Waspada
Waspada » BTPN Syariah Gulirkan Program Tepat Peduli Komunitas Nasabah
Ekonomi

BTPN Syariah Gulirkan Program Tepat Peduli Komunitas Nasabah

JAKARTA (Waspada): Merayakan ulang tahun Ke-5, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah mengadakan program Tepat Peduli Komunitas Nasabah BTPN Syariah. Program tersebut bertujuan memberdayaan masyarakat umum, khusunya komunitas nasabah BTPN Syariah.

Program ini menggandeng DMC (Disaster Management Center) Dompet Dhuafa sebagai mitra pelaksana.

Titik sebaran program Tepat Peduli ada di 329 Titik di seluruh Indonesia. Dalam keterangan pers yang dikeluarkan BTPN Syariah, Rabu (26/8), disebutkan kalau program tersebut dilaksanakan selama kurun waktu 9 bulan, dimulai dari November 2019 sampai Juli 2020.

Adapun program yang dibangun diantaranya pembuatan MCK yang tersebar di 124 titik.

Area pembangunan tersebar dihampir seluruh wilayah baik itu pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Indonesia bagian timur.

Selanjutnya yaitu program pengadaan sarana air bersih yang tersebar di 84 titik. Program tersebut fokus pada masyarakat yang tinggal di kawasan tambang minyak maupun kawasan yang sulit mendapatkan air bersih seperti Daerah pinggiran Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, Makassar, Kendari, Yoyakarta, Kalimantan dan Solo.

Program sarana air bersih sangat bermanfaat bagi warga. Karena lebih mudah mengambil air bersih dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya seperti mencuci dan mandi.

Program selanjutnya yaitu pengadaan Hidropik, yang mana program tersebut bertujuan mengajak masyarakat bercocok tanam palawija dengan memanfaatkan lingkungan sekitar rumah. Sehingga bisa meminimalisir pengeluaran rumah tangga. Program menyasar 15 titik di Indonesia seperti Sumatera, Jawa Tengah, Mata Bali dan Kalimantan.

Lena Yuliana sebagai salah satu penerima manfaat mengucapkan terima kasih kepada Bank BTPN Syariah yang telah memberikan media tanaman hidroponik berikut pelatihannya. Atas kegiatan tersebut, masyarakat terinspirasi untuk dapat bercocok tanam tanpa memiliki lahan yang luas.

Kemudian, Program selanjutnya adalah tempat pengolahan sampah yang dibangun sebanyak 14 titik wilayah. Yaitu di wilayah Jawa Barat, Solo, Yogyakarta, Sumatera, Kendari, Kalimantan, Lombok dan Bali.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuannya. Sehingga mempermudah proses daur ulang sampah plastik. Semoga dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat menjadi rajin dan terus berinovasi membuat barang-barang yang bernilai ekonomis,” ujar Rahmat, sebagai salah satu penerima manfaat dari Lombok.

Selain itu, ada beberapa Program pembangunan atau renovasi Posyandu yang berlangsung di 47 titik. Program bangunan baru seperti pembuatan bank sampah, PPQ, pos ronda, gapura dan pembangunan perpustakaan tersebar di delapan titik.

Salah satu penerima manfaat renovasi perpustakaan atas nama Sugiarti, selaku Kasie Permas, Desa Tegalsari, Kecamatan Tegal, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mengucapkan syukur.

“Terima kasih banyak karena ini merupakan mimpi mereka selama tiga tahun terakhir. Alhamdulillah bisa terwujud atas bantuan dari BTPN Syariah,” imbuhnya.

Terakhir, Program yang dilaksanakan yaitu pembuatan perahu di 10 titik yang tersebar di Indonesia.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Yuliana mengatakan, harapan dari bantuan perahu adalah mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat pesisir, khususnya nelayan. Selain itu, dapat berkontribusi untuk kemajuan parawisata di Indonesia. Terima kasih kepada BTPN Syariah atas bantuan yang telah diberikan kepada para nelawan setempat.

Bank BTPN merupakan bank umum Syariah ke-12 yang ada di Indonesia. Tekadnya adalah meningkatkan kehidupan jutaan rakyat Indonesia menjadi lebih baik.

Sementara itu, Abdul Azis, selaku penanggung jawab program dan koordinator lapangan dari DMC Dompet Dhuafa, menyampaikan harapannya pada program yang dijakankan BTPN Syariah.

“Dengan terlaksananya berbagai program tersebut, dapat terasa manfaatnya secara luas oleh masyarakat Indonesia. Terima kasih atas kepercayaan dari BTPN Syariah akan kolaborasi dengan DMC Dompet Dhuafa di beragam program. Semoga terus terjalin di program-program kebaikan selanjutnya”.

Harmoni kerja sama dengan BTPN Syariah juga merambah wilayah bencana, seperti pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) di Masamba, Sulawesi Selatan, pasca bencana banjir bandang yang menerjang wilayah tersebut. MCK tersebut diharapkan dapat membantu penyintas dalam memenuhi kebutuhan sanitasi air bersih dan membentuk pola hidup bersih dan sehat di lingkungan tersebut.

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 27 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2