Waspada
Waspada » 11 Tokoh Terima Award Anugerah Tokoh Waspada Peduli Indonesia Sehat 2020
Headlines Medan

11 Tokoh Terima Award Anugerah Tokoh Waspada Peduli Indonesia Sehat 2020

Waspada/Andy Aditya
Waspada/Andy Aditya

MEDAN (Waspada): 11 tokoh di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Provinsi Aceh menerima Award Anugerah Tokoh Waspada Peduli Indonesia Sehat 2020, yakni Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi, Gubernur Aceh Ir H Nova Iriansyah, MT, Wakil Gubernur Sumut Drs H Musa Rajekshah, M Hum, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin, MSi, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, Wali Kota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan, MM, Bupati Batubara Ir H Zahir, MAP, Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial, SH, MH, Bupati Padanglawas H Ali Sutan Harahap (TSO), Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dan Kepala BNN Sumut Brigjen Pol Drs Atrial, SH.

Acara penyerahan Award Anugerah Tokoh Waspada Peduli Indonesia Sehat 2020 yang digelar Harian Waspada sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 tahun pada 11 Januari 2021 serta launching portal waspada.id di Regale International Convention Center Medan, Jumat (26/2) diberikan langsung oleh Pemimpin Umum Harian Waspada Dr Hj Rayati Syafrin didampingi Wapemred H Teruna Jasa Said.

Acara tersebut juga dihadiri Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab Harian Waspada H. Prabudi Said, serta keluarga besar Harian Waspada dan waspada.id, Wakil Ketua DPRA Aceh Hendra Budian, Kadis Kominfo Sumut H Irman Oemar, Ketua Umum MUI Sumut Dr. H. Maratua Simajuntak, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Umum MUI Kota Medan Prof. Dr. H. Mohd Hatta, Ketua PB MABMI H Syamsul Arifin, SE, Kabid Humas Poldasu Kombes Hadi Wahyudi, Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik, Ketua PWI Sumut Hermansjah dan perwakilan dari berbagai media di Kota Medan.

Sebelum penyerahan award, oleh panitia ditampilkan masing-masing profil dan rangkaian kegiatan tokoh dalam penanganan Covid-19 sebagai peduli Indonesia Sehat 2020.

Dalam kata sambutannya, Wapemred Harian Waspada Teruna Jasa Said mengatakan pada masa pandemi Covid-19 yang melanda di dunia termasuk juga di Indonesia tak pelak merepotkan dan berimbas pada banyak program kerja terutama di sektor perekomian termasuk media massa (pers).

Namun begitu, capaian selama tujuh dekade di HUT ke 74 tahunnya Harian Waspada akan terus berjuang untuk bisa bertahan hingga menembus ambang batas usia 100 tahun.

“Kami sadar betul, tidak mudah menjalankan bisnis apapun di masa pandemi ini, termasuk media massa yang sudah banyak menghentikan penertibannya. Untuk itu Harian Waspada melakukan konvergensi media dengan ikut membangun media online berupa portal berita yakni waspada.id,” ucapnya.

Untuk penentuan tokoh Waspada Peduli Sehat 2020 ini, kata Teruna, tidaklah mudah menentukannya dengan kriteria yang sangat ketat.

Karena tidak sekadar populer saja, tapi harus punya prestasi dan karya nyata di tengah masyarakat.

“Dan semua itu bisa dilihat dari track record yang sudah dikerjakan oleh para Tokoh Waspada Peduli Sehat 2020 khususnya dibidang kesehatan terkhusus lagi dalam penanganan Covid-19,” paparnya.

Gubsu Edy Rahmayadi, dalam pidato virtualnya mengucapkan selamat kepada Harian Waspada yang telah 74 tahun lamanya menjadi media yang telah menginspirasi dan penuntun nilai kemanusiaan dan bukan hanya menjadi media bacaan saja.

Apalagi Edy juga mengatakan sangat bangga karena media yang sudah tercacat namanya sebagai salah satu surat kabar dalam sejarah pers Indonesia ini terus berinovasi dan bertransformasi dengan menghadirkan portal berita waspada.id.

“Dari masa ke masa Waspada membuktikan peranannya terhadap bangsa dan negara sebagai penginformasi, edukasi, dan hiburan. Bahkan saya bangga harian waspada pun hingga kini terus menjaga perannya sebagai kontrol sosial,” kata Edy.

Begitu juga yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengharapkan Harian Waspada menjadi lumbung informasi dan terus jaya.

Sementara Gubernur Aceh Ir H Nova Iriansyah, MT mengatakan anugerah yang diberikan kepadanya merupakan milik masyarakat Aceh karena tanpa andil masyarakat, pemerintah Aceh tidak bisa berbuat apa-apa dalam penanganan penyebaran Covid-19.

“Penghargaan ini untuk seluruh stakeholder dan seluruh masyarakat Aceh serta Sumut. Harian Waspada adalah satu-satunya koran dari luar Aceh yang masih eksis di Aceh. Citra Waspada di Aceh sangat baik dan selalu menjadi mitra pemerintah Aceh,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap Harian Waspada tetap menjalankan fungsinya memberikan informasi yang aktual, edukasi, dan sebagai kontrol sosial.

Harian Waspada tetap eksis hingga usianya melebihi 100 tahun.

Wali Kota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan mengucapkan terimakasihnya atas penghargaan yang diberikan dan diakuinya hal tersebut merupakan suatu kehormatan dan sekaligus ujian untuk membuktikan apa yang diberikan Harian Waspada bisa diwujudkan di daerah masing-masing.

“Memang pandemi belum berakhir, tapi pandemi ini mengajarkan kita semua untuk digitalisasi segala kegiatan. Dan Harian Waspada juga sudah melompat ke depan dengan menyiapkan sebaik-baiknya portal nya Waspada.id. Kami ucapkan selamat untuk kehadirannya dan sukses ke depannya dengan memberikan berita cepat dan akurat,” tuturnya. (h01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2