yang semula telah membeli tiket, kemudian secara mendadak membatalkan penerbangannya.

Tak hanya itu, akibat dari virus Corona, isian jumlah penumpang menurun hingga 40 persen. “Normalnya, jumlah penumpang Silk Air,95 hingga 100 orang. Tapi, saat ini, 40 hingga 50 penumpang,” paparnya.

Vitra yang juga Sekretaris Airlines Operator Committee (AOC) Kualanamu tak menampik sejumlah maskapai tujuan luar negeri juga terkena dampak penurunan jumlah penumpang terkait virus Corona.

“Artinya, tak hanya penerbangan tujuan Singapura, tapi ke Malaysia, misalnya juga berdampak,” sebutnya.

Selain Silk Air, maskapai Jet Star juga membatalkan 13 penerbangan tujuan Singapura selama Maret ini. Ke-13 penerbangan yang dibatalkan yakni tanggal 4,5,8,9,10,11,13,15,18,20,22,23 dan 25 Maret.

Station Manager PT. JAS Kualanamu Yudi Syahputra yang dikonfirmasi juga tak membantah, kalau pembatalan penerbangan dari dan ke Singapura disebabkan virus Corona.

Diakui Yudi, jumlah penumpang juga terjadi penurunan akibat dampak virus Corona. Kendati demikian, selaku groundhandling yang menangani maskapai Jet Star, MAS, Silk Air dan Saudia, pihaknya akan tetap mengoptimalkan pelayanan kepada penumpang. (m29/C)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2