PLN Dan PT TLE Tandatangani Berita Acara COD PLTM Batu Gajah

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara bersama dengan PT. Thong Langkat Energi (TLE) melakukan penandatanganan Berita Acara Comercial Operation Date (COD) untuk Pembangkit Listrik berbahan bakar Energi Baru Terbarukan (EBT) yakni PLTM Batu Gajah, Selasa (18/1).

Pertemuan yang dihadiri General Manager PLN UIW Sumatera Utara, Pandapotan Manurung, Senior Manager (SRM) Perencanaan, Reny Wahyu Setiaswan, SRM Distribusi Didik Wicaksono, Direktur Utama PT. Thong Langkat Energi, Anton Raharjo, Komut PT TLE Yan Biaoyan, General Manager PT TLE, Berman Pasaribu dan Komisaris PT Bina Mitra Herman Jaya berlangsung khidmat dan lancar.

PLTM Batu Gajah memanfaatkan energi air sebagai bahan penggerak untuk membangkitkan tenaga listrik dengan kapasitas 2×5 MW (Megawatt). PLTM Batu Gajah yang baru beroperasi ini berada di Desa Desa Empus dan Desa Lau Damak, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Dengan beroperasinya pembangkit ini maka akan menambah pula realisasi Pemerintah untuk menghadirkan Green Energi serta mendorong percepatan terwujudnya gerakan Zero Carbon 2060.

General Manager PLN Wilayah Sumatera Utara, Pandapotan Manurung mengatakan, selamat kepada PT. Thong Langkat Energi atas beroperasinya PLTM Batu Gajah sehingga dapat berkontribusi dalam membangun kehandalan listrik di Sumatera Utara serta menambah pembangkit dengan bauran energi ramah lingkungan.

Dia menyebutkan, keberadaan pembangkit ini juga diharapkan dapat dirasakan langsung oleh warga sekitar dengan langsung masuk pada sistem distribusi 20 kV. Selain menambah kehandalan sistem kehadiran pembangkit juga diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta mendorong efisiensi biaya pembelian tenaga listrik di Sumatera Utara.

“Saya ucapkan selamat atas selesainya pembangunan PLTM Batu Gajah (2×5 MW) di Langkat. Saya harap pembangkit ini handal dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” ujar Pandapotan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Thong Langkat Energi, Anton Rahardjo menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan PLN UIW Sumatera Utara. Meskipun dalam pelaksanaan pembangunan terdapat kendala-kendala di lapangan namun berkat koordinasi serta kolaborasi yang baik sehingga PLTM Batu Gajah dapat diselesaikan.

“Kami berharap komunikasi serta kerjasama ini dapat terus berjalan dengan baik sehingga tidak terdapat kendala dalam pengoperasiannya nanti,” tutup Anton.

Di akhir acara Pandapotan menyampaikan agar PT. Thong Langkat Energi tetap memberikan performa terbaik sehingga tetap bisa memberikan yang terbaik bagi seluruh pelanggan PLN. (m31)

  • Bagikan