Gekrafs Sumut Siapkan Pelaku UMKM Ekraf Ke Pasar Global

  • Bagikan
Ketua DPW Gekrafs Sumut, Fadhullah menyerahkan cinderamata kepada Wagubsu yang juga Ketua Dewan Penasihat DPW Gekrafs Sumut, Musa Rajekshah usai Pelantikan Pengurus DPW Gekrafs Sumut Periode 2021-2024, di Al-Amjad Hall & Convention, Jl. Merpati Medan, Kamis (27/1).
Ketua DPW Gekrafs Sumut, Fadhullah menyerahkan cinderamata kepada Wagubsu yang juga Ketua Dewan Penasihat DPW Gekrafs Sumut, Musa Rajekshah usai Pelantikan Pengurus DPW Gekrafs Sumut Periode 2021-2024, di Al-Amjad Hall & Convention, Jl. Merpati Medan, Kamis (27/1).

MEDAN (Waspada): Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara akan menjadi nakhoda dalam menyiapkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) memiliki standar mutu yang dibutuhkan pasar global.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPW Gekrafs Sumut, Fadhullah, usai dilantik bersama jajaran pengurus DPW Gekrafs Sumut Periode 2021-2024 oleh Ketua Umum DPP Gekrafs, Kawendra Lukistian, di Al-Amjad Hall & Convention, Jl. Merpati Medan, Kamis (27/1).

Pelantikan pengurus Gekrafs Sumut Periode 2021-2024 tersebut turut dihadiri secara online oleh Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, serta secara offline Wagubsu Musa Rajekshah, Bupati Tapsel Dolly Putra P Pasaribu, Wakil Bupati Pakpak Bharat, Mutsyuhito Solin, dan lainnya.

“Kami berkomitmen agar kedepan Gekrafs Sumut akan menjadi nahkoda dalam menyiapkan para pelaku UMKM di bidang Ekraf agar memiliki standar mutu yang sesuai dengan kebutuhan pasar global. Kita sadar betul, saat ini banyak pelaku Ekraf di Sumut belum memenuhi standar Global,” ujarnya.

Dia menyebutkan, para pelaku ekraf yang ada di Gekrafs Sumut, akan diberikan pendampingan dan asesmen sehingga memenuhi standar untuk pasar global. “Pendampingan-pendampingan yang akan kita lakukan dalam waktu dekat adalah Workshop Perijinan Usaha, Perpajakan, dan Sertifikasi Usaha maupun Profesi,” tegasnya.

Pihaknya juga menargetkan pembentukan DPC Gekrafs di Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kab. Tapanuli Selatan, Kab. Mandailing Natal, Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Kota Pematang Siantar.

“Sahabat pelaku Ekraf di Sumatera Utara, mari bergabung dan maju bersama Gekrafs untuk meningkatkan perekonomian Sumatera Utara khususnya Bidang Ekonomi Kreatif,” ujarnya.

Lokomotif Ciptakan Lapangan Kerja

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina DPP Gekrafs, terus mendorong ekonomi kreatif (ekraf) agar dapat menjadi lokomotif untuk menciptakan lapangan pekerjaan, khususnya di Sumatra Utara (Sumut).

Sandiaga Uno mengajak jajaran pengurus Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Sumut Periode 2021-2024, juga dapat berperan dalam mengembangkan potensi ekonomi di Sumatra Utara.

Sandiaga mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus DPW Gekrafs Sumut periode 2021-2024. Dirinya berharap Gekrafs Sumut dapat berkontribusi dalam pembangunan nasional dan di Sumut. “Semoga Gekrafs Sumut dapat menjadi garda terdepan dalam pembangunan nasional dan Sumut,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Gekrafs, Kawendra Lukistian, berharap kehadiran DPW Gekrafs Sumut dapat berkontribusi dalam mengembangkan dan memajukan perekonomian Sumut.

Sedangkan Wakil Gubernur Sumut yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat DPW Gekrafs Sumut, Musa Rajekshah, berharap kehadiran Gekrafs Sumut dapat menghadirkan berbagai inovasi untuk membantu mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumut dan memajukan perekonomian daerah.

Musa juga mengatakan, banyak UMKM di Sumut yang telah berorientasi pada pasar ekspor dan kehadiran Gekrafs diharapkan dapat membantu agar lebih banyak lagi UMKM yang menembus pasar internasional.

“Karena itu Pemerintah Provinsi Sumatra Utara mendukung kehadiran DPW Gekrafs Sumut. Saya berharap Gekrafs Sumut dapat menjalin kerjasama dan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi dan UKM Sumut. Sehingga dengan demikian bersama-sama kita dapat membantu UMKM serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumut,” harapnya.

Adapun susunan pengurus DPW Gekrafs Sumut periode 2021-2024 di antaranya adalah, Ketua Dewan Pembina, Letjend (Purn.) H Edy Rahmayadi; Ketua Dewan Penasihat, Drs H Musa Rajekshah M Hum; Ketua Dewan Pakar, M Bobby Afif Nasution SE MM. Ketua Umum, Fadhullah, SE MM. Wakil Ketua Umum, Jamson Tampubolon SAgr MSi, Tengku M Revy SE, M Ichsan R Sitorus SH MPsi MH, dan Ryalsyah Putra SE MSi. Sekretaris Jenderal, M Aulia Rizki Agsa ST MH dan Bendahara Umum, Dian Iskandar Nasution. (m31)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.