Waspada
Waspada » Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Apresiasi J3K Gojek
Ekonomi

Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Apresiasi J3K Gojek

Head of Corporate Affairs Gojek Sumbagut, Dian Lumban Toruan menyerahkan cinderamata kepada Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumatra Utara, dr. Aris Yudhariansyah, di sela kegiatan Kopdar bersama mitra di lokasi Posko Aman J3K Gojek Medan, Jl. Gagak Hitam (Ring Road) Medan, Kamis (26/11).
Head of Corporate Affairs Gojek Sumbagut, Dian Lumban Toruan menyerahkan cinderamata kepada Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumatra Utara, dr. Aris Yudhariansyah, di sela kegiatan Kopdar bersama mitra di lokasi Posko Aman J3K Gojek Medan, Jl. Gagak Hitam (Ring Road) Medan, Kamis (26/11).

MEDAN (Waspada): Satgas Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi langkah Gojek yang sigap dalam melakukan antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 terhadap mitra dan konsumennya dengan menerapkan inisiatif J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan, Keamanan).

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, dr. Aris Yudhariansyah, dalam acara Kopdar NyAman Gojek bersama mitra dengan tema tema Pentingnya Tetap Menjaga Protokol Kesehatan untuk Memutus Mata Rantai Covid-19, di Posko Aman J3K Gojek Medan, Jl. Gagak Hitam (Ring Road) Medan, Kamis (26/11).

Aris Yudhariansyah berharap, langkah yang dilakukan Gojek ini diikuti seluruh pelaku usaha lainnya. Dia juga mengimbau agar masyarakat Sumut khususnya Kota Medan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 3 M (Mencuci tangan, Memakai Masker, Menjaga jarak aman) meskipun angka kesembuhan di Sumut tinggi.

“Saya tetap mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan prokes 3M di kehidupan sehari-hari mereka. Meskipun angka kesembuhan kita tinggi namun angka kematian di Sumut juga tinggi sekitar empat persen (sekitar 600 orang),” ujarnya.

Disebutkannya, Virus Covid-19 banyak menyerang laki-laki usia 45 tahun ke atas, maka saya anjurkan agar para mitra GoRide untuk selalu menjaga prokes dengan baik. Meskipun bisa sembuh, namun jika memiliki penyakit penyerta seperti ginjal, diabetes dan sebagainya dapat berakibat fatal.

“Jadi wajib untuk mengaplikasikan prokes 3M dalam kehidupan sehari-hari. Terkait pelaksanaan KPAB ini, saya juga mengapresiasi Gojek karena dengan KPAB ini dapat menyuarakan kepada masyarakat pentingnya Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan (J3K) di tengah pandemi ini sehingga meminimalisir penyebaran Covid-19 lebih luas,” tegas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut ini.

Dukung Pencegahan Covid-19

Sementara itu, Head of Corporate Affairs Gojek Sumbagut, Dian Lumban Toruan mengatakan, memasuki tahap adaptasi kebiasaan baru, Gojek sebagai super app terdepan memperkuat komitmen untuk mendukung pencegahan Covid-19 dengan memperkenalkan inisiatif Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan (J3K).

Upaya ini untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi pelanggan di tengah pandemi global Covid-19. Inisiatif ini diwujudkan antara lain dalam bentuk Posko Aman J3K dan Zona NyAman J3K.

“Inisiatif ini diwujudkan antara lain dalam bentuk Posko Aman J3K, Zona NyAman J3K dan penerapan J3K dalam layanan GoFood,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Posko Aman J3K diperuntukkan bagi mitra driver GoRide dan GoCar, di antaranya mewajibkan pengecekan suhu tubuh bagi mitra driver di Posko Aman J3K, sebagai check point protokol kesehatan dan kebersihan mitra driver Gojek. “Jika tidak hadir ke posko ini, maka secara sistem driver kami tidak bisa on bid,” sebutnya.

Sedangkan untuk Zona NyAman J3K, diperuntukkan bagi konsumen dan mitra Gojek, dimana konsumen dan mitra dapat dicek suhu tubuhnya, membersihkan tangan dengan hand sanitizer atau wastafel yang disediakan agar terbebas dari resiko kontaminasi yang mungkin terjadi.

“Konsumen mendapatkan masker dan penutup kepala yang dibagikan personel kami. Personel kami juga akan menyemprotkan disinfektan ke helm serta handle pintu GoCar yang ditumpangi. Fasilitas tersebut dapat digunakan secara gratis,” jelasnya.

Untuk lokasi Zona NyAman Gojek Medan terdapat di Manhattan, Cambridge, Bandara Kualanamu, Ringroad Point, Pajak Kedan, Foodcourt Gajahmada, dan Pajak USU.

Sementara, untuk penerapan J3K dalam layanan GoFood, sejak awal pandemi, GoFood sigap memberlakukan standar yang ditetapkan melalui ‘Pedoman Produksi dan Distribusi Makanan Olahan pada Masa Status Darurat Kesehatan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia.

“Ada 6 langkah kebersihan dan keamanan makanan yang diterapkan GoFood, yaitu penggunaan masker bagi seluruh karyawan; pengecekan suhu tubuh karyawan secara rutin; penggunaan segel pengamanan makanan, memberikan jarak antrian bagi para mitra driver dan pelanggan; sterilisasi area restoran dan disinfektan secara berkala; dan menyediakan tempat cuci tangan dan sabun cuci tangan,” jelasnya. (m31)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2