BI Tetap Pertahankan Bunga Acuan 3,50 Persen - Waspada

BI Tetap Pertahankan Bunga Acuan 3,50 Persen

  • Bagikan

JAKARTA(Waspada): Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 17-18 November 2021 memutuskan tetap mempertahankan suku bnga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,50 persen. 

Rapat bulanan tersebut juga memutuskan suku bunga deposit facility sebesar 2,75 persen, dan suku bunga lending facility sebesar 4,25 persen. 

“Keputusan ini sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan, di tengah prakiraan inflasi yang rendah dan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (18/11/2021).

Selain itu, BI juga terus mengoptimalkan seluruh bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta mendukung upaya perbaikan ekonomi lebih lanjut.

Dari sisi global, pemulihan masih dibayangi gangguan rantai pasok dan kekurangan energi. Adapun, ekonomi China dan AS mengalami perlambatan akibat peningkatan angka Covid-19. 

“Memasuki kuartal IV/2021, terus berlangsung hal ini dikonfirmasi oleh indikator dini pada Oktober 2021, seperti PMI Manufaktur,” papar Perry.

Dari dalam negeri, BI meyakini pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV/2021 diperkirakan akan lebih baik ditopang oleh ekspor, investasi, konsumsi dan belanja fiskal. 

Bahkan intermediasi perbankan menunjukkan pertumbuhan positif pada Oktober 2021, yaitu tumbuh sebesar 3,24 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). 

“Pertumbuhan kredit tersebut didorong baik dari sisi permintaan maupun sisi penawaran,” jelas Perry. 

Dikatakan, dari sisi penawaran terlihat standar penyaluran kredit oleh perbankan juga ikut melonggar seiring dengan menurunnya persepsi risiko. 

“Seluruh kelompok penggunaan kredit, menunjukkan pertumbuhan yang positif, terutama kredit konsumsi dan kredit modal kerja,” ungkapnya. (J03) 

  • Bagikan