Periode Lebaran BRI Siapkan Uang Cash Rp36,7 T - Waspada

Periode Lebaran BRI Siapkan Uang Cash Rp36,7 T

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada):  Sepanjang periode Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2021 PT Bank Rakyat Indonesia/BRI (Persero) Tbk., berkomitmen untuk memberikan layanan perbankan yang optimal dengan menyiapkan uang tunai/cash sebesar Rp36,7 triliun.

“Dana sebesar Rp36,7 Triliun yang dialokasikan untuk mesin ATM, CRM, dan juga untuk layanan Unit Kerja Operasional (UKO),”  kata Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M. Nugraha di dampingi SEVP Operation BRI Muhammad Syafri Rozi secara virtual di Jakarta (3/5),

Arga menyatakan perseroan akan tetap beroperasi dengan memberikan layanan terbatas pada tanggal 12 dan 15 Mei 2021. Daftar unit layanan terbatas ini dapat diakses di website resmi BRI (https://bri.co.id/layanan-terbatas).

“Uang kas yang disiapkan tahun ini meningkat sebesar 8 persen, jika dibandingkan dengan nominal realisasi tahun lalu. Hal ini disebabkan karena mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat,” jelas Arga.

Dari jumlah tersebit, sambung Arga, pihaknya juga telah mempertimbangkan adanya migrasi atau bergesernya pola transaksi nasabah BRI dari sebelumnya tunai menjadi transaksi digital atau non-tunai.

Menurutnya, layanan terbatas BRI akan hadir di 184 kantor, dimana masyarakat tetap dapat membuka rekening, penarikan dan penyetoran simpanan, setoran pinjaman, complain handling serta jual beli bank notes.

Selain itu, lanjut Arga, BRI juga tetap melayani penebusan setoran BBM/Non BBM Pertamina di 135 kantor serta Pelayanan Pick Up Service ASDP di 37 kantor.

Nasabah juga dapat menggunakan Internet Banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo.

Alternatif lainnya, masyarakat bisa ke outlet konvensional untuk mendapatkan layanan keuangan BRI diantaranya melalui 16.558 mesin ATM, 5.707 mesin CRM, dan 454 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

BTN Siapkan Rp13,4 T

Sementara itu, PT Bank Tabungan Negara/BTN (Persero) Tbk. mengalokasikan dana senilai Rp13,4 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di masa perayaan Idul Fitri 1442 H.

Corporate Secretary Bank BTN Ari Kurniaman mengatakan kenyamanan dan keamanan nasabah Bank BTN dalam bertransaksi merupakan prioritas bagi perseroan.

“Kami proyeksikan total dana tunai tersebut dapat menjamin terpenuhinya kebutuhan dana tunai nasabah Bank BTN selama 10 hari terhitung mulai 8 Mei hingga 17 Mei 2021,” tutur Ari di Jakarta kemarin.

Menurut Ari, dari total likuiditas tunai tersebut, sebanyak 40 persen atau senilai Rp5,36 triliun dialokasikan untuk pengisian mesin ATM Bank BTN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kemudian, sebanyak 60 persen atau senilai Rp8,05 triliun akan dianggarkan untuk kas pada Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, dan Kantor Kas. (J03)

  • Bagikan