Waspada
Waspada » Pasca Gangguan Suplai Gas, Pasokan Listrik Kembali Normal
Ekonomi

Pasca Gangguan Suplai Gas, Pasokan Listrik Kembali Normal

Petugas dispatcher PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Sumut sedang melakukan pengaturan beban sistem kelistrikan di Sumatra Utara, pasca terjadinya gangguan suplai gas ke pembangkit, yang menyebabkan pasokan listrik ke sebagian pelanggan padam, Selasa (19/1).
Petugas dispatcher PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Sumut sedang melakukan pengaturan beban sistem kelistrikan di Sumatra Utara, pasca terjadinya gangguan suplai gas ke pembangkit, yang menyebabkan pasokan listrik ke sebagian pelanggan padam, Selasa (19/1).

MEDAN (Waspada): PLN memastikan pasokan listrik untuk warga Medan kembali normal, pasca terjadinya gangguan pada instalasi regasifikasi milik Perta Arun Gas (PAG) yang menyuplai gas untuk kebutuhan sejumlah pembangkit listrik di Arun dan Belawan.

Gangguan instalasi regasifikasi milik Perta Arun Gas (PAG) yang menyuplai gas untuk kebutuhan sejumlah pembangkit listrik di Arun dan Belawan, sempat membuat pasokan listrik di sebagian kawasan Medan maupun Aceh terganggu, pada Selasa (19/1) pukul 14.00 hingga kembali normal sekira pukul 23.48 WIB.

Berkat kerjasama dan koordinasi antara PLN dan Perta Arun Gas, masalah gangguan pembangkit milik PAG yang mengakibatkan terputusnya suplai gas ke pembangkit PLN dapat teratasi.

Disebutkan, dalam proses pemulihan, PAG mengalami kendala pada diesel start sehingga PLN membantu dengan mengirimkan diesel kontainer milik PLN dari PLTMG Arun 1. Sekira pukul 20.40 WIB, diesel kontainer berhasil dioperasikan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, M. Irwansyah Putra menyebutkan, untuk mengoptimalkan suplai listrik, PLN mengoperasikan seluruh pembangkit berbahan bakar minyak, sehingga pada selasa (19/1) pkl 23.48 WIB seluruh aliran listrik kembali normal.

“Dengan normalnya aliran gas yang menyuplai pembangkit Arun dan Belawan, bisa dipastikan pembangkit berbahan bakar gas bisa beroperasi penuh,” ujar Irwansyah Putra, Rabu (20/1).

Dia menambahkan, sejak awal tidak terjadi permasalahan pada sisi pembangkit. Padamnya aliran listrik tersebut karena suplai gas terganggu yang mengakibatkan mesin pembangkit tidak dapat beroperasi.

Berdasarkan pemantauan dari PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIKSBU), pasokan gas dari PAG sejak 20 Januari pagi, sekitar pukul 04.50 WIB sudah berangsur normal. Setelah dilakukan paralel unit, pembangkit pada saat itu langsung melakukan persiapan start kembali menunggu sampai tekanan gas cukup.

“Dengan kondisi saat ini, kami bisa pastikan aliran listrik warga sudah kembali seperti sedia kala,” tutup Irwansyah.

Seperti diberitakan sebelumnya, listrik di sebagian Kota Medan mengalami pemadaman. Berdasarkan informasi yang Waspada terima, pemadaman tersebut disebabkan adanya gangguan pada instalasi Regasifikasi Perta Arun Gas yang menyuplai gas untuk PLTMg Arun.

Gangguan tersebut juga menyebabkan pembangkit yang ada di Belawan, seperti Marine Vassel dan Pembangkit di daerah Paya Pasir, tidak dapat beroperasi. Akibat gangguan tersebut sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara kehilangan pasokan sebesar 1.069 MW. (m31)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2