Waspada
Waspada » Samsung Electronics Perkenalkan Neo QLED, MICRO LED dan Lifestyle TV 2021
Ekonomi Teknologi

Samsung Electronics Perkenalkan Neo QLED, MICRO LED dan Lifestyle TV 2021

JAKARTA (Waspada) : Samsung Electronics Co., Ltd. hari ini meluncurkan portofolio Neo QLED, MICRO LED, dan jajaran Lifestyle TV 2021 pada acara First Look menjelang CES 2021, pertama kalinya diadakan secara virtual. Lini baru ini menggarisbawahi komitmen Samsung terhadap aksesibilitas, keberlanjutan, dan inovasi dengan berbagai kemajuan teknologi terbaru yang mendefinisikan kembali peran televisi di rumah konsumen.

“Dalam setahun terakhir, kita menyaksikan bagaimana teknologi memegang peranan sangat penting dalam membantu kita menjalani hari demi hari dan dapat tetap terhubung satu sama lain,” jelas JH Han, President of Visual Display Business, Samsung Electronics. “Komitmen kami untuk masa depan yang inklusif dan berkelanjutan sejalan dengan upaya kami yang tiada henti untuk menghadirkan inovasi guna memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah – mulai dari mengurangi jejak karbon produk kami, menyediakan serangkaian fitur aksesibilitas, hingga menawarkan pengalaman menonton yang tak tertandingi yang cocok dengan gaya hidup masing-masing pengguna.”

Masa Depan yang Berkelanjutan dan Dapat Diakses oleh Semua
Selama beberapa tahun ke depan, Samsung akan memulai perjalanan ‘Going Green’ dalam menyelaraskan operasi bisnis TV ke dalam program keberlanjutan jangka panjang sebagai berikut:

Mengurangi Jejak Karbon dan Meningkatkan Efisiensi Energi: Samsung berusaha untuk secara sistematis mengurangi jejak karbon secara keseluruhan dalam proses produksi TV. Perusahaan juga akan berupaya menurunkan konsumsi daya pengguna dan memakai lebih banyak bahan daur ulang di seluruh lini TV Samsung.
Desain Kemasan yang Berkelanjutan: Berangkat dari umpan balik konsumen, Samsung akan memperluas desain pemenang penghargaan ‘Eco-packaging’ ke semua Lifestyle TV 2021 dan sebagian besar lini Neo QLED 2021. Solusi berkelanjutan ini dapat membantu proses upcycle hingga 200 ribu ton boks kardus setiap tahunnya.

Dengan meminimalkan teks dan gambar grafis pada Eco-packaging, tinta berbasis minyak dari cetakan warna yang biasanya digunakan pada kardus TV dihilangkan, membantu mengurangi limbah lebih banyak lagi.
Solar Cell Remote Control: Pada tahun 2021, Samsung TV akan hadir dengan remote control bertenaga surya yang dapat diisi ulang dengan cahaya indoor dan outdoor, atau USB – inovasi pertama di jenisnya untuk Samsung. Inovasi ini akan membantu mencegah timbulnya limbah dari sekitar 99 juta baterai AAA dalam jangka waktu tujuh tahun. Untuk membuat remote ini, Samsung melakukan inovasi pada proses manufaktur dengan memanfaatkan plastik dari botol daur ulang –termasuk didalamnya 24% komponen daur ulang.

Fitur aksesibilitas Samsung di 2021 – kini tersedia di semua model QLED dan Neo QLED 2021 – menghadirkan kemajuan terbaru dalam teknologi dan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu lebih banyak orang menikmati pengalaman TV dengan nyaman. Jajaran produk 2021 menambahkan beberapa fitur baru seperti Caption Moving, Sign Language Zoom dan Multi-Output Audio, memberikan kemudahan bagi konsumen yang memiliki gangguan pendengaran, tuna rungu, low vision, dan tuna netra untuk mengoptimalkan tampilan sesuai kebutuhan dan preferensi mereka. Pada tahun 2022, Samsung berkomitmen untuk memperluas fitur Voice Guide yang menyediakan panduan audio untuk penyandang tuna rungu dan low vision. Samsung akan terus mengembangkan fitur-fitur baru berbasis AI untuk meningkatkan aksesibilitas TV Samsung di tahun-tahun mendatang.

Neo QLED, Sebuah Lompatan Besar dalam Teknologi Layar TV
Samsung memperkenalkan teknologi layar yang sepenuhnya baru, Neo QLED, pada model flagship 8K (QN900A) dan 4K (QN90A). Samsung mengangkat QLED ke level berikutnya berkat sumber cahaya baru, Quantum Mini LED yang dikontrol secara presisi dengan Quantum Matrix Technology dan Neo Quantum Processor, prosesor gambar bertenaga yang dioptimalkan untuk Neo QLED.

Samsung merancang Quantum Mini LED dengan tinggi hanya 1/40 dari LED konvensional. Alih-alih menggunakan lensa untuk menyebarkan cahaya, dan paket untuk mempertahankan posisi LED di tempatnya, Quantum Mini LED memiliki lapisan-lapisan mikro yang sangat tipis yang diisi dengan lebih banyak LED. Quantum Matrix Technology memungkinkan kontrol yang sangat halus dan presisi dari LED-LED yang padat tersebut, mencegah blooming — dan memungkinkan pemirsa untuk menikmati konten sebagaimana dimaksud pembuatnya.

Neo QLED meningkatkan skala luminance menjadi 12-bit dengan 4096 langkah; membantu membuat area gelap menjadi lebih gelap dan area terang menjadi lebih cerah, menghasilkan pengalaman HDR yang lebih presisi dan imersif. Neo QLED mendapatkan keuntungan dari Neo Quantum Processor milik Samsung yang kuat dengan kemampuan upscaling yang telah ditingkatkan. Dengan menggunakan hingga 16 model jaringan neural yang berbeda, masing-masing memiliki kemampuan AI upscaling dan teknologi deep learning, Neo Quantum Processor dapat mengoptimalkan kualitas gambar menjadi 4K dan 8K terlepas dari kualitas sumbernya.

Samsung Neo QLED 8K 2021 memiliki Infinity One Design baru — layar nyaris bezel-less yang memberikan pengalaman menonton lebih imersif lagi, dengan desain dan form factor yang ramping. Slim One Connect Box hadir pada Neo QLED 8K – sistem manajemen kabel baru yang dapat disambungkan ke bagian belakang TV, memungkinkan instalasi lebih mudah dan tampilan lebih estetis. Neo QLED 8K 2021 juga menghadirkan beberapa fitur audio premium untuk memenuhi ruangan; suara dinamis Object Tracking Sound (OTS) Pro yang mengikuti pergerakan obyek di layar, dan SpaceFit Sound yang mampu menganalisis lingkungan fisik di sekitar TV dan mengeluarkan suara imersif yang disesuaikan khusus dengan ruangan tersebut.

Neo QLED 8K dan 4K 2021 menawarkan berbagai fitur cerdas yang memperbesar peran TV dan membantu konsumen memenuhi kebutuhan mereka yang terus mengalami perkembangan dalam hal kebugaran, hiburan, dan home office.

Samsung Health dengan mudah mengubah rumah menjadi gym pribadi, dan fitur terbaru Smart Trainer mampu melacak dan menganalisis postur tubuh secara real time, layaknya pelatih pribadi. Selama dan setelah latihan, Smart Trainer akan memberikan umpan balik tentang pose tubuh, membantu menghitung repetisi, dan memperkirakan kalori yang terbakar. Melalui video dan pelatihan interaktif melalui kontrol suara Bixby, Samsung Health Smart Trainer meningkatkan dan berikan pengalaman latihan olahraga lebih personal di rumah.

Dengan dua fitur eksklusif baru, Samsung menghadirkan pengalaman gaming terbaik di TV. Super Ultrawide GameView memberi gamer opsi untuk bermain, tidak hanya pada rasio aspek 21:9 yang lebar, tetapi bahkan pada rasio ultrawide 32:9. Bidang pandang yang lebih luas memastikan gamer tidak melewatkan momen aksi apapun. Dan Game Bar memungkinkan pemain dengan cepat memantau dan menyesuaikan aspek penting permainan, seperti mengganti rasio aspek, memeriksa input lag, atau menghubungkan headset. Terakhir, FreeSync Premium Pro meminimalkan stuttering sehingga pemain menikmati kualitas gambar yang halus di sepanjang permainan.


Dengan Google Duo, konsumen dapat menggunakan ponsel mereka untuk video call berkualitas dan berkecepatan tinggi yang dapat diikuti hingga 32 orang, dengan menggunakan sistem operasi apapun. Melalui aplikasi Google Duo, pengguna dapat melakukan panggilan video langsung melalui kamera opsional yang terhubung dengan USB. Dengan solusi kamera pintar, kamera bisa mengikuti gerakan pengguna, zoom in dan zoom out secara otomatis sehingga ukuran pengguna yang nampak lebih tepat dan selalu fokus.
PC on TV pada perangkat Samsung memungkinkan konsumen untuk menghubungkan PC ke TV, memungkinkan bekerja dan belajar di rumah menggunakan layar TV dengan mouse, keyboard, dan PC yang terhubung. Pengguna juga dapat langsung mengakses MS Office 365 melalui browser web TV untuk membuat dan mengedit dokumen. Cukup instal aplikasi Easy Connection di komputer dan login ke Samsung Account, TV akan secara otomatis terhubung ke PC, membuat bekerja dari rumah menjadi lebih mulus.

Membuka Era Baru Kualitas dan Desain Gambar Menakjubkan dengan MICRO LED
Di tahun 2021, janji akan teknologi terbaru Micro LED telah ditepati. Melalui lini MICRO LED baru, Samsung membuat Micro LED tersedia dalam form factor TV tradisional untuk pertama kalinya, menghadirkan pengalaman visual menakjubkan pada layar ultra besar generasi mendatang bagi konsumen.

Tersedia dalam ukuran 110 inci, 99 inci, dan ukuran-ukuran lebih kecil pada akhir tahun, rangkaian MICRO LED terbaru menggunakan lampu LED berukuran mikrometer untuk mengeliminasi cahaya latar dan filter warna yang digunakan pada layar konvensional. Menyala sendiri, menghasilkan warna serta kecerahan yang demikian hidup melalui 24 juta LED yang dikontrol secara individual. Dan dengan Monolith Design yang menghadirkan rasio screen-to-body lebih dari 99%, yang dinikmati pengguna hanyalah kualitas gambar yang menakjubkan sepenuhnya.

Samsung telah berinovasi dengan fitur Smart TV untuk dapat memanfaatkan keunggulan dari besarnya layar Micro LED yang baru. Misalnya, konsumen dapat menggunakan fitur 4Vue(Quad View) untuk menonton empat sumber konten yang berbeda secara bersamaan di satu layar. Penonton dapat menghubungkan beberapa perangkat eksternal untuk mengikuti beberapa pertandingan sekaligus, atau streaming panduan bermain saat memainkan video game — semuanya dalam kualitas dan ukuran yang menakjubkan.
Terakhir, pengalaman audio dinamis Micro LED baru juga sama imersifnya seperti konten visualnya. Dengan Majestic Sound, menyajikan suara 5.1 channel yang menakjubkan tanpa speaker eksternal, mentransformasi ruangan manapun menjadi home theater yang mewah.

Memperkuat Portofolio Lifestyle TV Pemenang Penghargaan
Samsung turut memperkuat lini Lifestyle TV 2021 dengan desain dan form factor baru yang mencerminkan minat dan selera konsumen yang terus berkembang. Sejak diluncurkan pada 2017, The Frame telah mendefinisikan ulang TV, mengubah layar menjadi karya seni menakjubkan, dengan lebih dari satu juta unit telah terjual.

Versi 2021 dibuat berdasarkan warisan inovasi The Frame sebelumnya, menawarkan pengalaman yang lebih dapat dikustomisasi dalam bentuk lebih ramping. The Frame lebih tipis sekitar setengahnya dibandingkan versi terdahulu, serupa ketebalan bingkai foto tradisional. Opsi bezel baru yang dapat dilepas-pasang hadir dalam lima pilihan warna dan dua style berbeda-Modern dan Beveled-agar cocok dengan estetika ruangan manapun The Frame ditempatkan.

Dengan berlangganan Art Store terbaru dari The Frame, pengguna dapat menikmati lebih dari 1.400 karya yang dikurasi dengan cermat. Teknologi kurasi otomatis berbasis AI baru dari Samsung mampu menganalisis preferensi individual konsumen dengan lebih baik untuk merekomendasikan karya seni dengan lebih tepat.

Dengan pilihan kustomisasi yang hampir tak ada habisnya, portofolio Lifestyle TV Samsung termasuk The Frame, The Serif, The Sero, The Terrace, dan The Premiere, seketika meningkatkan interior rumah manapun.(m28).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2