Peluncuran Perdana ANEXT Bank Sebagai Bank Wholesale Digital Terbaru di Singapura

  • Bagikan

JAKARTA, ( Waspada); 6 Juni 2022 – ANEXT Bank, bank wholesale digital yang didirikan di Singapura dan anak perusahaan yang seluruhnya dimiliki oleh Ant Group, mengumumkan peluncuran perdananya hari ini. Hal ini dilakukan setelah perusahaan mendapat persetujuan untuk memulai bisnis dari Monetary Authority of Singapore (MAS) pada 2 Juni 2022. Bank digital yang berbasis di Singapura ini akan fokus pada penyediaan layanan finansial digital untuk usaha mikro, kecil dan menengah lokal dan regional, khususnya yang melakukan operasional lintas bantas untuk pertumbuhan dan ekspansi global.

Mengomentari peluncuran perdana ini, Toh Su Mei, Chief Executive Officer ANEXT Bank dan veteran industri perbankan selama lebih dari 20 tahun mengatakan: “Kami percaya ini saatnya menawarkan layanan keuangan generasi selanjutnya yang mudah dan dapat diakses oleh bisnis yang sedang berkembang. Di tengah percepatan ekonomi digital, model bisnis berubah dan beralih menjadi digital-first atau mengadopsi model hybrid. Layanan keuangan harus berkembang dan menjadi tempat bagi UKM melakukan bisnis mereka secara digital.”

“Kami berada di posisi yang tepat untuk mewujudkan visi ini, memanfaatkan teknologi dan pengetahuan Ant Group yang mendalam, bersama tim lokal kami yang mengutamakan nasabah dan berdedikasi untuk melayani komunitas UKM. Mengadopsi pendekatan terbuka dan kolaboratif, kami meyakini bekerja sama dengan mitra industri dan sektor publik untuk menyediakan layanan keuangan bagi UKM yang lebih sederhana, lebih aman dan lebih bermanfaat,” tambahnya.

Peluncuran perdana bank ini dilakukan oleh Chief Fintech Officer Monetary Authority of Singapore (MAS), Sopnendu Mohanty. Beliau mengatakan: “Langkah ini menandai tonggak lain dalam perjalanan pengembangan bank digital Singapura, upaya strategis untuk memastikan sektor perbankan tetap progresif, kompetitif secara global, serta bersemangat. Inovasi berkelanjutan dan kemampuan baru yang akan dibawa oleh bank digital tidak diragukan lagi akan menambah lebih banyak mesin pertumbuhan di sektor keuangan Singapura. MAS berharap bank digital dapat berkembang dan bersinergi dengan lembaga keuangan kami yang dinamis dan meningkatkan standar dalam memberikan layanan keuangan yang berkualitas, selain mengangkat sektor keuangan Singapura untuk lebih mendukung pertumbuhan UKM di Singapura, kawasan dan di pasar negara berkembang.”

ANEXT Bank juga menandatangani MoU dua tahun dengan Proxtera – entitas yang didukung oleh MAS, Infocomm Media Development Authority (IMDA), dan entitas sektor swasta untuk mengubah dan memungkinkan perdagangan lintas batas holistik antar UKM dan bisnis dengan membuat marketplace menjadi efisien dan dapat ditemukan secara global, dilengkapi layanan pembiayaan dan pemenuhan serta pemberdayaan UKM.

Di bawah perjanjian tersebut, kedua organisasi akan membuat dan menetapkan kerangka terbuka untuk semua lembaga keuangan yang berpartisipasi sembari menyediakan dukungan pembiayaan dan mitigasi risiko untuk UKM dan platform-platform lainnya dalam perdagangan global. ANEXT Bank juga akan menjadi bank wholesale digital pertama Proxtera di Singapura yang akan memimpin penyediaan solusi finansial untuk pembeli dan penjual di jaringan Proxtera.

Mengenai kolaborasi tersebut, Saurav Bhattacharyya, Chief Executive Officer Proxtera mengatakan: “Komitmen Proxtera adalah menyederhanakan perdagangan global untuk UKM dan mendorong mereka dengan kekuatan jaringan, memanfaatkan teknologi modern untuk meningkatkan kemampuan dalam menemukan, aksesibilitas, ketersediaan, dan keterjangkauan layanan digital yang inovatif. Kemudahan akses dan ketersediaan solusi finansial akan meningkatkan pertumbuhan bisnis dan mempercepat ekspansi UKM. Misi ini selaras dengan fokus ANEXT Bank untuk melayani UKM yang terlibat dalam operasi lintas batas. Bersama identitas digital-born ANEXT Bank serta kapabilitas dan layanan digital-first, saya yakin kami dapat mempermudah perdagangan, lebih lancar dan efisien untuk UKM.”

Sebagai bagian dari peluncuran perdananya, ANEXT Bank menyediakan pratinjau ANEXT Business Account, rekening mata uang ganda (dual-currency) dengan langkah-langkah keamanan paten termasuk verifikasi three-factor authentication serta fitur-fitur seperti remote onboarding dan bunga harian. Bank ini juga mengajak UKM untuk berbagi mengenai apa yang mereka harapkan di sektor finansial, mengenali apa yang harus dilakukan untuk mencapai tingkat sektor finansial selanjutnya dimulai dari kebutuhan UKM. Entri dan pendaftaran bagi yang tertarik untuk membuka rekening tersedia mulai hari ini lewat website ANEXT.com.sg. ANEXT Business Account akan tersedia bagi komunitas UKM mulai kuartal tiga 2022.

+++

Tentang ANEXT Bank
Didirikan di Singapura, ANEXT Bank adalah salah satu dari dua pendaftar yang sukses menerima lisensi perbankan wholesale digital dari Otoritas Keuangan Singapura. Bank ini fokus dalam penyedialan layanan-layanan finansial digital yang inovatif dan aman untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di lokal dan regional, dalam mendukung pertumbuhan dan ekspansi global mereka.

Melalui inovasi yang berpusat pada teknologi, ANEXT Bank berdedikasi untuk mempercepat perkembangan fintech dan inklusi finansial di Singapura dan kawasan. Mengadopsi pendekatan yang terbuka dan kolaboratif, ANEXT Bank meyakini untuk menggandeng mitra industri dan agensi-agensi di sektor publik untuk membekali UKM dengan layanan finansial yang lebih mudah, lebih aman, dan lebih menghasilkan.

ANEXT Bank adalah anak perusahaan yang seluruhnya dimiliki oleh Ant Group. Perusahaan ini berupaya untuk memungkinkan akses finansial dan layanan lainnya yang merata bagi seluruh konsumen dan usaha kecil melalui teknologi seperti blockchain, kecerdasan buatan (AI), keamanan, Internet of Things, dan komputasi cloud.(m28)

Peluncuran Perdana ANEXT Bank Sebagai Bank Wholesale Digital Terbaru di Singapura

Informasi selengkapnya mengenai ANEXT Bank, silakan kunjungi ANEXT.com.sg.

Tentang Proxtera
Proxtera adalah hub netral yang menghubungkan marketplace B2B, penyedia layanan, dan asosiasi dagang secara digital untuk mempermudah dan meningkatkan perdagangan untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Proxtera diluncurkan pada 2020 sebagai komersialisasi inisiatif Business sans Borders dari Otoritas Moneter Singapura (MAS) dan Infocomm Media Development Authority (IMDA) untuk meningkatkan inklusi digital dan finansial UKM di seluruh dunia. Kini, Proxtera telah live melalui 18 platform progresif di seluruh Asia dan Afrika, memiliki lebih dari 400.000 UKM di jaringannya.

Temukan lebih lanjut di  https://proxtera.com/ 

  • Bagikan