MEDAN (Waspada): Bank Mandiri konsisten mengakselerasi transaksi pembayaran non tunai untuk melengkapi layanan digital masyarakat. Terbaru, Bank Mandiri menyediakan solusi perbankan untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Provinsi Sumatera Utara melalui seluruh kanal Bank Mandiri mulai dari fasilitas ATM Mandiri, Livin by Mandiri, KOPRA by Mandiri, hingga Cabang Bank Mandiri.
Solusi ini terealisasi menyusul acara launching perjanjian layanan pembayaran PBB Sumatera Utara di Channel Bank Mandiri oleh Senior Executive Vice President (SEVP) International Banking & Financial Institutions Bank Mandiri Abu Santosa Sudradjat dan Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) Babay Parid Wazdi pada Senin (30/12) di Menara Mandiri Medan.
Menurut Abu Santosa, kolaborasi ini dilakukan sebagai bentuk berpartisipasi aktif dalam mendorong pembangunan wilayah di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Pemanfaatan ini, turut menjadi bagian komitmen Bank Mandiri untuk mengoptimalkan pendapatan daerah sekaligus mendukung peningkatan inklusi keuangan di Tanah Air dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi kerakyatan.
“Dengan dukungan beyond super app Livin by Mandiri dan super platform Kopra by Mandiri serta ribuan kantor cabang dan 12.885 unit ATM di seluruh Indonesia, masyarakat yang berkepentingan, termasuk nasabah Bank Mandiri, dapat melakukan pembayaran PBB Sumatera Utara di manapun mereka berada dengan aman dan cepat. Harapannya, kolaborasi ini akan dapat meningkatkan penerimaan asli daerah Sumatera Utara yang manfaatnya bisa dirasakan oleh semua masyarakat di Provinsi Sumatera Utara,” kata Abu Santosa.
Adapun, informasi detail tentang mekanisme pembayaran PBB Sumatera Utara dapat diakses melalui link https://bmri.id/pbbsumut.
Lanjutnya, Bank Mandiri akan selalu terus berpartisipasi aktif dalam mendorong pembangunan di Indonesia, termasuk memberikan support kepada Bank Pembangunan Daerah, khususnya Bank Sumut untuk dapat saling bersinergi dalam menyediakan berbagai solusi kerjasama antar-bank diantaranya solusi wholesale, retail, treasury, maupun solusi digital.
Sebagai mitra pembayaran penerimaan daerah, Bank Mandiri memberikan akses channel yang beragam kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran Pajak Bumi Bangunan maupun Pajak Daerah.
Sampai dengan November 2024, tercatat frekuensi transaksi Pajak Bumi Bangunan dan Pajak Daerah melalui Bank Mandiri mencapai 500 ribu transaksi. Transaksi tersebut senilai lebih dari Rp 10 Triliun atau meningkat 64% dari periode yang sama tahun lalu.
Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Hubungan Kelembagaan, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking.
Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beragam perusahaan anggota konglomerasi keuangan Mandiri Group untuk menyediakan bermacam produk dan jasa serta mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura), dan Mitra Transaksi Indonesia (payment point online bank). Melalui kolaborasi ini, seluruh anggota grup keuangan Mandiri Group memiliki kinerja solid dan menjadi pemain utama di segmen bisnis masing-masing.
Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail.
Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif seperti layanan Cash Management, Forex, Trade & Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API).
Sedangkan layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.
Hingga September 2024, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 139 Kantor Cabang (KC) dan 2.056 Kantor Cabang Pembantu (KCP). Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 290 unit CSM dan 12.885 unit ATM dan CRM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, 259.000 Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Livin’ by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000. (Rel)
Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaZRiiz4dTnSv70oWu3Z dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.