Waspada
Waspada » Berharap Berkah, Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto Temui Para Ulama
Aceh Features

Berharap Berkah, Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto Temui Para Ulama

KAPOLRES Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto ketika bersilahturahim ke kediaman ulama kharismatik Aceh Tgk, Ramli Ben Cut (Abati Babah Buloh) Kecamatan Sawang, Selasa (2/6). Waspada/Zainuddin Abdullah
KAPOLRES Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto ketika bersilahturahim ke kediaman ulama kharismatik Aceh Tgk, Ramli Ben Cut (Abati Babah Buloh) Kecamatan Sawang, Selasa (2/6). Waspada/Zainuddin Abdullah

SUATU kisah yang diriwayatkan oleh sahabat Ibnu Mas’ud ketika ia ditanyai oleh Rasulullah SAW; “Wahai Ibnu Mas’ud, duduklah sesaat dalam majelis ilmu, sekalipun tidak membawa alat tulis dan tidak menulis satu huruf pun. Karena itu lebih baik bagimu daripada memerdekakan seribu budak dan memandang wajah ulama lebih baik bagimu daripada sedekah dengan seribu kuda di jalan Allah, dan membacakan salam (keselamatan) kepada ulama lebih baik daripada beribadah seribu tahun”.

Karena Baginda Rasulullah Muhammad SAW bersabda; “Al Ulama’ warotsatul Anbiya” artinya Ulama’ adalah penyambung lidah nabi/pewaris nabi.

Hal itu bukan saja memiliki landasan teologis, tetapi juga landasan konstitusional. Maka sepanjang periode pemerintahan di negara Indonesia, penguasa (umara) selalu berusaha menjaga relasi yang harmonis dengan ulama.

Dalam dimensi kebangsaan, peran ulama sebagai penjaga akhlak dan moralitas bangsa. Ulama mengajarkan nilai agama yang menjadi nafas kebangsaan kita sejalan dengan sila pertama Pancasila ”Ketuhanan Yang Maha Esa” yang kemudian ditegaskan kembali dalam UUD 1945 Pasal 29 ayat (1): ”Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Berdasarkan itu, Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto usai menjalani masa isolasi 14 hari, langsung mengambil langkah pertamanya dengan mendatangi para ulama kharismatik di wilayah teritorial Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Termasuk mengantarkan bantuan sembako untuk warga dan mahasiswa Papua di Kota Lhokseumawe dan Kab. Aceh Utara.

Mantan Kasubdit 1 Ditreskrimsus Polda Sumut ini telah bersilahturahim ke sejumlah ulama kharismatik Aceh, antara lain, Kamis (28/5), bersilahturahim ke kediaman Tgk. H. Mustafa Ahmad yang akrab disapa Abu Paloh Gading Kec. Dewantara, pada Sabtu (30/5) bertemu Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Lhokseumawe di Masjid Agung Islamic Centre.

Kemudian pada Selasa ((2/6), saweu Tgk. Ramli Been Cut (Abati Babah Buloh) Kec. Sawang dan Abu Hasballah (Abu Keutapang) di Kec. Nisam Kab. Aceh Utara.

Ketika Kapolres mengantarkan bantuan masa COVID-19 ke lapangan, tentu masyarakat yang menerima bantuan akan bersimpuh mengucapkan terimakasih dan rasa syukur.

Namun sebaliknya, saat berhadapan dengan para ulama, justru Kapolres sangat menghormati dan memuliakan sosok ulama. Kapolres juga meminta berkah dan doa para ulama agar diberikan kemudahan dalam menjalankan tugasnya dan COVID–19 segera berakhir.

“Mohon doanya Abati semoga kita semua diberikan kemudahan dalam menjalankan tugas dan kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dalam menghadapi cobaan pandemi COVID–19,“ tuturnya santun.

Sebuah pameo Timur Tengah berbunyi, ‘Kuncup cinta tak boleh layu. Deburan asmara mesti menggebu. Rasa cinta adalah fitrah. Cinta ulama mengais berkah’.

Mengenal Sosok AKBP Eko Hartanto, Berikut Sepak Terjangnya Selama 17 Tahun Menjadi polisi.

Antara lain, tahun 2003 menjabat sebagai Danton Dalmas Polda DIY, tahun 2004 Kanit Patroli Polsek Banguntapan Bantul Polda DIY, tahun 2005 Kanit Reskrim Polsek Jetis Poltabes Jogyakarta Polda DIY dan tahun 2006 Danton Tar Akpol Lemdikpol.

Selanjutnya, tahun 2008 Pama Polda Sumut (Lulusan Dik PTIK Angkatan 51 TA 2008-2009), pada tahun 2009 Kasat Narkoba Polres Binjai Polda Sumut, tahun 2009 Penyelidik Intel pada Dit Intelkam Polda Sumut, tahun 2010 Kapolsek Labuhan Ruku Polres Asahan Polda Sumut, tahun 2010 Kapolsek Prapat Janji Polres Asahan Polda Sumut, tahun 2011 Kasatlantas Polres Asahan Polda Sumut, dan tahun 2013 Kanitlaka Satlantas Polresta Medan Polda Sumut.

Kemudian, tahun 2013 Kapolsekta Medan Sunggal Polresta Medan Polda Sumut, tahun 2014 Kasubbagpangkat Bagbinkar RO SDM Polda Sumut, tahun 2014 Kasubbagmutjab Bagbinkar RO SDM Polda Sumut, tahun 2016 Pamen Polda Sumut (Dik Sespimmen 2016).

Tahun 2016 Pamen SSDM Polri, tahun 2016 Kaurtu Robinkar SSDM POLRI, tahun 2017 Pamen Polda Sumut. Tahun 2017 Kasubbagmutjab Bagbinkar RO SDM Polda Sumut.

Pada 2019 Kasatreskrim Polrestabes Medan Polda Sumut, tahun yang sama Kasubdit 2 Ditreskrimsus Polda Sumut, dan tahun 2020 Kasubdit 1 Ditreskrimsus Polda Sumut.

Berikut juga beberapa tanda jasa prestasi yang pernah diraihnya, adalah tanda jasa penugasan ke luar negeri, Satya Lencana Dharma Nusa, Satya Lencana Bakti Pendidikan, Satya Lencana 8 Tahun dan Satya Lencana Bakti Sosial, Satya Lencana Jana Utama, Satya Lencana Ksatria Bhayangkara. Waspada/Zainuddin Abdullah

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2