Menkop UKM Dan Menparekraf Apresiasi BI Sumut Bangkitkan UMKM Lewat KKSU

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, serta Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mengapresiasi Kantor Perwakilan BI Sumut dalam membangkitkan UMKM dan pemulihan ekonomi Sumut lewat pagelaran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2021 yang dibuka secara virtual, Jumat (17/9).

Selain dihadiri Menkop UKM dan Menparekraf, Opening Ceremony KKSU 2021 dengan agenda acara selama 4 hari mulai 16 – 19 September 2021 tersebut turut dihadiri Anggota Dewan Gubernur BI, Rosmaya Hadi, Anggota Komisi XI DPR RI, Hidayatullah, Sihar Sitorus, dan Gus Irawan Pasaribu, Kepala Kantor Regional 5 OJK Sumbagut, Yusup Anshori, serta para narasumber lainnya.

Menkop dan UKM, Teten Masduki menyebutkan, pagelaran Karya Kreatif Sumatera Utara dalam rangka Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia dan Beli Kreatif Danau Toba, merupakan aksi nyata untuk meningkatkan rasa cinta menggunakan produk anak bangsa, membantu mengembangkan UMKM dan pemulihan ekonomi khususnya di kawasan Sumatera Utara.

“Saya mengapresiasi BI Provinsi Sumatera Utara yang telah mendukung penuh kegiatan KKSU 2021 ini. Saya yakin pagelaran KKSU dapat mendorong UMKM dalam bertransformasi dan berinovasi sehingga dapat meningkatkan daya saing produk unggulan Sumut, serta menjadikan pelaku UMKM menguasai pasar digital baik nasional maupun internasional,” ujarnya.

Teten Masduki juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mencintai, membeli dan menggunakan produk lokal agar UMKM Indonesia dapat terus tumbuh dan berkembang.

“Dengan membeli produk lokal berarti kita telah berkontribusi nyata dalam pemulihan ekonomi nasional. Jangan ragu membeli produk UMKM, karena banyak produk yang keren dab berkualitas,” imbuhnya.

Sementara itu, Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, juga mengapresiasi Kantor Perwakilan BI Sumut yang telah menjadi inisiator dan berkolaborasi dengan stakeholders dengan menyelenggarakan kegiatan KKSU 2021 ini sebagai bagian dari Gernas BBI (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia).

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam pemulihan ekonomi melalui pemberian dukungan kepada UMKM subsektor fashion, griya, kuliner dan lainnya di Sumut agar mampu bangkit di masa sulit akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Pada Februari lalu, Kemenparekraf diberikan tanggungjawab oleh Kemenko Marves sebagai Manager Gernas BBI di salah satu destinasi pariwisata prioritas Indonesia yaitu Danau Toba, melalui BKDT (Beli Kreatif Dabau Toba) yang diluncurkan di Kabupaten Dairi, Sumut. Program ini dilanjutkan dengan pemberian pendampingan 200 pelaku kreatif BKDT selama periode Maret-Juni 2021, dimana BI turut mengambil peran dalam program ini.

“Program BKDT berhasil membawa efek positif bagi para pelaku kreatif melalui peningkatan omzet, penambahan tenaga kerja, dan reseller. Kepemilikan sertifikat kekayaan intelektual yang mengalami peningkatan, serta perluasan pasar penjualan di platform marketplace baik domestik maupun internasional,” ujarnya.

Oleh karenanya, lanjut Sandiaga, melalui pagelaran KKSU 2021 dengan dua agenda utama yairu Forum KKSU dan KKSU Fair diharapkan dapat memberikan peningkatan edukasi, literasi dan awarnes stakeholders, serta meningkatkan akses pasar dan pembiayaan UMKM, khususnya di Provinsi Sumatera Utara.

“Mari bersinergi membangun negeri, UMKM Kuat, Ekonomi Maju, Indonesia tangguh. Dan jangan lupa untuk selalu membeli produk kreatif lokal agar ekonomi kita kembali bangkit dan tentunya semakin bangga buatan Indonesia,” pungkasnya.

Sebelumnya Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi juga mengapresiasi KPw BI Provinsi Sumut yang telah menginisiasi penyelenggaraan pagelaran Karya Kreatif Sumatera Utara 2021 untuk mendorong semangat UMKM terus berkembang.

Gubsu menyebutkan, saat ini terdapat beberapa permasalahan yang berdampak pada kinerja UMKM. Pertama permintaan yang menurun, kedua terganggunya pemasaran, ketiga semakin sulitnya UMKM mengakses pembiayaan.

“Untuk itu Pemprovsu mengambil langkah-langkah konkrit dan kebijakan yang sejalan dengan Pemulihan Ekonomi Nasional, seperti pemberian stimulus bantuan serta capacity building. Saya mengapresiasi KPw BI Provinsi Sumut yang telah menginisiasi penyelenggaraan pagelaran Karya Kreatif Sumatera Utara 2021 untuk mendorong semangat UMKM,” tandasnya. (m31)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *