Grab Dan Gojek Dilarang Masuk, Puluhan Ojol Geruduk Simpang Cingwan

BELAWAN (Waspada): Puluhan driver ojek online (Ojol) Grab dan Gojek secara tiba-tiba mendatangi Jl. KL Yos Sudarso Km 14,8 Simpang Cingwan Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan, Kamis (21/11) sekira pukul 11:00. Pasalnya, para Ojol tersebut mengkomplain tulisan 'Grab/Gojek Dilarang Masuk' menggunakan cat warna merah di dinding rumah warga dan tindakan pelarangan yang diduga dilakukan oleh para ojek umum yang mangkal di Simpang Cingwan.

Salah seorang Ojol bernama Ahmad, 31, warga Kecamatan Medan Marelan yang ikut dalam aksi penggerudukan itu mengaku kedatangan mereka ke simpang Cingwan ingin mempertanyakan maksud dari tulisan itu. "Kami (Ojol) mau tau, maksud dari tulisan itu, kenapa kami tidak boleh masuk mengantar dan membawa pelanggan dari wilayah ini," kata Ahmad.

Ahmad juga menambahkan, beberapa waktu lalu salah seorang driver Ojol pernah dipaksa menurunkan konsumennya saat mengangkat orderan dari kawasan itu. "Kawan kami pernah diperintah oleh seseorang untuk membatalkan orderan dari pelanggan yang ada di kawasan itu," cerita Ahmad.

Seorang warga sekitar, Wanto, 27, mengatakan bahwa menurut pembicaraan para ojol tadi, mereka pernah saat menjemput pelanggan yang mengorder dan pelanggan tersebut disuruh turun dari sepeda motor Ojol oleh ojek biasa. "Iya tadi mereka (Ojol) ngomong, kalau mereka pernah dilarang menerima orderan dari pelanggan di wilayah situ, maka nya mereka datang kemari untuk mempertanyakan soal pelarangan tersebut," tambah Wanto.

Menurut, dirinya tidak mengetahui siapa dan kapan pelarangan itu ditulis di dinding rumah warga. Petugas Bhabinkamtibmas Polsek Medan Labuhan dan Babinsa Koramil setempat yang turun ke lokasi menenangkan situasi sekaligus menjamin kepada para Ojol untuk bebas mengantar jemput pelanggannya di kawasan Cingwan tanpa ada pelarangan. Setelah mendengar pernyataan dari petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa Koramil, para Ojol membubarkan diri dengan tertib dan beranjak meninggalkan Simpang Cingwan. (h04)