Waspada
Waspada » Budayakan K3, Pertamina Gelar Ucok Warrior
Ekonomi

Budayakan K3, Pertamina Gelar Ucok Warrior

SALAH seorang peserta sedang melakukan simulasi pertolongan pertama pada korban kecelakaan kerja, di kegiatan Ucok Warrior yang digelar Pertamina MOR I.
SALAH seorang peserta sedang melakukan simulasi pertolongan pertama pada korban kecelakaan kerja, di kegiatan Ucok Warrior yang digelar Pertamina MOR I.

MEDAN (Waspada): Pertamina MOR I gencar membudayakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lingkungannya dengan menggelar latihan bertajuk Ucok Warrior. Ucok (Unlimited Challenge of Knight) Warrior ini, melombakan beragam kegiatan K3.

Sebagai perusahaan energi, sifat bisnis Pertamina berteknologi tinggi, membutuhkan kapital yang besar dan tidak terlepas dari resiko yang tinggi. Oleh karenanya, kesehatan dan keselamatan kerja menjadi harga mati sehingga digelar perlombaan dalam kegiatan Ucok Warrior.

Hal itu disampaikan Pjs. General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Himawan, pada pembukaan Ucok Warrior di Pertamina MOR I, Selasa (25/2).

“Ucok Warrior adalah kegiatan edukasi keselamatan dan kesehatan kerja yang dikemas dalam sebuah kompetisi agar lebih menarik. Melalui kegiatan ini, saya harap 12 aturan keselamatan dapat menjadi bagian integral dari operasi kita sehari-hari,” tutur Himawan.

Beragam kegiatan K3 dalam Ucok Warrior ini, di antaranya simulasi implementasi logout tagout (LOTO). Bekerja di ketinggian, simulasi korban tenggelam dan pertolongan pertama. Operasi lifting, mengemudi defensif serta ketangkasan dalam penanggulangan awal keadaan darurat.

“Ucok Warrior diikuti 120 pekerja dari seluruh wilayah operasi Pertamina MOR I di lima provinsi,” ujar Manager HSSE, Ivonne Deasy.

Kegiatan ini, lanjut Ivonne, dikemas dalam bentuk permainan ataupun tantangan agar menarik para pekerja untuk turut berpartisipasi. Dengan tingginya minat pekerja, diharapkan tujuan dari Ucok Warrior untuk mengedukasi keselamatan kerja di Pertamina dapat tersampaikan secara lebih maksimal.

Pada kesempatan itu, diberikan juga penghargaan kepada lokasi operasi yang konsisten menerapkan K3. Di antaranya penghargaan bagi Fuel Terminal Manager terbaik di bidang kesehatan dan keselamatan kerja. Kemudian lokasi operasi dengan kinerja HSE terbaik dan implementasi fit to work terbaik.

Ucok Warrior merupakan bagian dari peringatan bulan K3. Sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan Behaviour Based Safety, HSSE Experience Zone, Campaign SPBU di Sumbar, Paramedic Upskilling, dan Workshop Upskilling HSSE. (m41)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2