Gubsu Buka Sidimpuan Expo 2019

P.SIDIMPUAN (Waspada): Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Aspan Sofian Batubara secara resmi membuka Sidimpuan Expo 2019, yang digelar dalam ranga memperingati hari ulang tahun Pemko Padangsidimpuan ke-18 di Alaman Bolak Padang Nadimpu, Rabu (16/10).

Gubsu Buka Sidimpuan Expo 2019
Kadis PMD Sumut tinjau stand Sidimpuan Expo 2019 bersama Wali Kota, Wakil Wali Kota, Ketua DPRD dan Kapolres Sidimpuan. (Waspada/Sukri Falah Harahap)

Dalam sambutan tertulis dibacakan Aspan Sofian Batubara, Gubsu Edy Rahmayadi menyebut Sidimpuan sebagai kota yang tidak terpisahkan dari segala perkembangan dan pembangunan yang dilakukan Pemprov Sumatera Utara. 

Gubsu berharap Kota Padangsidimpuan sebagai satu-satunya kota di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) bisa lebih maju, bersinar, dan terdepan dalam mewujudkan Sumut Bermartabat. 

“Saya yakin Sidimpuan ini bisa berkembang pesat. Tinggal seperti apa cara pemimpinnya memanfaatkan potensi yang ada. Misalnya, menjadikan kota ini pusat perekonomian, jasa, dan pusat pendidikan bagi daerah sekitarnya,” kata Gubsu.

Di kesempatan itu Gubsu menjelaskan berbagai program yang dijalankan saat ini. Seperti mendorong pertumbuhan investasi, pengembangan potensi wisata, pemberdayaan usaha mikro kecil menengah dan industri kreatif masyarakat.

“Pameran atau expo seperti ini harus dipersering lagi. Selain mengenalkan hasil industri kreatifitas masyarakat lokal, juga mampu menarik minat pemerintah serta masyarakat daerah sekitar. Dengan begitu perputaran ekonomi di kota ini semakin membaik,” ujarnya.  

Wali Kota Irsan Efendi Nasution berterimakasih atas perhatian Pemprov Sumut ke Pemko Padangsidimpuan. Pihaknya telah merencanakan pagelaran expo ini secara rutin dan berkesinambungan. Tidak hanya pada saat HUT, tapi juga di berbagai momen lainnya.

“Kami berharap expo ini mampu mengenalkan potensi dan memasarkan produk lokal yang ada di Sidimpuan kepada masyarakat luas. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian pelaku usaha dan tentunya Pendapatan Asli Daerah,” jelas Irsan.

Kegiatan dilanjutkan pemotongan pita di pintu masuk lokasi expo dan peninjauan stand peserta. Hadir Wawako Arwin Siregar, Ketua Sementara DPRD Siwan Siswanto, Kapolres Sidimpuan AKBP Hilman Wijaya, Kajari, Ketua TP PKK, pimpinan OPD dan lainnya.

Menurut panitia pelaksana, kegiatan Sidimpuan Expo 2019 ini akan berlangsung  sampai Minggu (20/10). Pantauan di lokasi, stand peserta menampilkan berbagai hasil kerajinan dan kreatifitas yang bukan hanya diciptakan pelaku industri dan usaha kecil, tetapi juga siswa SMP dan SMK sederajat. (a27)