Menu
Pusat Berita dan Informasi Kota Medan, Sumatera Utara, Aceh dan Nasional

BNI Launching Bank Sampah di SMPS Islam Terpadu Siti Hajar

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Setelah melakukan Launching perdana Bank Sampah di Sekolah SMP Negeri 38 Medan pada Desember 2021, BNI Wilayah 01 Medan melanjutkan program BNI Go Green bersama SMPS Islam Terpadu Siti Hajar Medan berupa Launching Bank Sampah guna pemberdayaan ekonomi dalam program Ayo Menabung, di halaman SMPS Islam Terpadu Siti Hajar, Rabu (19/01/2022).

Launching Bank Sampah ini dihadiri Pemimpin BNI Wilayah 01 Medan Martinus Matondang, Wakil Pemimpin Wilayah Bidang Operasional Bapak Tri Setia Hadi, Pemimpin BNI Cabang USU Medan Bapak Iqzal Anwar beserta jajaran manajemen, yang disambut langsung Kepala Sekolah SMPS Islam Terpadu Siti Hajar Medan Ibu Alfira Rosma, S.H, S.Pd, beserta jajaran dan Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Medan.

Dalam acara tersebut, Martinus Matondang menekankan bahwa tujuan dari program pemberdayaan Bank Sampah ini salah satunya guna mendukung Kegiatan Go Green dengan meningkatkan budaya menjaga kebersihan di lingkungan Masyarakat khususnya lingkungan Sekolah, mendukung Program pemerintah Cashless Society (Komunitas Masyarakat Non Tunai) dan membangun inklusi keuangan dalam komunitas Pendidikan.

Martinus Matondang menambahkan, melalui Gerakan Ayo Menabung dengan Bank Sampah ini dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan sekaligus mengajarkan generasi muda Indonesia tentang kepedulian terhadap lingkungan serta mengajarkan sedini mungkin tentang transformasi digital di kalangan pendidikan.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh elemen yang ada di dalam Sekolah telah difasilitasi Tabungan Simpel untuk siswa/i, kantin akan menggunakan QRIS, juga Agen46 kepada Unit Bank Sampah di Sekolah yang berfungsi untuk transaksi jual beli sampah tersebut. BNI juga menghadirkan Mobil Layanan Gerak di acara tersebut agar memudahkan siswa memahami sistem menabung di Bank.

Proses transaksi dari Bank Sampah oleh siswa pun ditinjau langsung oleh Martinus Matondang. Selain itu, terdapat stand pameran hasil dari daur ulang siswa/i SMPS Islam Terpadu Siti Hajar Medan, mulai dari sabun cuci tangan, hand sanitizer hingga kerajinan tangan berupa tatakan Al-Qur’an.

Kepala SMPS Islam Terpadu Siti Hajar Medan, Alfira Rosma, S.H, S.Pd, di sela kegiatan mengatakan, melalui kerjasama dengan BNI kali ini, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat terhadap lingkungan terutama masalah sampah.

“Hal ini juga sekaligus mengajarkan kepada siswa untuk mengenal Bank sejak dini, membudidayakan cashless payment dan peduli lingkungan sekitar, sehingga tercipta sekolah yang bersih, hijau dan asri yang nyaman buat proses belajar mengajar,” ujarnya. (m31)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *