Waspada
Waspada » BNI Syariah Medan Dapat Jatah KUR Rp10 M
Ekonomi

BNI Syariah Medan Dapat Jatah KUR Rp10 M

Branch Manager BNI Syariah Medan, Imam Samekto.
Branch Manager BNI Syariah Medan, Imam Samekto.

MEDAN (Waspada): BNI Syariah Medan menargetkan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp10 miliar sesuai dengan jatah yang diperoleh. Dana tersebut ditargetkan tersalurkan seluruhnya dalam waktu empat bulan ke depan.

Branch Manager BNI Syariah Medan, Imam Samekto mengatakan, pihaknya menargetkan tiap bulan akan mampu merealisasikan KUR sebesar Rp2,5 miliar sehingga selama empat bulan dapat tersalur Rp10 miliar sesuai target.

“Anggaran KUR yang diperoleh BNI Syariah Kanwil Wilayah Barat yakni Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatera lebih kurang sebesar Rp203,5 miliar. Dari anggaran tersebut diantaranya jatah untuk Medan Rp10 miliar dengan margin enam persen,” kata Imam didampingi Business Manager M Ersyad Hilmi dan Staf Humas Santi, di kantornya Jl. H Adam Malik Medan, Jumat (4/9).

Imam menjelaskan, pemerintah resmi menunjuk BNI Syariah sebagai salah satu bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui produk BNI KUR iB Hasanah mulai September 2020 dengan target nasional mencapai Rp700 miliar, yang diluncurkan Kamis (3/9).

Dia merinci, KUR terdiri dua jenis yakni KUR Mikro dengan plafon Rp50 juta, untuk modal kerja diangsur tiga tahun dan investasi diangsur empat tahun serta tak wajib ada agunan. Sedangkan KUR Kecil, plafon pinjaman Rp50 juta hingga Rp500 juta. Untuk modal kerja diangsur empat tahun dan investasi lima tahun serta wajib ada agunan, minimal usaha enam bulan.

Imam mengaku optimis penyaluran KUR akan tercapai dan sesuai target karena di luar sana masih banyak yang butuh dana dengan margin murah hanya enam persen.

“Jadi sasarannya bisa perorangan atau juga komunitas dan juga kelompok-kelompok usaha, juga komunitas pengusaha muda atau ada masjid majelis taklim,” ujarnya.

Menurutnya, penerima KUR bisa memanfaatkan dana tersebut. Pihaknya juga akan menyampaikan ke mitra-mitra binaan instansi untuk mendapat KUR ini.

“Meski baru diluncurkan, namun minat masyarakat mendapatkan KUR cukup besar. Saat ini ada beberapa yang lagi proses yakni Medan, Padangsidimpuan dan Lubukpakam,” pungkasnya. (m31)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2