Waspada
Waspada » Tak Pernah Berfungsi, Halte Bus Mebidang Medan-Belawan Itu Kini Tinggal Bekas
Features

Tak Pernah Berfungsi, Halte Bus Mebidang Medan-Belawan Itu Kini Tinggal Bekas

HALTE bus jurusan Medan-Belawan di Jl. KL Yos Sudarso simpang Seruwey Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan tampak hancur dan kini tinggal bekas. Waspada/Ist
HALTE bus jurusan Medan-Belawan di Jl. KL Yos Sudarso simpang Seruwey Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan tampak hancur dan kini tinggal bekas. Waspada/Ist

KEBERADAAN halte bus Rapid Trans (BRT) Medan-Binjai-Deliserdang (Mebidang) jurusan Medan-Belawan, yang dioperasikan sejak 2013 lalu hingga 2020, itu kini tinggal bekas. Hanya pertapakan saja yang kini terlihat.

Bak peninggalan situs bersejarah yang perlu dilestarikan, bekas halte bus yang ada di Jl KL Yos Sudarso simpang Seruwey Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan dan Jl. KL Yos Sudarso simpang gudang arang Kecamatan Medan Belawan, kini terlhiat seperti sebuah fondasi.

Atau bekas-bekasnya saja yang terlihat sekaligus menandakan bahwa di lokasi tersebut pernah berdiri halte bus yang tidak pernah digunakan hingga bangunannya lenyap ditelan masa.

Awalnya,  tahun 2013 hadir kabar gembira buat masyarakat Kota Medan dan sekitarnya.

Pemprov Sumut bekerja sama dengan Pemko Medan, Pemko Binjai dan Pemkab Deliserdang memproyeksikan anggaran Rp 4,4 miliar untuk pembelian bus dan pembangunan halte bus Rapid Trans (BRT) Medan-Binjai-Deli serdang (Mebidang).

Bus ini pun diproyeksikan untuk menjawab permasalahan kemacetan di Kota Medan, sehingga masyarakat beralih menggunakan angkutan umum dan meninggalkan kendaraan pribadi yang membludak di jalan raya.

Untuk mendukung kelancaran proyek tersebut, sejumlah halte bus pun dibangun.  Ironisnya, pembangunan halte bus sudah rampung namun bus yang diharapkan beroperasi tak terwujud.

Belum Pernah Melintas

Setahun lebih berlalu dan saat-saatnya yang ditunggu oleh masyarakat tiba, tepatnya mulai 6 November 2015 bus Rapid Trans MEBIDANG resmi beroperasi.

Namun, sayang dari pengamatan wartawan, hingga saat ini belum pernah sekalipun bus Mebidang melintas di wilayah Medan Belawan.

Bahkan, dari penelusuran Waspada, Selasa (22/12), dua buah halte bus Mebidang yang berada di Jl Yos Sudarso simpang Seruwe, Kel. Pekan Labuhan, Kec. Medan Labuhan dan Jl. Yos Sudarso sebelum simpang Kampung Salam, Kec. Medan Belawan sudah hancur dan tidak berbentuk lagi.

Meski sudah tak berbentuk lagi, namun bekas lokasi halte di Jl. KL Yos Sudarso simpang gudang arang disebut-sebut akan dibangun kembali untuk halte bus.

Trans Metro Deli. Sebagaimana diketahui, sejumlah armada Trans Metro Deli sudah lalulalang di berbagai penjuru Kota Medan untuk mengangkut penumpang.

Alwi Yusar SH,55, warga Kelurahan Titipapan Kecamatan Medan Deli mengaku kecewa mengetahui halte bus Mebidang Medan-Belawan itu kini tinggal bekas.

Apalagi, sejak kedua halte tersebut dibangun belum pernah digunakan sesuai dengan peruntukkannya.

“Halte-halte itu hancur sebelum digunakan. Hancurnya kedua halte tersebut membuktikan bahwa pemerintah tak becus mengelola proyek dan hanya mengambur-amburkan uang pemerintah saja,” sebut Alwi Yusar kepada Waspada, Selasa (22/12) di Medan Deli.

Miris

Alwi mengaku sangat miris melihatnya. Bukan sedikit anggaran yang dikeluarkan untuk membangun helte-halte tersebut, tapi sekarang nasibnya seperti itu, hancur dan meninggalkan bekas.

Alwi menyebutkan, halte tersebut dibangun sebagai sarana pendukung untuk bus Mebidang yang telah dibeli sebagai sarana mengurangi kemacetan di Kota Medan dan sekitarnya.

“Rencana mengurangi kemacetan di Kota Medan memang kita dukung, tapi jangan lah sarana pendukung yang dibangun dengan uang rakyat dibiarkan hancur tanpa pernah digunakan sama sekali,” jelasnya.

Alwi berharap, intansi terkait dapat melakukan audit dan pemeriksaan terhadap pelaksana pembangunan halte tersebut.

“Ini harus dilakukan audit dan pemeriksaan oleh pihak Kejaksaan dan Kepolisian, anggaran besar tapi sarana tak pernah dipakai,” sesal Alwi. Andi Aria Tirtayasa

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2