Menu
Pusat Berita dan Informasi Kota Medan, Sumatera Utara, Aceh dan Nasional

Gubsu Berharap Arsitek IAI Sumut Hasilkan Karya Arsitektur Berkualitas

  • Bagikan

KETUA Regional I IAI Nasional, Ar Boy Brahmawanta Sembiring disaksikan Staf Ahli Gubsu H Agus Tripriyono (kiri) melantik pengurus IAI Sumut periode 2022-2025 di Tiara Convention Hotel Medan, Sabtu (25/6). Waspada/Dedi Riono

MEDAN (Waspada): Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi berharap para arsitek yang tergabung dalam Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sumatera Utara dapat menciptakan karya-kara arsitektur berkualitas.

Hal itu disampaikan Gubsu dalam sambutan tertulisnya dibacakan Staf Ahli Gubsu Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA H Agus Tripriyono SE MSi Ak CA dalam acara pelantikan pengurus IAI Sumut periode 2022-2025 di Tiara Convention Hotel Medan, Sabtu (25/6).

Gubsu berpesan kepada para arsitek IAI Sumut harus siap menghadapi tantangan globalisasi, dimana prosesi arsitek dituntut untuk meningkatkan penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Pemerintah saat ini telah memberikan perlindungan dan kepastian hukum untuk para arsitek, karya arsitek dan masyarakat pengguna jasa arsitek. Hal ini telah diamanahkan dalam Undang-Undang No.6 tahun 2017 tentang Arsitek,” tulis Gubsu.

Gubsu Berharap Arsitek IAI Sumut Hasilkan Karya Arsitektur Berkualitas
Staf Ahli Gubsu Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA H Agus Tripriyono memukul gong tanda dibukanya acara.

Gubsu juga berharap pengurus IAI Sumut yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik, membawa organisasi IAI semakin berkembang dan menghasilkan kinerja yang lebih bak.

“Kami mengharapkan arsitek IAI turut memberikan sumbangsihnya dalam menciptakan kota yang berkualitas dan mewujudkan Provinsi Sumatera Utara yang maju, aman dan bermartabat,” pesan Gubsu.

Ketua Regional I IAI Nasional, Ar Boy Brahmawanta Sembiring, mengatakan IAI punya tugas besar dan sudah diamanahkan oleh Undang-Undang Arsitek untuk bisa melayani masyarakat secara profesional hingga ke ujung atau plosok desa.

“Ini menjadi tantangan besar pengrus IAI Sumut untuk bisa menyiapkan arsitek-arsitek yang sudah punya sertifikat profesional di kabupaten/kota. Bahkan harapan ke depan pengurus IAI ini juga terbentuk di kabupaten dan kota,” ujarnya.

Ketua IAI Sumut, Ar Achmad Aryanto, mengatakan IAI yang sudah berdiri sejak 63 tahun lalu, kini memiliki anggota secara nasional 19.000 dan di Sumut ada 500 orang.

Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan telah terbitnya Undang-Undang No.6 tahun 2017 tentang Arsitek dan peraturan pelaksanaan pada PP No.15 tahun 2021.

“Adanya Undang-Undang Arsitek telah membawa paradigma baru bagi profesi arsitek dalam menjalankan praktik arsitek. Dimana upaya memajukan karya arsitektur dilakukan melalui praktik arsitek yang andal dan profesional,” ujarnya.

Dikatakan, seorang arsitek profesional wajib memenuhi kompetensi yang telah ditentukan dan memiliki bukti tertulis berupa Surat Tanda Registrasi Arsitek (STRA) yang dikeluarkan Dewan Arsitek Indonesia.

“Sekarang ini profesi arsitek semakin nyata dalam pembangunan, yakni dalam hal perizinan daerah terutama pada sektor penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau yang sekarang disebut Persetujuan Bangunan Gedung (PGB), dalam hal ini arsitek sebagi Tim Profesi Ahli (TPA),” jelasnya.

Gubsu Berharap Arsitek IAI Sumut Hasilkan Karya Arsitektur Berkualitas
Seluruh pengurus IAI Sumut periode 2022-2025 diabadikan bersama usai dilantik.

Selain itu, arsitek wajib memiliki lisensi sebagai bukti tertulis yang berlaku sebagai surat tanda penanggungjawab praktik arsitek dalam penyelenggaraan izin mendirikan bangunan.

“Alhamdulillah, saat ini keputusan Gubsu tentang Standar Operasional Prosedur Penerbitan Lisensi Arsitek di Sumut telah ditandatangani oleh Gubsu. Terima kasih kami kepada Pak Gubsu. Hal ini menambah semangat bagi para arsitek profesional di Sumut untuk berkarya dan ikut dalam proses pembangunan Sumut,” ucapnya. (m18)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *