Waspada
Waspada » Fakir Miskin Penyandang Disabilitas Terima Zakat Dengan Linangan Air Mata
Aceh Features

Fakir Miskin Penyandang Disabilitas Terima Zakat Dengan Linangan Air Mata

Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Utara, Zulfikar mewakili Kepada Baitul Mal Tengku Yusradi Ismail, SE foto bersama dengan warga fakir miskin penyandang disabilitas Nazar Husna, Jumat (18/12) pagi. Fakir Miskin Penyandang Disabilitas Terima Zakat Dengan Linangan Air Mata. Waspada/Maimun Asnawi
Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Utara, Zulfikar mewakili Kepada Baitul Mal Tengku Yusradi Ismail, SE foto bersama dengan warga fakir miskin penyandang disabilitas Nazar Husna, Jumat (18/12) pagi. Fakir Miskin Penyandang Disabilitas Terima Zakat Dengan Linangan Air Mata. Waspada/Maimun Asnawi

SALAH satu radio di Kota Lhokseumawe mengumumkan agar masyarakat fakir dan miskin yang hidupnya melarat, melaporkan diri kepada geusyiek (kepala desa) dan camat tempat tinggal masing-masing agar mendapatkan bantuan zakat dari baitul mal. Namun apabila kuota zakat di sana tidak tertampung, fakir dan miskin yang benar-benar melarat dapat langsung datang menjumpai Kepala Baitul Mal Aceh Utara di Kota Lhokseumawe.

Berbekal informasi tersebut, Jumat (18/12) pukul 10:00 WIB, Nazar Husna, ibu satu anak, penyandang disabilitas (tuna netra) bersama adik kandungnya Salwah yang juga merupakan warga fakir dan miskin berangkat dari gampong tempat tinggalnya di Alue Jamok, Kecamatan Baktiya dengan menumpang angkutan umum.

Sampai di Simpang Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe mereka turun dari mobil angkutan dan melanjutkan perjalan ke Baitul Mal Aceh Utara dengan menumpang becak mesin. Tepat pada pukul 10:00 WIB keduanya tiba di Kantor Baitul Mal Aceh Utara. Petugas baitul mal mengarahkan kedua warga fakir dan miskin itu naik ke lantai dua.

Di sana, Nazar Husna dan Salwah bertemu dengan Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Utara, Zulfikar. Nazar Husna yang tuna netra itu Curhat kepada orang nomor dua di rumah harta milik Aceh Utara itu, bahwasannya kondisi kehidupan mereka sangat melarat bahkan rumah milik mereka telah roboh karena tidak sanggup menampung air hujan yang cukup deras beberapa waktu lalu, saat Aceh Utara dilanda banjir besar.

“Pak.. saya Nazar Husna dan ini adik kandung saya Salwah. Kami dari Gampong Alue Jamok, Baktiya. Kami dengar dari radio bahwa baitul mal ada menyediakan zakat bagi kami fakir miskin melarat. Kalau memang mungkin kami ingin mendapatkan zakat itu pak,” tutur Nazar Husna memelas.

Kepada Zulfikar, Nazar Husna menceritakan seluruh kondisi kehidupannya. Dia menyebutkan, kalau dirinya adalah ibu dari seorang anak berusia 8 tahun dari suami pertamanya. Sekarang ini dia mengaku telah menikah lagi, namun suaminya juga penyandang disabilitas (cacat kaki). Untuk mencukupi kebutuhan hidup, dia dan suaminya mengharapkan belas kasihan orang-orang yang beruntung dari sisi ekonomi. “Ada lima orang yang menjadi tanggungan kami pak,” ucapnya.

Selanjutnya, Salwah ikut bercerita kalau dia telah pernah mengirimkan proposal bantuan rumah bagi kaum fakir dan miskin ke Baitul Mal Aceh Utara beberapa waktu lalu. Dia juga menceritakan kalau tim dari baitul mal sudah pernah datang memverifikasi kebenaran dari informasi di proposal tersebut.

Mendapat informasi dari Sahrullah, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Utara langsung memanggil tim verifikasi bantuan rumah untuk wilayah Aceh Utara bagian timur. Kemudian tim mencari data yang dimaksud dan benar, kalau pihak baitul mal sudah pernah datang ke rumah mereka dan tim telah memastikan rumah tersebut dibangun pada tahun 2021.

“Sekarang rumah kami sudah ambruk pak. Rumah kami tidak sanggup menampung air hujan yang terlalu deras. Jika masih mungkin tolong kami pak,” ucap Sahrullah dengan menghiba.

Kepada Waspada.id, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Utara itu memperlihatkan foto-foto rumah tersebut. Dalam foto terlihat rumah itu berdinding tepas, beratap rumbia yang sudah dilapisi terpal, berlantai tanah. Seluruh material rumah terlihat sudah lapuk di makan usia. “Saya pastikan rumah Ibu Nazar Husna dan Sahrullah akan kami bangun pada tahun 2021. Pasti kami bantu,” ucap Zulfikar tegas.

Karena sudah tidak ada tempat tinggal, mereka saat ini mengungsi ke rumah-rumah tetangga dan ke rumah kerabat dekat. “Awal tahun 2021 rumah ini harus segera kami bangun. Mereka membutuhkan kehadiran Negara. Hidup mereka sangat memprihatinkan. Membutuhkan uluran tangan para dermawan agar mereka keluar dari kemelaratan,” ucap Zulfikar kepada Waspada.id.

Ditanya apakah geusyik dan camat di tempat tinggal mereka sengaja mengabaikannya, Nazar Husna dan Sahrullah dengan santun keduanya mengatakan, bahwa mereka tidak diabaikan sama sekali, hanya saja mereka belum sempat datang ke tempat mereka mungkin terlalu sibuk dengan persoalan penting lainnya.

Selesai mendengar semua cerita dari ke dua warga fakir dan miskin ini, Zulfikar menyerahkan bantuan zakat masing-masing mendapatkan Rp400 ribu. Saat menerima zakat itu, Waspada.id melihat kedua fakir dan miskin itu berlinangan air mata. Mereka juga sempat mendoakan, semoga para muzaki yang membayar zakat di Baitul Mal Aceh Utara semakin melimpah dan berkah rezekinya, sehingga nanti dapat membantu orang yang senasib dengannya.

“Suasana itu membuat saya ikut menangis. Sebelum pulang, saya kembali berjanji pada mereka awal 2021 rumah mereka kami bangun. Kemudian saya juga menitip salam Kepala Baitul Mal Tengku Yusradi Ismail. Hari ini Tengku Yus ada kegiatan sangat penting sehingga tidak bisa masuk kantor dan tentunya ini menjadi kewajiban saya. Setelah itu kedua warga fakir miskin ini kami antarkan untuk pulang ke Gampong Alue Jamo di Kecamatan Baktya,” terang Zulfikar dengan air mata masih membasahi pipinya.

Di akhir wawancara dengan Waspada.id, Zulfikar menyebutkan dan mengumumkan melalui Harian Waspada siapapun warga Aceh Utara yang kondisinya melarat seperti kedua wanita tadi dipastikan mendapatkan bantuan zakat Rp400 ribu. Jika nasib belum berubah, maka zakat tersebut masih dapat diperoleh pada setiap tahunnya. Waspada.Maimun Anawi, S.HI,M.Kom.I/F

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2