Khasiat Kelapa Bakar Mbak Nur Yang Banyak Diburu, Hingga Tak Terlayani Selama Ramadhan

  • Bagikan

KELAPA Muda hijau masih menjadi minuman favorit selama Ramadhan. Ternyata, kelapa muda ini lebih banyak lagi khasiatnya jika dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan.
Dengan menikmati minuman hangat kelapa bakar ini, merupakan salah satu tips menjaga kesehatan tubuh dan terjauh dari risiko zat kimia.
Tidak hanya dengan minum jamu maupun bandrek, kelapa muda bakar ini juga sangat baik untuk menghangatkan tubuh dan mencegah dari masuk angin.
Saat musim hujan sebelum memasuki Ramadhan terlihat Mbak Nur sibuk melayani beberapa orang pembeli kelapa bakar. Dengan cekatan tangan mungilnya membalik-balikkan kelapa bakar dari dalam sebuah drum yang sudah dibelah dan berisi bara api.
Dengan membuka tutup drum, Mbak Nur mengangkat sebuah kelapa hijau yang telah berubah warna jadi menghitam. Dengan tangan mungilnya itu, Mbak Nur terlihat sangat cekatan menebas bagian kulit kuncup serta bagian bawah kelapa dan melubanginya, yang kemudian memasukkan campuran rempah-rempah alami hasil alam Indonesia itu.
Jika hendak diminum di tempat, kelapa tersebut harus didiamkan sekitar 15 menit. Selain agar khasiat rempah-rempahnya yang meresap dengan air kelapa, sekaligus agar kelapa bakar tidak terlalu panas dinikmati.
Aroma segar buah kelapa yang khas pun keluar menyebar saat tutup batok kelapa dibuka.
Terkadang tak sabar para pembeli yang hendak menikmati dan langsung menyeruputnya dengan pipet. Namun sayangnya air kelapa itu dibuang lagi kelantai. Lantaran hawa panas air kelapa yang masih tersimpan awet didalam tempurung kelapa tersebut.
“Ada kelapa bakar mbak,” tanya beberapa pelanggan Mbak Nur yang hendak memesan buah kelapa yang sudah dibakar.
“Maaf bang selama Ramadhan ini sementara kosong dulu, karena kelapa sering kurang untuk kelapa muda yang biasa. Gak terlayani juga harus membakar dulu bang, ini pun sudah repot,” ucap Mbak Nur salah satu pedagang kelapa muda dan kelapa bakar, yang mangkal persis di depan lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Pulo Sarok Singkil, saat disambangi Waspada.id, Minggu (17/4).
Nurjanah yang lebih akrab dengan panggilan Mbak Nur, 30, itu mengaku banyak permintaan kelapa bakar selama Ramadhan ini.
Namun, jika banyak stok kelapa, bisa disempatkannya untuk dibakarkan, karena sudah langganan tetap jadi harus juga dilayani. Tapi kalau stok kelapa sedikit tidak berani, karena untuk kelapa murni kekurangan barang.
“Tidak sempat mengolahnya, karena membakarnya 3 sampai 4 jam. Apalagi kami sudah sibuk melayani pembeli kelapa muda murni. Jadi kelapa bakar tak terlayani,” ujarnya
Disebutkannya kelapa bakar ini paling laris saat musim hujan. Karena disajikan dengan racikan rempah-rempah alami yang memberikan kehangatan dan kesehatan tubuh. Mulai dari serai, jahe, gula merah, gula batu, kayu manis dan beberapa sendok madu.
Satu buah kelapa bakar ini dijualnya dengan harga Rp15 ribu. Saat hari biasa kelapa bakar ini hanya laku sekitar 10 buah.
Namun saat bulan puasa bisa mencapai 50 buah kalau mampu terlayani semua permintaan.
Mbak Nur menjelaskan, usaha kelapa bakarnya itu baru digelutinya selama setahun belakangan ini.
Dirinya terinspirasi hendak menjual kelapa bakar ini muncul bermula dari tontonan di you tube yang memberikan tutorial membuat kelapa bakar dan manfaatnya. “Alhamdulillah ketika saya coba dengan modal menempah drum untuk membakar, ternyata banyak yang suka dan laris manis terjual,” ucap Mbak Nur.
Untuk khasiatnya disebutkannya, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah masuk angin, mengatasi batu ginjal, mengatasi diabetes, mempercepat kehamilan, menurunkan tekanan darah tinggi, menghilangkan pegal linu dan sakit kepala dan bisa menambah kesehatan vitalitas.
“Untuk buat kelapa bakar ini yang cocoknya jangan kelapa yang terlalu muda, tapi yang agak mendekati setengah tua, karena bila yang terlalu muda daging degan nya mengambang dan berserak,” terangnya
Sementara Khairuman, salah satu pelanggan tetap Mbak Nur kepada Waspada.id mengatakan, bagusnya kelapa bakar diminum menunggu hangat, tapi jangan sampai terlalu dingin kali, khasiat jahe dan serainya langsung terasa ditubuh.
“Enak dan segar kali, biasanya kalau saya susah tidur jadi nyenyak tidur jika telah minum kelapa bakar ini,” bebernya.
Kadang kalau badan saya pega-pegal, kepala agak berat terasa sakit, saya minum aja kelapa bakar ini, khasiat langsung terasa, tubuh terasa fit kembali dan enak tidur, ucapnya.

Arief Helmy

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.