Waspada
Waspada » Koran Waspada Masih Menjadi Primadona
Features Headlines

Koran Waspada Masih Menjadi Primadona

PENGUNJUNG Warkop Pangkalan di 'kota minyak' Pangkalansusu tampak serius membaca koran Waspada. Koran Waspada Masih Menjadi Primadona. Waspada/Asrirrais
PENGUNJUNG Warkop Pangkalan di 'kota minyak' Pangkalansusu tampak serius membaca koran Waspada. Koran Waspada Masih Menjadi Primadona. Waspada/Asrirrais

Di tengah pesatnya perkembangan media sosial dan media online, tapi koran Harian Waspada masih tetap menjadi primadona pembaca hampir di seluruh warung kopi di daerah ‘kota minyak’ Pangkalansusu.

Untuk mendapatkan informasi yang aktual dan terpercaya, kehadiran koran Waspada setiap paginya masih ditunggu kalangan pembaca setianya, baik di warung kopi (Warkop) yang berada di seputar kota, hingga Warkop di pinggiran kota, seperti di Simpang Sei. Siur.

Awaluddin, salah seorang pemilik Warkop Pangkalan di Jl. Tambang Minyak saat ditemui mengatakan, dari dahulu sampai sekarang ini hampir seluruh Warkop yang ada di kota ini tetap berlangganan Waspada. “Waspada sudah melekat di hati pembaca,” katanya.

Pria bertubuh kurus ini menuturkan, almarhum orangtuanya dahulu berlangganan Waspada selama puluhan tahun. Sejak orangtuanya tiada, Awaluddin meneruskan berlangganan hingga sampai sekarang, ia seakan tidak dapat melepas ikatan batin bersama koran ini.

Baginya, berlangganan koran Waspada sudah menjadi turun temurun. “Saya sendiri sudah 35 tahun lebih berlangganan Waspada,” kata pria berdarah Aceh itu sambil menyeduh kopi panas untuk disajikan kepada pembeli dari berbagai kalangan strata sosial yang berbeda.

Setiap pagi, Warkop milik Awaluddin selalu dipenuhi penikmat kopi dan teh. Mereka dari berbagai latar belakang sosial yang berbeda. Mulai dari pengusaha, PNS, pegawai BUMN, sampai tukang beca berbaur.

Salah seorang pengunjung Warkop Pangkalan, Ridho Ginting mengatakan, sejak ia menjadi PNS sampai memasuki masa pensiun ia tetap membaca Waspada dan hingga kini, diakuinya ia tidak bisa berpaling dengan media lain. “Ini benar adanya, bukan karena di depan adinda,” katanya.

Menurut mantan tenaga pendidik yang kini menjabat Kades Alur Cempedak itu, tata bahasa Indoensia dalam tulisan sudah sangat baik sesuai dengan kaidah EYD (ejaan yang disempurnakan) dan konten pemberitaan juga akurat dan terpercaya. “Berita-berita yang disajikan tidak asal dan sudah terverifikasi kebenarannya,” kata Ginting.

Hal senada juga disampaikan salah seorang tokoh pemuda di Pangkalansusu, Syaiful Amri. Ia mengaku, meskipun perkembangan media online saat ini begitu pesat, namun baginya, informasi terasa belum lengkap kalau belum membaca Waspada.

Isi pemberitaan Waspada, menurutnya, sangat komplit, yakni mulai mengulas masalah politik, masalah pendidikan, budaya, agama, ekonomi, olah raga, parawisata, hingga berita intertain (hiburan). “Pokoknya informasi yang disajikan membuat kita terpuaskan,” imbuhnya.

Di beberapa negara Eropa, media massa cetak ada yang masih tetap eksis bertahan tanpa mengalami dampak di tengah ekspansi media online. Malah, masyarakat pembaca masih tetap setia berlangganan koran di tengah serbuan media online.

Direktur Tempo Institute, Qaris Tajudin, dalam perbincangan bersama Waspada.id beberapa waktu lalu mengatakan, media massa cetak di Belanda dan Jerman masih tetap eksis hingga kini.

Di Jerman, budaya baca masyarakat cukup tinggi. Media cetak masih menjadi primadona kalangan pembaca, karena konten-konten di media sosial memuat tulisan yang pendek atau singkat. Warga di negara Adolf Hitler ini, lanjutnya, memiliki budaya baca yang tinggi.

Media di Jerman, kata Qaris Tajudin, selalu mencari isu yang paling menarik dan diulas secara komprehensif dengan mengkonfirmasi kepada sejumlah narasumber terkait untuk disuguhkan secara lengkap kepada pembaca.

Koran Waspada yang pada tanggal 11 Januari memasuki usia ke-74 diharap bisa tetap eksis sepanjang massa. Di tengah persaingan antar media yang sangat ketat, Waspada diharap bisa terus menyajikan karya jurnalistik yang selalu ditunggu pembaca yang setianya. (a10)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2