Waspada
Waspada » 10 Wisatawan Asing Diperiksa Di Dermaga Singkil
Headlines

10 Wisatawan Asing Diperiksa Di Dermaga Singkil

PARA wisatawan asing saat menjalani pemeriksaan Tim PORA di Dermaga Pulo Sarok Singkil, Jumat (6/3). Waspada/Arief H
PARA wisatawan asing saat menjalani pemeriksaan Tim PORA di Dermaga Pulo Sarok Singkil, Jumat (6/3). Waspada/Arief H

SINGKIL (Waspada): Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Aceh Singkil melakukan pemeriksaan terhadap wisatawan asing yang hendak memasuki Kepulauan Banyak, Jumat (6/3).

Sepuluh warga negara asing (WNA) dengan tujuan wisata ke Pulau Palambak dan Pulau Sikandang Kepulauan Banyak itu, diperiksa saat hendak menyeberang, melalui Dermaga Pulo Sarok Kec Singkil Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Para wisatawan asing itu masing-masing berasal dari negara Republik Ceko dan 3 kewarganegaraan Polandia dengan tujuan wisata Pulau Palambak.

Sementara enam lainnya berasal dari negara Slovensca, Polandia dan 4 orang dari Cheko tujuan Pulau Sikandang.

Kabid Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Bakesbangpol Kab Aceh Singkil Mardiah mengatakan, Tim PORA akan terus melakukan pengawasan terhadap para wisatawan asing yang akan memasuki objek wisata di Kabupaten Aceh Singkil.

Dalam pemeriksaan dan pengecekan identitas WNA tersebut, Tim PORA turut mendata tujuan masuk dan kapan akan berakhir kunjungan mereka.

Saat diperiksa para WNA itu juga menunjukkan Surat Kesehatan yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan yang berwenang dari negara masing-masing.

Disamping itu, saat diintrogasi para WNA ini juga mengaku diperiksa ketika memasuki bandara Kuala Namu Medan, sebelum menuju Aceh Singkil.

“Mereka bawa sertifikat kesehatan dari negaranya dan pemeriksaan di Bandara. Sehingga dipastikan mereka sehat dan aman dari virus Corona,” ucap Mardiah.

Usai pemeriksaan para WNA langsung menyeberang ke Pulau Banyak dengan Kapal Motor Ella Rezeki.

Pemeriksaan dilakukan sebagai upaya pencegahan deteksi dini dan cegah dini dalam rangka mengantisipasi terjadinya penularan dan penyebaran lebih lanjut terkait wabah virus Corona, sesuai surat himbauan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor: 300/1514/POLPUM, yang ditujukan kepada seluruh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sehingga perlu dilakukan langkah-langkah dan upaya penanggulangan wabah virus Corona (Covid-19).

Termasuk terus memberikan informasi dan pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket) serta terus melaporkan perkembangan situasi dan kondisi tersebut, yang disampaikan kepada Mendagri c.q Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum.

Mardiah juga menyebutkan, kegiatan pengawasan yang dilakukan masih belum maksimal dilakukan.

Lantaran anggaran yang diplotkan untuk Tim PORA saat ini masih terbatas dan sangat jauh memadai, untuk turun langsung pengawasan keseluruh lokasi tujuan wisata di Pulau Banyak.

“Sehingga perlu anggaran yang memadai guna tugas yang maksimal”, tambahnya.

Selain dari Badan Kesbangpol, pemeriksan turut didampingi, Camat Pulau Banyak Barat, Mawardi, Personel Pos TNI AL Aceh Singkil, Dinas Pariwisata Aceh Singkil, personel TNI Kodim 0109/Singkil serta Dinas Perhubungan Aceh Singkil. (cah)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2