115 Milisi Houthi Tewas Oleh Serangan Pasukan Koalisi

  • Bagikan
Serpihan bangunan berserak di lokasi serangan pasukan koalisi Arab Saudi di Sana’a, Yaman, Minggu waktu setempat. AP

     RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Pasukan koalisi Arab Saudi disebut menghancurkan 14 kendaraan militer dan membunuh lebih dari 115 milisi pemberontak Houthi dalam operasi yang digelar baru-baru ini.

     Yang terakhir, koalisi pimpinan Arab Saudi menghancurkan empat pesawat tak berawak aias drone yang diluncurkan kelompok itu untuk menyasar wilayah selatan Semenanjung Arabia.

     Dikutip dari laman Al Arabiya, Senin (6/12/2021), kelompok pemberontak yang didukung Iran itu juga melancarkan 19 serangan yang ditargetkan di Ma’rib dan al-Jawf dalam 24 jam terakhir.

     Pada Minggu (5/12/2021), milisi Houthi kembali melakukan serangan di Provinsi Marib, Yaman, dengan menembakkan beberapa rudal. Menurut koresponden Al Arabiya, kelompok itu menembakkan empat rudal dalam waktu satu jam yang menyasar Ma’rib, salah satunya mendarat di bandara setempat.

     Arab News, pada Senin melaporkan, tiga warga sipil terluka akibat serangan rudal kelompok Houthi yang menyasar daerah padat penduduk di kota yang strategis itu.

     Ledakan besar mengguncang kota, kata saksi mata, setelah empat rudal menghantam sasarannya di bandara, distrik Al-Shareka, dan Rawdha. Dari foto-foto yang beredar di media sosial, tampak warga berusaha menyelamatkan diri di tengah asap tebal yang mengudara.

     Menteri Informasi Yaman Moammar Al-Eryani telah menghubungi PBB dan Amerika Serikat untuk mengutuk serangan rudal kelompok yang dicap sebagai organisasi teroris itu.

     “Houthi selalu menarget kota Ma’rib yang dipadati jutaan penduduk dengan rudal balistik guna menimbulkan banyak korban jiwa di antara warga sipil. Ini merupakan tindakan pengecut untuk membalas dendam,” tulis Al-Eryani di Twitter.

     Serangan Houthi kali ini terjadi setelah tentara Yaman dan pasukan perlawanan berhasil membuat kemajuan dalam beberapa hari terakhir di Provinsi Ma’rib yang strategis. Hal itu menimbulkan kerugian besar pada Houthi, kelompok pemberontak yang didukung Iran.

     Selama beberapa hari terakhir, Koalisi Arab mengumumkan telah melancarkan puluhan serangan udara dan serangan yang menyasar situs-situs dan kendaraan milisi Houthi. (al arabiya/m11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *