KKSU Dukung Pemulihan Ekonomi Sumut Dan Dorong Kemajuan UMKM

KKSU 2021 Dukung Pemulihan Ekonomi Sumut Dan Dorong Kemajuan UMKM

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Soekowardojo menegaskan kegiatan Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2021 difokuskan untuk mendukung pemulihan ekonomi di Sumut dan mendorong kemajuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lebih kreatif dan berinovasi.

Hal tersebut disampaikan Soekowardojo pada Opening Ceremony KKSU 2021 secara virtual Jumat (17/9). Pembukaan tersebut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Anggota Dewan Gubernur BI, Rosmaya Hadi, Anggota Komisi XI DPR RI, serta para narasumber lainnya.

                                             

Soekowardojo menyebutkan, KKSU 2021 diselenggarakan dalam rangka Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, sekaligus turut menyemarakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja, dan event lanjutan Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) yang telah berlangsung pada Februari 2021, serta beberapa flagship event Bank Indonesia tahun 2021, seperti Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI), Program QRIS 12 Juta Merchant dan Indonesia Sharia Economy Festival (ISEF).

“Event KKSU yang kita selenggarakan pada tahun ini merupakan kali kedua setelah yang pertama pada tahun 2020. Kegiatan dilaksanakan secara virtual selama 4 hari terhitung sejak kemaren hari Kamis, tanggal 16 September 2021 sampai dengan hari Minggu, 19 September 2021, dengan 2 agenda utama, yaitu Forum KKSU dan KKSU Fair,” jelas Soekowardojo.

“Pada penyelenggaraan KKSU tahun ini, kita lebih memfokuskan pada upaya mendukung pemulihan ekonomi, khususnya wilayah Sumatera Utara, melalui sinergi berbagai pihak dengan mendorong kemajuan UMKM. Oleh karenanya, pada KKSU tahun ini kita mengusung tema: Bersinergi Membangun Negeri, ‘UMKM Kuat, Ekonomi Maju, Indonesia Tangguh’,” lanjutnya.

Menurutnya, tema ini dipilih sebagai upaya untuk terus mengakselerasi pemulihan ekonomi khususnya di wilayah Sumatera Utara dengan mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi Covid-19, baik pelaku usaha konvensional maupun pelaku usaha syariah dan upaya adaptasi pelaku usaha menuju kehidupan normal baru, serta mendorong UMKM dalam memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital.

“Dari penjelasan kami di atas dapat kami tegaskan bahwa tujuan menyelenggarakan KKSU 2021 ini adalah untuk meningkatkan edukasi, literasi, awareness, dan sinergi dalam mendukung program pengembangan UMKM, serta sebagai ajang promosi produk, mendorong digitalisasi UMKM, perluasan akses pasar dan akses pembiayaan UMKM menuju pemulihan ekonomi secara berkelanjutan,” ujarnya.

Selanjutnya dalam rangka wujud kolaborasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara bersama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, senantiasa bersinergi dan berkoordinasi dengan para stakeholder seperti : Kementerian terkait, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten yang ada di wilayah Sumatera Utara, Otoritas Jasa Keuangan Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Perbankan, BPODT, Dekranas, Dekranasda,PT. Angkasapura 2 Bandara Kualanamu, Lembaga/Instansi Keagamaan, beberapa Marketplace, Asosiasi UMKM, Hebitren, dan stakehoder lain yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.

Dia menjelaskan, event KKSU ini akan diselenggarakan dengan 2 agenda utama, yaitu KKSU Forum dan KKSU Fair.

Pada KKSU Forum dilaksanakan berbagai seminar dan talksow dengan mengusung beberapa tema menarik yang relevan dalam upaya meningkatkan edukasi,literasi dan awareness pelaku usaha, masyarakat, dan stakeholder dalam mendukung berbagai program pengembangan UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi, termasuk mendorong penggunaan QRIS. Webinar dan talkshow akan berlangsung setiap hari selama 4 hari dan telah diawali pelaksanaannya sejak Kamis 16 September 2021 sampai dengan Minggu 19 September 2021.

Hari Pertama, webinar dan talkshow dengan tema “Pengembangan Pariwisata dan Mendorong Kemandirian Ekonomi Pesantren Yang Inklusif”. Hari Kedua, webinar dengan tema “UMKM Sumatera Utara Go Nasional Go Global” mengupas seputar perizinan dan potensi ekspor produk UMKM Sumatera Utara. Hari Ketiga, webinar dan talkshow dengan tema “Bisnis AgroKuliner Ala Milenial”, dilengkapi dengan sesi motivasi “UMKM Bangkit di Masa Sulit”, dan demo masak oleh chef nasional.
Hari keempat,webinar dan talkshow dengan tema “Bincang Kopi Sumatera”, dan “Akses Modal Itu Mudah”.

Sementara pada KKSU Fair, difokuskan pada upaya mempromosikan, produk UMKM serta meningkatkan akses pasar dan akses pembiayaan UMKM melalui kegiatan business matching.

Terdapat lebih dari 200 UMKM berpartisipasi pada KKSU 2021 ini, yang terdiri atas UMKM binaan Bank Indonesia, UMKM binaan mitra diantaranya, UMKM binaan Pemda (Provinsi, Kabupaten/Kota), Dekranasda, Perbankan, Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara, serta BUMN seperti Pertamina, PLN, PTPN, Inalum dan Angkasapura 2.

Promosi produk UMKM dilakukan melalui sarana website KKSU, promosi dan penjualan produk secara digital dengan memanfaatkan kanal marketplace, media sosial, dan memanfaatkan para influencer/selegram.

Dalam pagelaran KKSU 2021 ini juga dilakukan acara seremonial Penandatanganan komitmen kerjasama antara UMKM binaan yang tergabung dalam Wubimall dengan 3 marketplace yaitu: Tokopedia, BliBli.com, dan Grabmart serta dengan 2 PJSP Non Bank yaitu : LinkAja dan OVO; dalam rangka mendukung digitalisasi UMKM. Kemudian Pendatanganan komitmen kerjasama pembiayaan antara UMKM dengan perbankan; serta Pengukuhan Hebitren Prov. Sumatera Utara.

Selain itu, sebagai wujud tindak lanjut dari kolaborasi dan sinergi dengan Kemenparekraf dalam mendorong akses pasar, UMKM yang berpartisipasi pada KKSU 2021 akan dilakukan proses kurasi lebih lanjut untuk diikutsertakan pada showcasing produk di Sopo Del Tower Jakarta dan berpartisipasi pada Festival Kreatif Lokal 2021 Kemenparekraf di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas.

“Kami berharap penyelenggaraan KKSU 2021 pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara ke arah yang lebih baik,” harapnya. (m31)

  • Bagikan