Waspada
Waspada » 1,3 Juta Data Pribadi Pegawai Kemdikbud Diduga Bocor
Headlines Nusantara

1,3 Juta Data Pribadi Pegawai Kemdikbud Diduga Bocor

TAMPILAN cuitan Teguh Aprianto.
TAMPILAN cuitan Teguh Aprianto.

JAKARTA (Waspada): Dugaan kebocoran data kembali terjadi.

Setelah sebelumnya terjadi pada sejumlah situs belanja online bahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), kali ini terjadi pada data pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Founder of Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto dalam akun twitter @secgron, pada Rabu, 27 Mei 2020 mencuitkan terjadinya dugaan kebocoran data pribadi sedikitnya 1,3 juta pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di forum internet.

“Kemendikbud juga mengalami kejadian serupa, 1,3 juta data bocor. Data yang dibocorkan di antaranya adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK),” kata Teguh dalam cuitannya.

Selain NIK, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta status pernikahan, dalam forum internet juga ada nama lengkap ibu, ayah, nomor Kartu Keluarga, serta alamat rumah pegawai.

Selain data pribadi pegawai Kemdikbud, dugaan kebocoran data seputar lingkungan pendidikan terjadi pada situs Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI), dan juga Medical Research Unit (MRU) Fakultas Kedokteran UI.

“Website Fakultas Ilmu Komputer UI dan juga MRU Fakultas Kedokteran UI dibobol dan datanya dibocorkan,” tulis teguh.

Kebocoran data juga terjadi pada layanan jasa penerbangan Lion Grup.

Bahkan satu minggu yang lalu, 2,3 juta data penduduk Indonesia yang diduga berasal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga bocor di forum internet. (j02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2