Dengan J3K, Mitra Aman, Pelanggan Nyaman Pesan Gojek

  • Bagikan
Para Mitra Driver Gojek mendatangi Posko Aman J3K untuk melakukan penyemprotan desinfektan kendaraan dan pengecekan suhu tubuh.
Para Mitra Driver Gojek mendatangi Posko Aman J3K untuk melakukan penyemprotan desinfektan kendaraan dan pengecekan suhu tubuh.

MEDAN (Waspada): Gojek, sebuah super app terdepan di Asia Tenggara memastikan keamanan, kenyamanan serta kesehatan mitra dan pelanggannya di tengah pandemi Covid-19, dengan menerapkan J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan).

Inisiatif J3K ini merupakan wujud komitmen Gojek untuk mendukung produktivitas seluruh pengguna ekosistemnya, mulai dari mitra hingga pelanggan, agar dapat terus beraktivitas dengan aman, nyaman, dan terjaga kesehatannya.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek Wilayah Sumbagut, Dian Lumban Toruan mengatakan, sejak awal pandemi, Gojek telah melakukan berbagai penyesuaian yang mengedepankan aspek kesehatan pada setiap layanan.

“Kesehatan dan keamanan mitra dan pelanggan merupakan prioritas Gojek. Kami paham bahwa di tengah situasi saat ini, masyarakat membutuhkan solusi dalam menjalankan aktivitas kesehariannya dengan tetap menjaga kesehatan dan keamanan. Melalui inisiatif J3K ini, Gojek ingin memastikan masyarakat dapat merasa aman dalam beraktivitas dan terus mengandalkan layanan-layanan kami,” papar Dian, kepada Waspada, Kamis (22/10).

Memasuki adaptasi kebiasaan baru atau New Normal ini, lanjutnya, Gojek terus berinovasi untuk mendukung masyarakat menjalankan kesehariannya dengan mengedepankan tiga aspek utama, yaitu kesehatan, kebersihan, dan keamanan.

Dian menjelaskan, dalam penerapan J3K ini, Gojek mewajibkan pengecekan suhu tubuh bagi mitra driver di Posko Aman J3K yang sudah disediakan, serta kewajiban pengecekan suhu tubuh bagi karyawan mitra usaha GoFood. Gojek secara konsisten juga memberikan informasi prosedur kesehatan kepada pelanggan melalui shuffle card di aplikasi Gojek.

Gojek juga fokus mengembangkan layanan GoMed sehingga kini pelanggan dapat membuat janji melakukan rapid test Covid-19, di samping juga bisa membeli vitamin, obat-obatan, membuat janji tatap muka dengan dokter dan lain sebagainya yang terkait layanan kesehatan, bekerja sama dengan layanan Halodoc.

Selain itu, Gojek juga dalam memastikan kebersihan ekosistemnya dengan membuat Posko Aman J3K sebagai tempat melakukan disinfeksi kendaraan dan helm, pendistribusian masker, hairnet, dan hand sanitizer bagi para mitra driver. Untuk Mitra GoFood, diimbau untuk menyediakan wastafel dan hand sanitizer bagi mitra driver, dan menjaga makanan tetap higienis.

Di layanan GoFood, juga menyediakan daftar outlet mitra yang secara konsisten menerapkan penggunaan masker dan pengecekan suhu bagi karyawan, serta penggunaan segel pengaman pada kemasan.

Kemudian dalam inisiatif J3K, Gojek juga memberikan informasi suhu tubuh mitra driver dan status disinfeksi kendaraan mereka yang dapat dilihat pelanggan di aplikasi. Fitur ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Prosedur lain untuk jaga keamanan antara lain adanya sekat pelindung di GoCar dan GoRide, kewajiban driver menggunakan masker dan anjuran penggunaan sarung tangan, imbauan penumpang membawa helm SNI milik pribadi, hingga tersedianya Zona NyAman J3K bagi pelanggan untuk keamanan dan kenyamanan berkendara.

“Kami juga mendorong agar pelanggan dapat mengutamakan transaksi menggunakan GoPay untuk menghindari kontak fisik, baik untuk transaksi layanan Gojek atau transaksi di merchant online atau offline,” jelasnya.

Disambut Positif

Program J3K ini, pun disambut positif oleh mitra driver, sebagaimana disampaikan anggota Persaudaraan Gojek Medan Pasar Tiga Tjg Sari (Pergom Pasti). Pedri Syahputra, salah satu anggota Pergom Pasti mengaku, dirinya merasa aman dan nyaman saat beraktivitas di masa pandemi Covid-19 ini, sejak adanya inisiatif J3K ini.

Menurutnya, setiap driver yang beroperasi dipastikan setiap minggunya wajib hadir di Posko Aman untuk melakukan pengecekan suhu dan penyemprotan desinfektan di kendaraan. Selain itu, setiap mitra juga diperiksa suhu tubuhnya dan dipastikan suhu di bawah 37,5C untuk bisa beraktivitas menjalankan pekerjaan.

“Gojek juga memberikan masker dan hand sanitizer kepada mitra driver untuk digunakan oleh mitra dan diberikan kepada pelanggan yang tidak menggunakan masker. Dengan J3K ini, Gojek ingin menjaga dan melindungi mitra driver dan pelanggan, terutama dari Covid-19,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan mitra driver lainnya, Zulnahidin yang juga anggota Pergom Pasti. Menurutnya, programJ3K ini sangat membantu mitra driver. Di saat pandemi Covid-19 sekarang ini, penumpang untuk naik Gojek udah gak takut lagi. Karena driver diwajibkan menjalankan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, program J3K sangat membantu dan kami sebagai driver juga merasa aman. Insya Allah, dengan adanya program J3K ini juga, pelanggan sangat senang, nyaman. Saya pun merasa aman di jalan begitu juga saat pulang berkumpul bersama keluarga di rumah,” pungkasnya.

Sementara itu, Novi Wulandari, salah seorang pelanggan Gojek mengaku merasa nyaman ketika memesan makanan lewat GoFood. Karena saat ini, mitra driver Gojek mengutamakan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Program J3K Gojek ini sangat bagus. Jadi kita sebagai customer merasa nyaman dan gak khawatir gunain Gojek,” ujarnya. (m31)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *