Cara Allianz Buat Nasabah Tenang Di Masa Pandemi - Waspada

Cara Allianz Buat Nasabah Tenang Di Masa Pandemi

  • Bagikan
NET
NET

HARUS diakui bila mewabahnya pandemi Covid-19 yang terjadi sejak beberapa bulan lalu telah mengubah pola hidup masyarakat.

Salah satu yang terjadi, tidak lain adalah pembatasan sosial, dan hal ini juga membuat masyarakat semakin mengandalkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali dalam mendapatkan layanan terkait perlindungan asuransi.

Perubahan perilaku konsumen tersebut membuat industri jasa keuangan harus terus melakukan inovasi, sehingga nasabah dapat terlayani dengan baik, meski harus beraktivitas dari rumah.

Untuk itu, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) sebagai salah satu perusahaan jasa keuangan yang terus berinovasi telah mengembangkan sebuah terobosan baru bagi nasabah, yakni Portal Klaim Digital untuk Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Perjalanan.

Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia Peter van Zyl mengatakan bila pandemi ini memberikan tantangan yang unik bagi seluruh industri, terutama industri jasa keuangan.

“Namun, bagi kami hal ini merupakan sebuah pendorong agar kami terus berinovasi agar setiap produk dan layanan yang ditawarkan sejalan dengan perubahan perilaku dan kebutuhan nasabah. Inovasi yang dijalankan oleh Allianz Utama selalu mengedepankan kebutuhan konsumen yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam berasuransi,” katanya.

Tak hanya itu, nasabah yang menggunakan Portal Klaim Digital bisa merasakan berbagai kemudahan, yaitu: Proses pengajuan klaim lebih mudah, cukup melengkapi formulir elektronik dan mengunggah foto serta dokumen pendukung yang disyaratkan, pengajuan ditangani langsung oleh Claim Handler yang berpengalaman, serta status pengajuan klaim dapat dipantau melalui Portal Klaim.

“Selain pengembangan portal klaim digital, Allianz Utama juga menawarkan layanan baru yaitu layanan video call interaktif untuk Survei Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Properti, serta untuk Survei Penutupan Asuransi Properti,” jelas Peter van Zyl.

Tingkatkan Pelayanan

Sementara itu, Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia Ignatius Hendrawan mengatakan layanan ini mampu menjangkau nasabah di wilayah yang lebih luas dan jauh, dengan lebih cepat, mudah, dan aman.

“Terutama di saat masih harus menerapkan physical distancing, karena nasabah atau mitra bisnis tidak perlu bertemu secara langsung dengan surveyor Allianz. Selain itu, nasabah juga dapat merasakan proses klaim dan penutupan secara lebih efektif dan efisien,” terangnya.

Diakui strategi ini merupakan salah satu upaya Allianz Utama untuk terus melakukan peningkatan layanan bagi nasabah.

Hal ini terlihat dari layanan klaim asuransi mobil Allianz Utama yang mendapatkan rating ‘sangat puas’ dari nasabah.

“Rating tersebut berdasarkan survei yang dilakukan terhadap nasabah asuransi kendaraan Allianz Utama terutama dari sisi kemudahan pengajuan klaim, pelayanan staff terhadap nasabah, kemudahan dan kejelasan informasi tentang proses klaim, serta kesesuaian jumlah klaim yang dibayarkan yang secara keseluruhan mendapatkan rating 4,7 dari total 5 poin. Masukan dari nasabah dan implementasi dari masukan tersebut adalah faktor penting dalam meningkatkan kinerja kami. Untuk mewujudkannya, kami terus meningkatkan kualitas layanan dan menerapkan digitalisasi agar nasabah mendapatkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan. Seluruh penilaian positif yang diberikan oleh nasabah terhadap inovasi produk dan pelayanan Allianz Utama menjadi penyemangat dan landasan bagi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja serta memberikan yang terbaik bagi Nasabah,” ujar Ignatius.

Salah seorang nasabah Allianz asal Kota Medan Putri Kemala Ayu bercerita bila berbagai kemudahan memang dialami saat dirinya memakai jasa Allianz, terutama saat pandemi seperti ini.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari pelayanan yang diberikan, serta disesuaikan dengan kondisi pandemi seperti saat ini.

“Tidak susah lagi, karenakan sudah ada portal klaim digital. Jadi ini bentuk dari inovasi dan teknologi Allianz yang membuat nasabah tenang di masa pandemi Covid-19,” tegasnya.

Hal senada dikatakan Rudi Irawan yang sejak 2015 menjadi nasabah asuransi Allilanz.

Memang sejak menjadi nasabah, berbagai pelayanan sudah didapatkan, misalkan mendapatkan rumah sakit terbaik saat sakit, dan lainnya.

“Kemudahan untuk klaim perobatan juga cukup mudah, terutama di masa pandemi seperti ini. Karena memang, untuk di Medan sendiri, sudah banyak rumah sakit yang bekerja sama dengan Allianz,” tutupnya. Arianda Tanjung

  • Bagikan