Waspada
Waspada » MKI Dan PLN Gelar Webinar Keandalan Sistem Kelistrikan Sumut
Ekonomi

MKI Dan PLN Gelar Webinar Keandalan Sistem Kelistrikan Sumut

GM PLN UIW Sumatera Utara M. Irwansyah Putra saat mengikuti webinar, melalui aplikasi zoom, Kamis (2/7). Webinar ini mengangkat topik keandalan sistem kelistrikan di Sumatera Utara.
GM PLN UIW Sumatera Utara M. Irwansyah Putra saat mengikuti webinar, melalui aplikasi zoom, Kamis (2/7). Webinar ini mengangkat topik keandalan sistem kelistrikan di Sumatera Utara.

MEDAN (Waspada): Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Sumut bersama PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut menggelar web seminar (webinar), melalui aplikasi zoom, Kamis (2/7) . Webinar ini mengangkat topik keandalan sistem kelistrikan di Sumatera Utara.

Webinar kelistrikan Sumut ini diikuti mahasiswa, akademisi dan masyarakat umum dan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang juga menyampaikan keynote speech bersama GM PLN UIW Sumatera Utara M. Irwansyah Putra.

Webinar ini menghadirkan lima narasumber yaitu Ketua MKI Sumut Dr. Parlindungan Purba, S.H., M.M., Wakil Ketua Umum KADIN Sumut Denny Wardana, Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumut Taufik Hidayat, Ketua Prodi Teknik Elektro UNPAB Siti Anisah, S.T., M.T., Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan FEB USU Coki Ahmad Syahwer, S.E., M.P. Dan Rektor Universitas Pembangunan Pancabudi Dr. H. M. Isa Indrawan, S.E., M.M.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dalam keynote speechnya menyampaikan bahwa webinar ini merupakan sarana yang baik untuk meningkatkan kualitas kelistrikan di Sumatera Utara.

Sementara itu, GM PLN UIW Sumatera Utara, Irwansyah menyampaikan, ketersediaan pasokan dan keandalan listrik merupakan salah satu faktor kunci pendukung pembangunan. Dengan adanya energi listrik, kegiatan ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya menjadi lebih ringan.

“PLN UIW sebagai pengelola pendistribusian dan penjualan tenaga listrik kepada pelanggan memiliki peran penting dalam proses pembangunan di Sumut. Untuk mendukung fungsi tersebut, PLN UIW Sumut terus meningkatkan kuatlitas, baik dari segi kemudahan pelayanan maupun infratsruktur ketenagalistrikan,” papar Irwansyah.

Dia juga menyebutkan, untuk menjaga sistem kelistrikan di Sumatera Utara, PLN UIW Sumut memiliki 10 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), 1 Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K), 1 Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D), 67 Unit Layanan Pelanggan (ULP) dan 60 Kantor Jaga.

“Guna melistriki 3.867.916 pelanggan di 25 kabupaten dan 8 kota se Sumatera Utara, PLN mengalirkan energi sebesar 6.152 MVA,” ungkap Irwansyah.

Dia juga menjelaskan, untuk melaksanakannya PLN didukung infrastruktur berupa 29.549 kms Jaringan Tegangan Menengah (JTM), 35.158 kms Jaringan Tegangan Rendah (JTR), 34.660 Buah trafo distribusi dengan total daya 3.166 MVA, 48 unit Gardu Hubung, serta 460 unit penyulang 20 kV.

Pemeliharaan Dan Gangguan

Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumut, Taufik Hidayat menyampaikan, padamnya aliran listrik dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu pekerjaan pemeliharaan dan gangguan.

“Berdasarkan data Mei 2020, pada sisi distribusi, pemadaman akibat gangguan listrik dapat terjadi pada Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 99,42%, Gardu Distribusi 0,39% , Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 0,10% , dan pada Sambungan Rumah (SR) 0,10%,” jelasnya.

Disebutkan, kendala yang dihadapi saat ini adalah kondisi jaringan yang masih radial serta keterbatasan gardu hubung sehingga sulit untuk meminimalkan dampak pemadaman.

Irwansyah menambahkan, untuk meningkatkan keandalan, PLN UIW Sumatera Utara telah melakukan langkah inisiatif strategis, yaitu Care for Asset (C4A), otomatisasi pengendalian dengan Sistem Scada, Penambahan Gardu Hubung, Kabelisasi (HUTM menjadi SKTM) daerah perkotaan, dan pembentukan Kawasan Zero Down Time (ZDT).

Irwansyah menyampaikan, PLN tentu membutuhkan dukungan dari stakeholder, termasuk peran serta masyarakat dalam menjaga jaringan listrik PLN.

“Kerjasama dari masyarakat untuk merelakan ranting pohon yang sudah terlalu dekat dengan jaringan listrik untuk dipangkas, serta menggunakan energi listrik dengan aman dan legal sangat kami harapkan,” pungkasnya. (m31)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2